Jack Ma : Anda Memang Layak, Jika Masih Miskin Pada Umur 35 Th

Jack Ma: Sebelum saya mendirikan Alibaba, saya mengundang 24 orang teman ke rumah saya untuk membahas peluang bisnis. Setelah membahas selama dua jam penuh, mereka masih bingung – Saya harus mengatakan bahwa saya mungkin tidak menempatkan diri di dalam cara yang jelas. Putusan: 23 dari 24 orang di ruangan itu mengatakan kepada saya untuk menjatuhkan ide, untuk banyak alasan, seperti: “Anda tidak tahu apa-apa tentang internet, dan lebih menonjol, Anda tidak memiliki start-up modal untuk ini ‘dll dll

Hanya ada satu teman (yang bekerja di bank itu) yang mengatakan kepada saya, “Jika Anda ingin melakukannya, coba saja. Jika hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, Anda selalu dapat kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya. “Saya merenungkan hal tersebut selama satu malam, dan pada keesokan harinya, saya memutuskan saya akan tetap melakukannya, bahkan jika semua 24 orang menentang gagasan itu.

Jack-Ma-founding-members

 

Ketika saya pertama kali memulai Alibaba, saya langsung bertemu dengan oposisi yang kuat dari keluarga dan teman-teman. Menengok ke belakang, saya menyadari bahwa kekuatan pendorong terbesar bagi saya saat itu bukan kepercayaan diri saya di internet atau potensi ada, tetapi lebih ke: “Tidak peduli apa seorang lakukan, terlepas dari dia berhasil atau gagal, pengalaman adalah suatu bentuk sukses dalam dirinya sendiri.” Anda harus terus mencoba, dan jika tidak berhasil, Anda selalu dapat kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya.

Seperti kutipan dari T.E. Lawrence ini – “Semua orang bermimpi: tapi tidak sama. Mereka yang bermimpi di relung gelap malam terjaga dalam sehari untuk menemukan semuanya, adalah sebuah kesia-siaan. Tapi pemimpi di siang hari adalah orang yang berbahaya, karena mereka dapat mewujudkan mimpi mereka dengan mata terbuka, dan membuatnya jadi mungkin.”

jack-ma-serious

Jack Ma: Orang-orang kalah dalam hidup karena 4 alasan ini:

 

Menjadi rabun untuk kesempatan
Melihat ke bawah terhadap peluang
Kurang pemahaman
Gagal untuk bertindak dengan cepat
Anda miskin, karena Anda tidak memiliki ambisi.

 

Ambisi adalah hidup dari cita-cita besar; gol luar biasa dalam hidup yang harus diwujudkan. Di dunia ini, ada hal-hal yang dianggap tak terduga, tetapi tidak ada di dunia ini yang tidak dapat dilakukan. Kedalaman ambisi seseorang menentukan potensi seseorang di masa depan.

Kisah Juliet Wu Shihong – salah satu manajer profesional Cina generasi pertama, yang meraih sukses dengan bekerja mulai dari juru bersih-bersih, perawat, seorang eksekutif pemasaran, melalui pendidikan hingga ia mempelajari pekerjaannya.

Juliet-Wu-Shihong

 

Dia telah menjadi manajer umum untuk kelompok IT multinasional dunia yang paling terkenal ‘cabang Cina’  ( 1985-1998 Microsoft , IBM 1998-1999) . Dia juga merupakan eksekutif  perusahaan sukses internasional China pertama  yang bergabung dengan tim eksekutif dari sebuah perusahaan swasta domestik . Wu dipandang sebagai simbol dari generasi baru dari eksekutif bisnis bahwa China telah menghasilkan seseorang yang gemilang dalam pembukaan dan reformasi ekonomi Cina.

Ketika Wu memulai karirnya di sebuah perusahaan besar dan bekerja dari jajaran terendah, pekerjaan sehari-harinya adalah untuk menuangkan teh dan menyapu lantai . Pernah sekali, dia lupa membawa ID staf nya hingga penjaga perusahaan harus menghentikannya dan melarangnya masuk. Dia menjelaskan kepada penjaga bahwa ia memang salah satu karyawan perusahaan, dan bahwa ia hanya meninggalkan gedung untuk sementara waktu untuk keperluan membeli perlengkapan kantor.

Meskipun telah memohon, penjaga masih tidak mengizinkan untuk masuk . Saat ia berdiri di pintu gerbang, ia menyaksikan orang-orang pada usia yang sama dengannya, hanya saja mereka rapi dan mengenakan pakaian bisnis berjalan lalu lalang tanpa harus menunjukkan tanda pengenal mereka. Dia bertanya pada penjaga itu, ” Mengapa orang-orang ini diizinkan masuk tanpa harus menunjukkan ID?” Penjaga itu tetap bersikap dingin dan mengusirnya.

Itu adalah titik balik bagi Wu – dia merasa malu , harga dirinya diinjak-injak .

Dia melihat dirinya sendiri , berpakaian lusuh dan membawa keranjang kotor. Dia kemudian melihat orang-orang yang mengenakan pakaian bagus, hatinya terasa sakit begitu mendalam dari kejadian tersebut. Kesedihan pun terasa. Kesedihan yang berasal dari didiskriminasi. Sejak saat itu, dia bersumpah tidak akan membiarkan dirinya dipermalukan seperti itu lagi, dan menjadi terkenal di dunia.

Sejak itu, ia menggunakan setiap kesempatan untuk memperkaya diri. Setiap hari, dia adalah orang pertama yang tiba di tempat kerja, dan menjadi yang terakhir untuk pulang. Dia memperhitungkan setiap detik waktunya untuk belajar. Usahanya segera terbayar ; dia menjadi perwakilan bagian penjualan, dan dengan cepat berkembang menjadi manajer umum regional perusahaan multinasional di Cina. Wu tidak memiliki kualifikasi akademik yang kuat, tetapi dihormati sebagai ‘Ratu Part -timer’ . Selanjutnya, ia menjabat sebagai GM IBM Cina. Ini adalah Wu Shihong, tokoh dalam lingkaran bisnis Cina.

Juliet-Wu-Shihong1

 

Kalau bukan karena insiden itu, Wu Shihong tidak akan memiliki ambisi untuk menjadi kaya, dan hidupnya sangat berbeda.

Anda miskin karena Anda tidak memiliki keinginan untuk menjadi sukses.
Anda miskin karena Anda tidak memiliki pandangan ke depan.
Anda miskin karena Anda tidak dapat mengatasi sifat pengecut Anda.
Anda miskin karena Anda tidak memiliki keberanian dan tekad.
Dengan ambisi Anda dapat mengatasi semua perasaan rendah diri dan memaksimalkan potensi Anda!
Dengan ambisi Anda bisa bertahan, terus belajar hal-hal baru dan berusaha untuk kesempurnaan.
Dengan ambisi Anda bisa menantang segala rintangan, dan menciptakan keajaiban ketika orang lain tak berani.
Tidak peduli betapa miskinnya keluarga Anda, tidak meragukan kemampuan Anda sendiri dan melupakan ambisi Anda.

Ketika keluarga Anda menganggap Anda tidak berharga, tidak ada yang akan kasihan pada Anda.
Ketika orang tua Anda tidak punya uang untuk membayar tagihan medis, tidak ada yang akan kasihan pada Anda.
Ketika Anda dipukuli oleh pesaing Anda , tidak ada yang akan kasihan pada Anda.
Ketika orang yang Anda cintai meninggalkan Anda, tidak ada yang akan kasihan pada Anda.
Bila Anda belum mencapai apa-apa pada saat Anda 35, tidak ada yang akan kasihan pada Anda.

Berani, atau pulang . Jika tidak, Anda membuang-buang masa muda Anda.

Artikel ini aslinya diterbitkan dalam bahasa Cina, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Jika Anda pikir ini sangat membantu, jangan ragu untuk berbagi dengan teman Anda.

Jack Ma : Jack Ma adalah pengusaha internet China . Dia adalah Ketua Eksekutif Alibaba Group, sebuah keluarga bisnis berbasis internet yang sangat sukses . Dia juga yang pertama daratan pengusaha China untuk tampil di sampul Majalah Forbes dan peringkat sebagai salah satu billionaires.Ma dunia bernama Financial Times ‘ 2013 Person of the Year karena ia melambangkan internet Cina , merujuk kepadanya sebagai ” godfather semangat kewirausahaan China agresif.

 

Sumber :

Diterjemahkan dari : http://vulcanpost.com/7702/jack-ma-youre-still-poor-35-deserve/

 

|

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *