Investasi Untuk Anak Muda

Investasi memang identik dengan orang dewasa atau seseorang yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Di benak banyak orang, orang yang cocok untuk berinvestasi adalah orang yang sudah matang dari segi usia, finansial dan materi. Namun apa jadinya jika ada anak muda yang ingin mencoba berinvestasi? Apakah harus dipandang sebelah mata? Tentu tidak, namun sayangnya banyak orang yang memilih memandang remeh anak muda yang ingin mencoba investasi.

Investasi

Faktanya semakin muda kamu mencoba berinvestasi maka semakin besar kemungkinan kamu akan sukses kedepannya. Selain faktor pandangan yang agak negatif dari orang lain, ternyata ada juga faktor keraguan dari diri anak muda sendiri. Banyak anak muda yang takut dan ragu untuk berinvestasi. Mereka terlalu termakan info-info penipuan dan investasi palsu yang beredar. Ketakutan ini ditambah lagi paradigma bahwa orang dewasalah yang harus berinvestasi. Hal ini membuat anak-anak muda lebih memilih menjalani hidup apa adanya tanpa mencoba untuk merubah masa depan dengan berinvestasi. Padahal dengan berinvestasi, banyak hal yang bisa diperoleh oleh anak muda. Mulai dari pengalaman, pengetahuan baru, peningkatan kondisi keuangan dan pastinya semakin membentuk pribadi mereka menjadi lebih baik lagi.

Hand writing Time to Invest concept with red marker on transparent wipe board.

Hand writing Time to Invest concept with red marker on transparent wipe board.

Nah bagi kamu para anak muda tidak perlu takut berinvestasi, karena berikut ini ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk kalian coba dan tidak ada salahnya untuk menekuninya :

1. Reksa Dana

Pasti kamu bertanya kenapa reksa dana adalah pilihan yang tepat untuk investasi anak muda? Hal ini karena dengan reksa dana, kamu tidak perlu modal yang banyak untuk melakukannya. Bahkan hanya dengan uang Rp. 100.000 kamu sudah bisa mengikuti program ini. Selain itu reksa dana juga cocok untuk kamu yang membutuhkan dana cepat atau dadakan karena jangka waktu yang pendek.

2. Deposito

Kamu memiliki pilihan untuk memilih tabungan atau deposito, mana yang akan kamu pilih? Sebaiknya kamu memilih untuk mengambil deposito sekalian untuk mencoba berinvestasi.. Memilih investasi pada deposito tidak membutuhkan pengetahuan yang terlalu banyak dan pada umumnya beresiko rendah dibandingkan jenis investasi lainnya. desposito juga memiliki tingkat pengembalian hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Besaran bunga deposito pun sangat bergantung dengan setoran awal dan juga jangka waktu penyimpanan. Minimal nilai investasinya yang hanya Rp. 1.000.000 juga sangat cocok untuk anak muda bukan?

3. Emas

Ingin berinvestasi sehat dan aman? Investasi emas adalah jawabannya. Kamu bisa mencoba investasi emas batangan ataupun emas perhiasan. Namun untuk pilihan yang lebih baik adalah pada emas batangan karena harganya lebih stabil dan emasnya murni serta tidak rawan dicuri , mengingat bahwa emas batangan tidak akan kamu tenteng atau diperlihatkan kepada orang lain layaknya emas perhiasan.

4. Properti

Memang investasi yang satu ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba jika kamu punya uang lebih. Selain keuntungan yang besar, investasi jenis ini akan membantu kondisi keuanganmu tetap stabil di masa mendatang. Tapi sekali lagi, sebelum terjun ke dunia properti ada baiknya bagi kamu untuk belajar mendalami tentang properti. Setidaknya kamu sudah memiliki basic ketika terjun ke investasi ini.

Nah bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencoba berinvestasi? Ayo buang keraguan kalian dan buktikan bahwa kalian bisa sukses dengan berinvestasi. Jangan pernah takut untuk mencoba dan gagal. Habiskan saja kegagalanmu di masa muda agar masa tua tidak ada lagi kegagalan yang menghampirimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *