Jaga Produktivitas Anda di Era Digital

Anda termasuk orang yang memiliki alat telekomunikasi digital yang lengkap? Minimal anda pasti memiliki telepon pintar yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Dalam satu perangkat saja anda bisa melakukan berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang relatif sama (multi-tasking).

Diciptakan untuk membantu manusia dalam menjalani setiap kebutuhan hidupnya, teknologi seringkali justru mengakibatkan hal yang sebaliknya. Alih alih menjadi produktif, manusia yang bekerja menggunakannya seringkali justru tak menunjukkan performa yang baik. Hal ini diyakini karena ada banyak fitur yang bisa anda gunakan seperti media sosial dengan beragam notifikasinya, permainan seru yang tak ada habisnya, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara kita mengatasi hal ini? Membuang gawai anda dan menghindari untuk menggunakannya tentu bukanlah pilihan terbaik. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa inspirasi cara untuk tetap produktif dengan memanfaatkan teknologi yang berada di genggaman anda.

:: Evaluasi Kebutuhan Teknologi Anda

Ini adalah langkah mutlak yang harus anda lewati ketika anda ingin meningkatkan produktivitas anda di tengah kepungan teknologi. Anda harus mengevaluasi selama ini kebutuhan anda seperti apa. Ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk itu. Pertama, tentukan kebutuhan anda. Kedua, berilah nilai pada aplikasi yang membantu pekerjaan anda. Ketiga, buatlah daftar nilai dari aplikasi tersebut. Keempat, luangkanlah waktu anda untuk menggunakan fitur tersebut dalam gawai anda. Tujuan dari keempat langkah tersebut tak bukan untuk menyadarkan anda bahwa ada aplikasi yang sangat anda butuhkan dan anda sudah menilainya dengan profesional. Aplikasi itu yang akan sering anda gunakan untuk pekerjaan anda, dan bukan aplikasi yang lain.

:: Unduh Aplikasi yang Mendukung Kerja Anda

Setelah anda melihat kebutuhan anda dalam bekerja dan seberapa sering anda membuka gawai anda, maka unduhlah aplikasi yang mendukung. Aplikasi tersebut biasanya berupa program yang membantu anda mengorganisasikan tugas-tugas anda. Sebagai entrepreneur, biasanya anda memiliki daftar pekerjaan yang panjang untuk mengurusi bisnis anda. Ketika anda sudah mengenal sistem pendelegasian pekerjaan, anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi terkait untuk berkomunikasi dengan karyawan anda. Biasanya sistem ini menggunakan basis email sebagai tempat berkomunikasi.

:: Gunakan Pencatat Waktu

Hal ini adalah salah satu cara ketat yang bisa anda gunakan untuk menjaga produktivitas anda. Tentu saja cara itu akan dibantu dengan beberapa program aplikasi terkait. Metodenya barangkali cukup sederhana, terutama bagi anda yang selama ini belum bisa mengorganisasikan waktu dengan baik. Anda tinggal duduk beberapa menit saja untuk mencatat hal-hal yang anda lakukan beserta dengan waktunya. Tulis waktu dengan spesifik, hingga hitungan menit, supaya anda bisa benar-benar patuh. Setelah waktunya habis segeralah beranjak ke pekerjaaan lain yang juga sudah anda catat dan targetkan waktunya. Hal ini akan membuat pekerjaan dan hari anda akan lebih terstruktur. Soal produktivitas, pasti hal ini akan mengikuti seiring struktur yang tertib.

:: Manfaatkan Karyawan Anda

Kata ?emanfaatkan?di sini bukan dalam arti yang negatif, tetapi dalam arti mendayagunakan kemampuan yang dimiliki karyawan anda. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kinerja tim anda untuk mendekatkan anda pada tujuan yang ada. Artinya anda tidak harus mengerjakan semuanya sendirian, bahkan dengan bantuan gawai sekalipun. Gawai itu akan anda gunakan untuk membuat sistem komunikasi (delegasi kerja) yang baik dengan karyawan dengan menerapkan rumus SMART. SMART terdiri dari Spesifik, Measurable (terukur; proporsional), Achievable (dapat dicapai), Realistis, dan Timely (tepat waktu).

:: Hindari Multitasking

Nah untuk yang terakhir ini barangkali anda akan mengernyitkan dahi. Namun percayalah bahwa ternyata otak kita tidak diciptakan untuk bekerja secara multitasking. Barangkali anda akan bisa mengerjakan banyak hal sekaligus, tetapi itu bukan multitasking. Otak kita hanya akan memindah fokus dari yang satu ke yang lain. Hal ini mengakibatkan justru tidak ada satupun hasil kerja yang maksimal ketika kita melakukan multitasking, karena tidak ada konsentrasi yang dibangun di sana. Biarkanlah gawai di tangan anda itu yang mengerjakan program multitasking. Semua ini diperlukan untuk tetap produktif dan tetap menjaga kualitas pekerjaan anda.

Jadi anda sudah mengerti tips dan triknya bukan? Anda boleh saja seharian melihat layar gawai anda, tapi pastikan bahwa aplikasi yang anda buka adalah aplikasi hiburan saja, me-like status dan foto orang, dan sebagainya. Dengan aplikasi pengaturan manajemen kerja, niscaya produktivitas anda akan terjaga tanpa harus menghindari teknologi.