Hari tua yang sengsara

Perencanaan hari tua adalah hal yang sangat penting untuk di lakukan, terutama jika anda sudah mempunyai penghasilan sendiri atau sudah berkeluarga. Untuk mempersiapkan hari tua butuh bertahun-tahun, jadi jika anda berbuat salah dalam merencakan hari tua, maka hidup anda dapat menjadi sengsara selama bertahun-tahun sampai anda meninggal. Bayangkan seseorang sudah berumur 55 tahun dan sudah pensiun, namun tidak memiliki banyak uang, tidak berpenghasilan dan masih memiliki hutang KPR. Anaknya ternyata memiliki keuangan yang susah juga dan tidak bisa membantu orang tuannya. Kemudian pasangannya sakit keras, namun tidak mempunyai biaya untuk berobat sehingga ia mendahului bertemu dengan yg di Atas. Karena kesulitan uang, ia menjual rumah, melunasi kpr dan pindah ke rumah yang lebih kecil dan di daerah pinggiran. Nasib sial tidak mau pergi dan orang tersebut mulai sakit-sakitan. Kemudian suatu hari ia menyusul pasangannya, dan baru diketemukan oleh tetangga 1 minggu kemudian. Hidup sungguh tidak enak, karena rasanya hambar dan membosankan.

Hari tua, tiduran di rumah saja – hellogiggles.com

Bagaimana rasanya punya hidup yang demikian? Tidak enak bukan. Sekarang bagaimana jika anda sudah merencanakan hari tua anda? Hidup anda kemungkinan lebih baik dengan memiliki banyak harta dan dapat menikmati hidup dimasa tua dengan travelling keliling dunia. Dengan harta yang banyak, harta dapat diberikan / dihibahkan kepada anak sehingga dapat sebagai modal agar hidup mereka lebih baik lagi.

Baca Juga:

Dalam merencakanan hari tua, berikut adalah kesalahan yang biasanya dilakukan:

  • Kesalahan pertama yang biasanya dilakukan adalah tidak merencanakan hari tua. Jika anda tidak merencanakan, maka sebenarnya anda sudah merencanakan suatu kegagalan. Umumnya orang tidak merencanakan hari tua, karena tidak berpikir bahwa hari tua perlu direncanakan. Banyak orang yang hanya ingin hidupnya mengalir saja, tanpa perlu pusing memikirkan masa depan. Yang penting adalah masa sekarang bukan masa depan.
  • Kesalahan kedua adalah terlambat dalam merencanakan dan berinvestasi. Untuk dapat pensiun dengan nyaman, dibutuhkan uang yang cukup. Kecuali jika¬† memiliki bisnis yang maju atau menabung ratusan juta tiap tahunnya, maka akan membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan dana pensiun. Tidak cukup butuh setahun atau lima tahun, tapi lebih dari sepuluh tahun. Oleh karena itu jika seseorang baru terpikir untuk menyiapkan dana pensiun ketika berumur lima puluh tahun, maaf saja hidup tua nya akan berat. Untuk mengumpulkan uang yang banyak, anda perlu memulai secepat mungkin. Karena efek bunga-berbunga maka semakin lama waktu yang dimiliki, hasilnya akan semakin besar secara eksponensial. Ketika baru mulai investasi, dana 10 juta dengan bunga 10% mungkin hasilnya terasa sedikit, namun seiring waktu jika dana itu sudah bertumbuh menjadi 100 juta dengan bunga 10% hasilnya mulai terasa besar.
  • Kesalahan berikutnya adalah mengabaikan inflasi. Pengeluaran 10 juta sebulan saat ini, pasti akan lebih besar 10 tahun lagi karena inflasi. Jika inflasi adalah sebesar 5% setahun, maka 10 tahun lagi pengeluaran 10 juta akan menjadi 15 juta. Yang tidak kalah pentingnya di masa depan adalah biaya pendidikan, dan biaya ini biasanya kenaikannya melebihi inflasi yaitu dapat mencapai 10% per tahun. Jadi jika biaya kuliah per tahun saat ini adalah 100 juta, maka 10 tahun lagi biaya tersebut menjadi 235 juta per tahun, atau naik 2 kali lipat lebih. Zaman sekarang semakin banyak anak, akan semakin besar biaya yang diperlukan untuk biaya sekolah dan kuliah. Bukan banyak anak banyak rezeki. Untuk biaya sekolah sampai lulus kuliah yang standar jika anak anda belum bersekolah atau masih TK bisa mencapai 750 juta sampai 1 milliar. Jadi jika punya anak 3 yang masih kecil-kecil maka perlu menyiapkan 3 milliar untuk biaya pendidikannya. Biaya pendidikan tidak boleh dikorupsi ya, karena masa depan anak akan banyak bergantung dari pendidikannya.
  • Kesalahan lainnya adalah hidup terlalu boros. Hidup konsumtif saat ini dapat membuat hidup tua menjadi susah. Agar hidup tidak konsumtif, godaannya sangat besar karena perusahaan akan menggunakan berbagai macam strategi agar anda rajin mengeluarkan uang. Misalnya dengan memberi diskon sehingga memberi kesan harganya sedang murah, padahal harganya sudah di naikkan terlebih dahulu. Perusahaan-perusahaan akan menciptakan produk yang keren, unik, canggih dan terbaru agar anda mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang kadang tidak anda butuhkan. Orang yang sering berganti gadget terbaru walaupun gajinya pas-pasan akan mengalami kesusahan di masa tua. Akibat terlalu boros ini akan mengurangi uang yang seharusnya diinvestasikan untuk masa tua.
bokek

Boros dan bokek – fimela.com

  • Kesalahan terakhir adalah terlalu konservatif. Banyak orang yang tidak mau berinvestasi di reksadana dan hanya berinvestasi di tabungan atau deposito. Alasannya takut uangnya hilang kalau berinvetasi di saham atau reksadana. Perlu anda ingat, jika uang anda investasikan di tabungan atau deposito, maka dananya tidak akan tumbuh maksimal sehingga dapat mengancam kenyamanan masa tua.

Ayo mulai persiapkan hari tua dengan mulai tidak boros dan berinvestasi sejak dini, biar hidup tuanya enak.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *