IPOT FUND: Pelopor Reksa Dana Online di Indonesia

Internet memang benar-benar mengubah hampir semua sendi kehidupan kita, termasuk soal cara kita berinvestasi. Setelah sebelumnya harus dilakukan secara manual, berinvestasi dengan membeli reksa dana kini bisa dilakukan secara online di Indonesia. IPOT FUND, bagaimanapun juga, adalah nama yang tak bisa dilepaskan dari sejarah penjualan reksa dana secara online di Indonesia. Bagaimana sepak terjangnya dalam mempelopori terobosan ini? Bagaimana kita juga dapat memanfaatkan peluang ini? Mari kita simak uraian berikut.

Seperti yang sudah anda semua ketahui, reksa dana adalah suatu kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat oleh suatu perusahaan tertentu. Dana dari masyarakat (pemodal) tersebut lalu diinvestasikan oleh pihak manajer investasi ke dalam portofolio efek. Untuk dapat melakukan kegiatan ini, mereka harus mendapatkan ijin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itulah mengapa kita bisa menyebut bahwa investasi jenis reksa dana ini lebih aman karena memiliki dasar hukum yang jelas.

Untuk membeli reksa dana, anda terlebih dahulu harus datang ke kantor perusahaan keuangan yang menjual produk tersebut. Di sana anda akan dipandu untuk mengisi berkas diiringi dengan beberapa persyaratan tertentu. Dengan fasilitas online untuk saat ini, anda akan menghemat energi dan waktu dengan hanya duduk di depan komputer ataupun gadget yang terhubung dengan internet.

:: Keuntungan Memanfaatkan Fasilitas IPOT FUND

Sebelum menuju ke bagian cara membeli reksa dana, kita identifikasi terlebih dahulu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh IPOT FUND ini. Beberapa kelebihan yang perlu kita tahu adalah sebagai berikut:

Sering disebut sebagai supermarket reksa dana. Disebut demikian karena IPOT FUND bekerja dengan banyak sekali perusahaan manajemen investasi. Menurut informasi yang beredar, mereka menjual sebanyak 113 jenis produk reksa dana dari 26 perusahaan manajemen investasi (jumlah ini barangkali sudah berubah). Layaknya sebuah supermarket, ada banyak pilihan produk sesuai dengan ‘selera’ kita.

Jangkauan investor lebih luas. Menurut berbagai pakar ekonomi, iklim investasi di negara ini masih sangat kurang. Itupun baru di masyarakat perkotaan saja, dan di Pulau Jawa, belum di masyarakat pedesaan di pulau-pulau di luar Jawa. Dengan sistem online, jangkauan akan lebih luas dan akan lebih menyentuh banyak lapisan masyarakat—selama tersedia koneksi internet yang memadahi.

Biaya yang lebih murah. Bahkan, mereka mengklaim tidak ada biaya lebih yang perlu dikeluarkan oleh investor seperti ketika mereka membeli reksa dana pada umumnya. Kendati demikian, ada segelintir perusahaan manajemen investasi yang membebankan biaya penjualan kepada investor dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, 1 atau 2 tahun, setelah itu biaya penjualan tak dikenakan lagi. Namun itu untuk manajemen investasi, bukan biaya untuk IPOT FUND sendiri.

Lebih praktis dalam hal prosedur pemberkasan. Hal ini terutama sangat terasa pada kegiatan penandatanganan berkas. Ketika pada transaksi reksa dana secara konvensional, seorang investor harus datang ke kantor untuk membubuhkan tanda tangan. Bayangkan apabila investor berdomisili di Batam dan harus datang ke Jakarta untuk menandatangani. Transaksi secara online ini tidak membutuhkan tanda tangan dari investor setiap kali mereka melakukan transaksi baik pembelian ataupun penjualan. Mereka hanya perlu mengisi platform yang sudah disediakan.

Menggunakan koneksi internet membuat mereka punya keunggulan dalam manajemen waktu. Investor tidak perlu meluangkan waktu banyak untuk kegiatan transaksi reksa dana. Pertama, ketika mereka memiliki satu akun, mereka sudah bisa melakukan apa saja. Akun tersebut termasuk registrasi, rekening bank, laporan reksa dana, dan sebagainya. Kedua, dan yang lebih utama, adalah memanfaatkan multi-platform. Investor bisa melakukan transaksi baik di komputer desktop, laptop, tablet, maupun smartphone—di mana saja dan kapan saja.

:: Bagaimana Cara Berinvestasi?

Seperti yang sudah dituliskan tadi, cara investasi di IPOT FUND ini terbilang sangat mudah dan praktis. Tentu saja hal pertama yang dilakukan adalah membuka rekening IPOT FUND secara online pada situs mereka. Caranya adalah dengan mengisi Formulir Pembukaan Rekening dan tinggal mengikuti arahan yang ada dalam situs tersebut. Setelah selesai membuka rekening anda perlu mengirimkan dokumen untuk kemudian bisa aktif digunakan. Perkiraan waktu yang selama ini ada adalah tiga sampai lima hari kerja setelah dokumen tersebut anda kirimkan, tergantung pada beberapa faktor. Ketika sudah aktif, anda sudah sah untuk berbelanja di supermarket reksa dana online ini.

:: Perusahaan Manajemen Investasi

Seperti yang sudah diungkapkan tadi, ada sekitar 26 perusahaan manajemen investasi yang menawarkan produknya melalui IPOT FUND ini. Dari data terbaru yang ada, perusahaan-perusahaan tersebut antara lain:

• PT Bahana TCW Investment Management
• PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
• PT BNP Paribas Investment Partners
• PT First State Investments Indonesia
• PT Indo Premier Investment Management
• PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
• PT RHB OSK Asset Management
• PT Sinarmas Asset Management
• PT Syailendra Capital
• PT Trimegah Asset Management
• PT CIMB Principal Asset Management
• PT Pratama Capital Assets Management
• PT Maybank GMT Aset Manajemen
• PT AAA Assets Management
• PT MNC Asset Management
• PT Avrist Asset Management
• PT PNM Investment Management
• PT AXA Asset Management Indonesia
• PT Ciptadana Asset Management
• PT Mega Capital Investama
• PT Mega Asset Management
• PT BNI Asset Management
• PT Prospera Asset Management
• PT Kresna Assets Management
• PT Semesta Asset Management
• PT Sucorinvest Asset Management

Dengan adanya pilihan produk yang luar biasa banyak, dan kemudahan dalam bertransaksi, cara ini sangat disarankan oleh para pakar investasi bagi anda yang akan memulai berinvestasi dalam bentuk reksa dana. Hal penting yang ditekankan oleh para pakar itu adalah edukasi yang diberikan kepada kita sebagai masyarakat. Selama ini anggapan yang ada adalah investasi hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah mapan secara finansial karena membutuhkan biaya besar. Kehadiran supermarket reksa dana ini menghapus anggapan tersebut. Mengapa? Karena hanya dengan minimal Rp100 ribu, misalnya, anda sudah bisa membeli reksa dana tertentu. Secara psikologis, cara online akan membuat nasabah lebih percaya diri. Cobalah bayangkan, apakah tidak ada kemungkinan orang akan minder ketika datang ke bank atau kantor manajemen investasi tetapi hanya membawa uang ratusan ribu saja untuk berinvestasi?

Edukasi ini juga bisa anda temui ketika mengakses situsnya secara langsung. Di sana ada fitur financial planning bagi anda yang merasa belum memiliki pemahaman yang cukup soal investasi secara detil. Selain itu anda juga bisa belajar untuk membandingkan beberapa produk reksa dana sekaligus, termasuk memeriksa peringkat mereka dalam Morning Star.

Praktis, murah, dan teredukasi pula. Lantas apa lagi yang menghambat anda untuk tak melakukan investasi dengan beli reksa dana secara online? Selamat berbelanja!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *