Investasi Emas Perhiasan

Di abad 16 sebuah kabar menyebar di kalangan masyarakat. Sebuah kota emas ditemukan di dataran Amerika. Di suatu tempat di tanah milik suku indian ini menyimpan sebuah kota berlapis emas. Akibatnya tentu saja, banyak petualang mencari kota tersebut dan memulai perjalanannya. Kabarnya kota tersebut berada di Arizona. Banyak penambang mengerahkan tenaga dan waktu untuk mencarinya. Tapi tidak seorang pun berhasil menemukan kota emas tersebut. Bahkan satu petunjukpun tidak pernah ada yang berhasil menuliskannya. Kota emas yang terkenalpun pada akhirnya hanya dianggap mitos.

rsz_3840x2400

Emas

Beritanya hanya beredar dari mulut ke mulut. Saking banyaknya yang membicarakan kota tersebut, mitos itu pun akhirnya menjadi terkenal. Beberapa pelaku industri perfilman bahkan mengangkatnya ke dalam judul film. Dan tidak hanya satu dan dua saja film yang diterbitkan tetapi sangat banyak. Emas merupakan logam dari hasil tambang perut bumi. Logam ini didapatkan melalui beberapa proses sehingga dihasilkan emas murni yang dapat dibentuk. Proses pertama adalah menyaringnya dengan air raksa dan kemudian meleburnya dengan panas yang sangat tinggi. Logam jenis ini memiliki banyak fungsi diantaranya anda bisa menemukannya sebagai perhiasan kaum wanita, pada industri elektronik dan juga sebagai jaminan uang yang beredar dari suatu negara. Saking berharganya emas, di tahun 2016 PT Freeport pun sampai memperpanjang eksplorasi emas di Papua.

Bukanlah sebuah hal yang baru bahwa Indonesia, negara kita ini memiliki sumber daya yang sangat besar dan melimpah. Bahkan pusat-pusat penambangan di Indonesia tidak hanya menghasilkan minyak dan gas tetapi bebatuan dan logam yang memiliki nilai jual besar. Kantong-kantong penghasil logam pun banyak tersebar di kepulauan Indonesia. Tapi tahukah anda, selain dijadikan sebagai pemanis di leher dan jari anda, emas merupakan investasi yang menjanjikan? Ya selain berbisnis dengan saham dan obligasi yang seperti anda tahu, memiliki resiko cukup tinggi anda bisa mulai mengkoleksi emas sebagai alternatif lainnya. Jika anda ingin memulai menginvestasikan uang anda ke dalam bentuk emas khususnya emas dalam bentuk perhiasan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai pembeli.

Hal-hal yang dimaksud adalah:

1. Di pasaran emas memiliki beragam jenis karat yang mengacu seberapa murni emas tersebut.  Pembagiannya mulai dari 10 karat hingga 24 karat (Emas dengan nilai karat paling tinggi merupakan jenis emas murni).

2. Investasi emas dalam bentuk perhiasan disarankan memiliki karat minimal 18k dan sangat tidak disarankan berinvestasi pada jenis perhiasan yang dibuat dari logam hanya berlapis emas.

3. Anda harus meminta bukti keaslian dari penjual mengenai perhiasan yang anda beli dimana menyatakan bahwa perhiasan tersebut berasal dari emas yang mempunyai jumlah karat tertentu.

4. Hal yang paling penting adalah ketika anda ingin berinvestasi pada bidang emas khususnya dalam bentuk perhiasan, memilihnya dalam bentuk yang eye catching dan di produksi terbatas akan membuatnya mendapat nilai jual yang tinggi di kemudian hari.

5. Anda tidak harus berpatokan pada satu toko untuk membeli perhiasan emas anda. Terlebih dahulu lakukan survey dari toko satu ke toko lainnya untuk mendapatkan harga terbaik.

Investasi emas perhiasan merupakan jenis investasi yang memiliki resiko rendah. Penyebabnya harga dari emas yang ada di pasaran jarang sekali mengalami penurunan harga. Bahkan harganya mempunyai kecenderungan naik dari waktu ke waktu. Berinvestasi dengan emaspun mempunyai keuntungan lain yaitu ketika anda membutuhkan uang cash anda dapat menjualnya sewaktu-waktu. Selamat berinvestasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *