Gaya Belajar Auditori, Visual dan Kinestetik

Menjadi orang tua tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda harus merawat dan menjaga buah hati dalam segala hal. Salah satu yang membutuhkan perhatian khusus adalah pendidikan sang buah hati. Kesuksesan anak dalam pendidikan tentu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang cukup vital adalah ketepatan proses pembelajaran. Untuk bisa mendapatkan proses belajar yang tepat tentunya Anda harus tahu seperti apa gaya belajar anak tersebut.

Gaya Belajar Auditori, Visual dan Kinestetik

gaya belajar

www.beijing-kids.com

Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak semua anak-anak memiliki gaya belajar yang sama. Karena itu juga sebagai pendidik pertama anak-anak, Anda harus jeli dalam mengajari buah hati Anda. Untuk bisa mengajari dengan benar, maka Anda harus tahu seperti apa gaya belajar buah hati Anda. Nah kali ini kita akan mengulas mengenai beberapa gaya belajar yang dapat diketahui dengan mengamati aktivitas buah hati Anda.

  1. Gaya Belajar Auditori

Nah untuk anak dengan gaya belajar auditori ini berarti mereka adalah tipe pendengar yang baik. Bisa dibilang tipe ini adalah tipe konvensional yang tentunya cocok untuk belajar dengan cara konvensional. Meskipun mereka tidak memperhatikan guru yang menerangkan di depan kelas, namun telinga mereka akan tetap menangkap apa yang diajarkan.

Anak yang masuk tipe ini biasanya mudah menghafal lagu dengan cepat dan suka berbagi diskusi kelompok. Jika anak Anda masuk ke tipe ini maka stimulasilah dengan merekam materi pembelajaran dan memutarnya saat belajar. Anda juga bisa mencoba belajar dengan lagu kesukaan buah hati Anda. Cukup ganti saja lirik lagu dengan materi belajar mereka.

FYI, anak dengan gaya belajar auditori ini mudah terdistraksi dengan suara bising lho. Jadi pastikan tempat belajar yang Anda pilih cukup tenang dan sunyi.

  1. Gaya Belajar Visual

Untuk anak dengan gaya belajar visual bisa diketahui jika saat belajar bersama Anda dia lebih suka memandang Anda dengan seksama. Anak dengan tipe visual seperti ini biasanya memiliki ingatan fotografis di mana mereka lebih mudah mengingat sesuatu dari tampilan, warna, bentuk dan segala hal yang merujuk pada visual. Anak-anak ini pada umumnya sangat suka menggambar dan memperhatikan segala sesuatu disekitarnya.

Jadi saat belajar akan lebih baik jika mereka dibantu dengan mind mapping, gambar-gambar dan diagram alur. Jika Anda ingin membantu mereka belajar, maka Anda bisa memanfaatkan video (youtube dan media lain), presentasi power point dan gambar-gambar pendukung. Tapi ingat ya, anak tipe visual ini sangat mudah terdistraksi oleh sesuatu yang bergerak di sekitarnya saat belajar. Jadi sebaiknya Anda mencari tempat atau situasi yang tenang.

  1. Gaya Belajar Kinestetik

Anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih mudah menyerap informasi dengan lebih baik jika mereka aktif bergerak. Anak ini tidak akan bisa disuruh diam mendengarkan penjelasan, jadi sembari mendengar penjelasan mereka akan mencorat-coret buku catatan mereka. jadi wajar jika anak tipe ini memiliki buku catatan yang berantakan.  Anak tipe kinestetik juga suka membuat kerajinan tangan lho.

Bagi Anda yang ingin membantu buah hati yang masuk ke tipe ini untuk belajar maka Anda bisa memanfaatkan media pembelajaran campuran antara visual, audio dan aktivitas lain yang menuntut buah hati Anda untuk tetap bergerak. Anda juga perlu ingat bahwa anak dengan gaya belajar kinestetik ini seringkali menuntut segala alasan dibalik terjadinya sesuatu. Jadi Anda harus ikut aktif belajar agar bisa menjawab pertanyaan mereka.

FYI, anak yang masuk tipe ini mudah terganggu oleh segala hal yang ada di sekitarnya jadi mereka cenderung meninggalkan apa yang dikerjakan saat ini dan ganti mengerjakan hal lainnya. Anak dengan gaya kinestetik ini suka diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatannya.

Yuk mulai sekarang ajarkan buah hati Anda sesuai dengan gaya mereka..

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *