Ini Dia Cara Cerdas Mengolah Limbah Plastik

Pengolahan sampah plastik semakin mengalami banyak perkembangan. Kini tidak hanya bisa dilakukan oleh berbagai perusahaan besar di dunia bahkan juga bisa dilakukan oleh perorangan atau kelompok kecil. Sebagai informasi, limbah plastik membutuhkan waktu 100 tahun di dalam tanah untuk diurai. Wow lama sekali ya! Meski begitu, peneliti kini menemukan cara baru untuk mengolah limbah plastik dan mendapatkan hasil yang sangat bagus. Berikut penjelasan detailnya.

pengolaan limbah plastik

Limbah Plastik

Kalau Anda lihat di banyak tempat, sampah plastik biasanya dibakar bersamaan dengan jenis sampah lainnya. Namun sebenarnya ini tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan di sekitarnya. Sampah yang dibakar bahaya untuk kesehatan karena sampah tersebut dibakar pada suhu rendah dan menyebabkan asap putih beracun dan membuat napas sesak. Tim peneliti dari Indonesia yang juga seorang asisten profesor dari Tokyo Institute of Technology bernama Panji Prawisuda mengatakan bahwa cara yang disarankan untuk mengelola sampah plastik dengan aman yaitu menggunakan air panas.

Plastik memiliki senyawa yaitu zat dioksin yang diperkirakan berasal dari klorin. Dan klorin plastik memiliki persamaan dengan larutan akuatik dari gas hidrogen klorida (HCI) pada garam. Sehingga dengan mengelolanya menggunakan air panas, maka senyawa klorin berubah menjadi garam. Jadi garam bisa dibuang karena larut dalam air dan klorin hilang.

Cara mengelola limbah plastik yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah atau kelompok kecil yaitu dengan membakarnya dan menghasilkan minyak mentah. Jika seorang warga Jepang sukses menciptakan alat pengubah sampah plastik menjadi minyak dengan harga ratusan juta rupiah, maka ada anak Indonesia di Ngawi yang berhasil melakukannya sebagai tugas sekolah.

Biaya yang diperlukan juga terjangkau, sekitar 600 ribuan. Alat yang diperlukan yaitu tabung melon 3 kg dan pipa besi. Plastik memiliki kandungan yang sama dengan unsur pembentuk pada bahan bakar minyak. Jadi ketika dipanaskan, plastik meleleh kemudian mencair. Nah, cairan ini lah yang jika terus dipanaskan membentuk uap panas yang melewati pendingin sampai mengembun dan membentuk minyak.

Proses daur ulang sampah plastik dengan memisahkan partikel-partikel plastik bisa menciptakan produk baru. Hasilnya berupa botol minuman, biji plastik dan lainnya. Berikut adalah daftar jenis sampah plastik, sumbernya dan produk daur ulang.

Jenis

Sumber plastik

Produk daur ulang

Acrylic

AS sen

Chip tali

Duragon

HD ember

 

HD blowing

 

HD hitam

HD tikar

HD butek

 

PVC selang

PVC botol

PVC blue band

PP kardus

PP ember cat

PP tali

Pulpen, sen kendaraan

Tempat kosmetik, sikat gigi

Springbed

Roda kaset, tempat pita kaset

Ember, krat minuman, gayung, ember cat

 

Botol oli, botol sampo,

drum plastik

Ember hitam

Tikar plastik

Saringan, ember

 

Selang

So klin, botol Baygon

Blue Band

Kardus lembaran PP

Ember cat

Strapping band

Toples, tatakan / tutup gelas

Nampan, korek gas, toples

Rambut boneka

Roda kaset

Piring, centong, botol plastik

 

Celengan, botol plastik

 

Ember, roda mobil mainan

Piring, ember, kabel rol

Corong, tempat sayuran, tempat sambal

Sandal, sepatu bot

Celengan, botol

Toples, celengan, botol

Gayung, ember, piring

Thermos, gayung

Cangkir, tali rafia,

gelas, gayun

Kini di Indonesia telah diterapkan harga Rp200 per kantong plastik pada setiap transaksi belanja di mini market, supermarket dan hypermarket. Hal ini dianggap kemajuan dalam kepedulian lingkungan karena Indonesia turut berperan dalam menggurangi dampak limbah plastik yang telah dilakukan di banyak negara di dunia. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan tas dari bahan kain yang bisa dipakai berulang kali yang dijual di super market dan berbagai tempat belanja.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *