Hari Jum’at? Begini Caranya Agar Tetap Produktif

Sebenarnya, yang namanya bekerja baik itu hari Senin, Selasa atau Jum’at jika tidak memiliki semangat akan bermasalah dan membuat kita sebagai karyawan menjadi malas dan menganggap hari-hari yang dijalani adalah masalah. Terlebih jika hari tersebut adalah hari Jum’at dimana pada umumnya perusahaan menentukan hari tersebut sebagai hari terakhir kerja tiap minggunya karena keesokan harinya adalah hari libur. Terkadang hal tersebut seperti menghipnotis pikiran para karyawan sangat bersemangat menantikan hari esok hingga terkadang lupa kewajiban pekerjaan dan cenderung bermalas-malasan. Padahal hari Jum’at tetaplah hari kerja da kita wajib memenuhi dan menyelesaikan tugas-tugas menumpuk yang harus segera diselesaikan.Untuk menghindari hal tersebut, mari kita simak beberapa tips agar tetap produktif di hari Jum’at dan akan lumayan berpengaruh terhadap kehidupan karir Anda di perusahaan tersebut maupun di perusahaan selanjutnya tempat Anda bekerja.

Hibur diri sendiri.Menghibur diri sendiri bisa jadi penolong utama ketika rasa malas di hari Jum’at datang. Hiburan untuk diri sendiri tersebut bisa apa saja. Seperti misalnya, berkata pada diri sendiri bahwa hari ini ada tes dadakan yang menguji bagaimana performa keseharian karyawan terutama pada hari itu. Dengan begitu, Anda akan bersemangat karena tidak ingin dicap jelek oleh perusahaan, misalnya. Atau bisa dengan cara lain yang muncul dipikiran Anda dan Anda pikir hal tersebut dapat membantu membuat Anda bersemangat. Hal lainnya adalah, membawa bekal musik yang baru didownload dan bisa didengarkan dikantor saat Anda bekerja, jika misalnya Anda sudah bosan dengan playlist yang itu-itu saja. Dan cara menghibur lainnya yang tentu saja dapat Anda gunakan selama tidak menggangu pekerjaan dan rekan sekantor Anda.

Berhenti bermalas-malasan.Sebuah survei yang dilakukan SavvySugar menunjukkan bahwa 75 persen pekerja mengakui bermalas-malasan saat Hari Jumat. Jika Anda ingin lebih produktif, cobalah berangkat kerja lebih awal.Cara ini membuat Anda lebih bersemangat saat bekerja dan membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai. Saat pekerjaan lebih cepat selesai, Anda pun bisa keluar kantor tepat waktu untuk bertemu teman-teman di luar kantor.

Jangan menunda pekerjaan.Menunda tugas-tugas kantor hanya akan menghantui akhir pekan Anda belum lagi jadwal padat di hari Senin. Luangkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas meskipun sedikit masih sangat berarti daripada tidak. Pikirkan jika Anda bisa mengerjakan tugas hari Jumat, maka saat akhir pekan Anda tidak akan direpotkan lagi dengan tugas-tugas yang tertunda.

Gunakan Jumat sebagai hari untuk bekerja yang serius tapi santai. Misalnya Anda bisa menjawab email dalam kotak masuk atau sekedar mengirim laporan-laporan yang tertunda. Intinya, jangan terlalu santai dengan melupakan pekerjaan dan juga jangan terlalu serius seperti sedang menjalani rapat penurunan penjualan.

Mengatur diri untuk hari Senin produktif.Ada yang bilang jika Senin merupakan hari yang menyebalkan hingga muncul ungkapan ?em>I Hate Monday? Datang ke kantor di hari Senin, semua pekerjaan yang Anda tunda selama satu minggu terakhir, sudah menunggu di depan mata. Oleh karena itu, pada hari Jumat siapkan prioritas atau agenda pekerjaan agar Anda lebih mudah mengerjakan pada hari Senin.

Jangan lupakan penampilan.39 persen pembaca SavvySugar mengatakan kantor mereka memperbolehkan penampilan kasual pada Hari Jumat. Namun bukan berarti Anda malas memperhatikan penampilan atau justru memilih penampilan yang asal-asalan.Anda mungkin tak melihat kaitan antara penampilan dan pekerjaan. Tapi sebenarnyanya, dengan memperhatikan penampilan, Anda bisa merasa lebih percaya diri. Rasa percaya diri ini bisa membuat Anda lebih semangat, dan hasil akhirnya adalah bekerja lebih produktif.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *