Investasi Kontrak Emas Berjangka

Tahukah Anda bahwa saat ini telah bisa dilakukan investasi yang sering disebut dengan kontrak emas berjangka?

Jika Anda memiliki kesulitan menabung, khususnya menabung untuk berinvestasi dalam bentuk emas karena berbagai kebutuhan sehingga memenuhi mimpi tersebut menjadi sulit, Anda bisa mengikuti investasi kontrak emas berjangka yang disediakan berbagai perusahaan di Indonesia.

Dengan embel-embel investasi ini tentu saja Anda akan memaksakan diri untuk membayar, bukan menabung yang memang sulit dilakukan. Tetapi, jika ada kewajiban untuk membayar tentu Anda mau tidak mau akan mengeluarkan sejumlah uang tiap periodenya karena memang ada yang harus dibayar.

Singkatnya, investasi kontrak emas berjangka ini mengharuskan Anda membayar sejumlah uang untuk sejumlah emas dengan cara dicicil. Mengapa disebut investasi? Karena, misalnya Anda membeli emas dengan berat 1Kg dengan harga misal Rp.500 Juta rupiah. Anda mencicil tiap bulannya dengan nilai Rp.5Juta. Maka, Anda diharuskan membayar selama 100 bulan atau kurang lebih 8 tahun.

Selama 8 tahun tersebut, Anda hanya memiliki aset dalam bentuk kertas atau sertifikat yang menandakan bahwa Anda memiliki emas, meskipun emasnya belum Anda miliki karena memang ‘cicilannya’ belum lunas.

Perlu Anda ketahui, dan seperti yang diketahui, emas diharapkan mengalami kenaikan signifikan dalam waktu 8 tahun tersebut. Misalnya, meningkat menjadi Rp.800Juta. Tetapi, berapapun kenaikan harga emas pada saat itu, Anda hanya akan ditagihkan senilai saat Anda menandatangani kontrak yaitu seharga Rp.500juta, bukan Rp.800juta. Maka dari itu, kontrak emas ini disebut sebagai investasi karena akan mendatangkan keuntungan dikemudian hari.

Istilah kontrak emas berjangka ini, mulai terdengar ke permukaan terutama beberapa tahun ke belakang. Emas berjangka termasuk ke dalam perdagangan komoditas di perdagangan berjangka. Arti dari kontrak emas berjangka ini tentu saja adalah Anda hanya membeli kontrak atau dokumen hak milik tanpa memegang fisik dari emas yang Anda beli. Perdagangan berjangka ini dapat terjadi dengan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Pada dasarnya, transaksi di bursa berjangka dilakukan secara online. Kontrak emas berjangka dapat diartikan sebagai kontrak yang menjanjikan penyerahan emas dengan harga yang sudah disepakati dan diserahkan pada tanggal yang akan datang. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kontrak emas berjangka, yaitu: Biaya yang relative lebih kecil, kontrak standar, harga yang transparan, jaminan dari Lembaga Kriling berjangka, tingkat keamanan yang tinggi, peluang yang besar, dan tingkat liquidasi yang tinggi. Fasilitas online trading dan real time price juga sangat membantu Anda dalam melakukan kegiatan ini.

Pasalnya, meskipun seperti gampang, investasi emas ini sebenarnya termasuk pada investasi yang rumit. Akan lebih menguntungkan bagi Anda yang sudah sering berinvestasi terutama berinvestasi emas. Dan bagi Anda yang belum berpengalaman, lebih baik tambah ilmu terlebih dahulu atau membekali diri dengan meminta saran dari para ahlinya.

Beralih ke strategi, ada beberapa hal yang perlu Anda masukkan ke dalam pertimbangan. Pertama tentu saja jumlah transaksi investasi emas berjangka Anda. Kemudian, perhatikan pergerakan harga yang sedang terjadi di pasar. Ingat untuk tidak mengutamakan keserakahan Anda. Ketika mengambil keputusan, sebaiknya masukkan pula aspek psikologis dan capital management. Hal yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah jangan terlalu memaksakan diri Anda ketika bermain dengan investasi kontrak emas berjangka.

Trading emas berjangka biasanya diawasi oleh BAPPEBTI selaku lembaga pemerintahan di Indonesia. Inilah mengapa trading emas berjangka terjamin keamanannya. Sayangnya, sifat emas berjangka juga menghadirkan kelemahan tersendiri. Anda bisa mendapat keuntungang saat harga emas naik dan masa kontraknya habis. Namun, Anda tentu akan mengalami kerugian ketika hal tersebut terjadi di saat masa kontrak masih berjalan.

Sebenarnya, apapun jenis investasinya, pasti memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Yang penting adalah tentang bagaimana kita semua meminimalisir resiko-resiko yang ada dalam sebuah investasi dan menjadikan investasi yang Anda geluti mendatangkan keuntungan yang besar.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *