Internet marketing ala Denu Coklat

Bisnis makanan dapat dimulai dengan modal kecil dan menghasilkan banyak keuntungan. Salah satu yang terkenal adalah Denu Coklat. Berdasarkan artikel dari detik.com, usaha ini dimulai sejak 2011 dengan modal Rp 500.000,- dan saat ini memiliki 15 varian rasa. Setiap bulannya pemilik Denu Coklat, Amelia Herlinda Devita, mampu menghasilkan omzet 150 juta. Artinya jika rata-rata produk di jual 25 ribu, maka perlu menjual 6.000 per bulan atau 200 per hari. Karyawan yang dimiliki saat ini ada 9 orang untuk membantu produksi. Untuk membantu penjualan, ia merekrut agen dan reseller, dimana agen harus membeli minimal Rp 1 juta per bulan.

Strategi Internet marketing

Dengan melihat hasil pencarian dari Google, kita dapat mengetahui gambaran besar marketing yang dilakukan oleh Denu Coklat untuk menjadi besar. Berikut hasil analisanya:

  • Denu Coklat memiliki website http://www.denucokelat.com/ yang dibuat menggunakan http://www.vkios.com/ dimana kita dapat memiliki website dengan harga mulai dari Rp 590.000 per tahun. Di website tersebut berisi informasi mengenai reseller, tingkatan agen dan bonus yang diberikan untuk agen. Dilihat dari daftar agennya, mereka memiliki 46 agen diseluruh Indonesia. Jika saja 1 agen berhasil menjual 5 satu hari, maka target penjualan 200 per hari sudah tercapai. Disini dapat dilihat agen sangat penting untuk mendongkrak penjualan. Agen yang ditampilkan di website berupa alamat instagram mereka.

  • Dilihat dari statistik websitenya, jumlah halaman yang dilihat per minggu sekitar 4000, atau jika dirata-rata sehari sekitar 500an. Traffic dari search engine hanya terlihat dari Bing. Tidak ada lagi informasi menarik lainnya yang dapat saya peroleh.

  • Denu Coklat memiliki instagram https://www.instagram.com/denucokelat/ dengan 72ribu follower, following 3.700 dan 1.600 posts. Terlihat mereka juga menerima order lewat Line, WA dan BBM. Dari instagram tersebut promosi juga dengan dilakukan mendirikan booth di event-event, mendapatkan endorse dari public figure (Laudya Chintya Bella, Shireen Sungkar, Zaskia Sungkar, Olla ramlan, Ayu Ting2, Citra Kirana dan masih banyak lagi), dan melakukan lomba atau giveaway. Kepada artis yang berniat membeli pun, mereka akan memberikan produk Denu Coklat gratis.

  • Promosi juga dilakukan di OLX, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus. Namun sepertinya promosi melalui situs iklan ini hasilnya kurang menggembirakan.

Dengan semakin terkenalnya produk mereka, semakin banyak juga pihak-pihak yang meniru produk mereka, kemasan beserta cara promosinya. Kunci kesuksesan mereka adalah produk yang enak, terus berinovasi, rajin mempromosikan produk dengan memaksimalkan media sosial, dan merekrut reseller untuk membantu penjualan dan distribusi produk.

Jangan lupa endorsement dari artis juga sangat penting. Anda bisa juga mencobanya dengan mencari akun artis yang kira-kira cocok untuk produk yang ingin di endorse dan tentunya memiliki follower yang banyak. Hubungi mereka dan dengan sopan tanyakan apakah mereka berkenan mengendorse produk kita dengan kesepakatan tertentu, misalnya mendapatkan produk atau jasa kita secara gratis. Kirimkan produk terbaik dengan packaging yang menarik, disertai dengan note kecil untuk mendapatkan testimonial dan foto sang artis ketika menggunakan produknya.

Semoga menjadi inspirasi. Dengan setidaknya melakukan marketing yang dilakukan oleh Denu Coklat, diharapkan akan membantu pemasaran produk kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *