Faktor-Faktor Aplikasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Diterima

Bagi anda yang akan membeli rumah tetapi tidak mempunyai uang yang cukup, anda tidak perlua khawatir lagi karena anda dapat mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Dengan mengajukan KPR, anda dapat menggunakan uang anda yang lain seperti berwirausaha, membayar biaya pendidikan anak, dan lain-lain.

Dengan banyaknya orang yang ingin mempunyai rumah maka menjadi lebih sulit untuk mengajukan KPR. Anda harus mengalami seleksi yang ketat untuk mempunyai sebuah rumah. Rumah sendiri menjadi impian bagi setiap orang oleh karena itu rumah menjadi salah satu investasi yang disukai oleh kebanykan penduduk.

Mengajukan KPR juga sangat lama karena bank harus menyelidiki berbagai hal seperti penghasilan, jaminan dan lainnya. Jika anda ingin KPR anda diterima oleh baik, maka sebaiknya anda mengikuti beberapa faktor yang saya tuliskan.

  • Penghasilan harus mencukupi untuk membayar cicilan KPR. Biasanya bank mematok sepertiga atau 30% dari total penghasilan anda. Jika tidak sesuai maka bank anda mencoret nama anda dari nama peminjam.
  • Anda harus mempunyai masa kerja selama 2 tahun sebagai pegawai tetap. Bank melihat ini karena anda akan dilihat konsisten bekerja dan menghasilkan uang. Bank tidak mau peminjam tidak dapat mengembalikan cicilannya. Anda dapat menyertakan bukti pengangkatan pegawai tetap di kantor yang sebelumnya.
  • Usahakan anda tidak memiliki hutang atau cicilan yang lainnya. Bank tidak akan memberi pinjaman kepada orang yang banyak berhutang. Anda juga pastinya akan kesulitan membayar dengan biaya yang menumpuk setelah anda berhutang kembali untuk KPR.
  • Anda harus mencoba untuk mengajukan KPR di bank-bank lain atau lebih dari satu bank. Bank tentunya tidak ingin jika kehilangan nasabah. Yakinkan bank tersebut bahwa KPR anda kemungkinan anda akan diterima di bank lainnya.
  • Jika sebelumnya anda sudah pernah mengajukan kredit di bank, maka sebaiknya anda membayar lunas cicilan atau hutang anda tersebut. Bank sudah menggunakan sistem yang akan mengecek histori dari kredit anda. Sistem akan memberi nilai atau scoring yang menjadi pertimbangan bagi pihak bank apakah anda seorang kreditur yang baik, yang rajin membayar cicilan secara rutin.
  • Pastikan anda mengajukan KPR ketika anda tidak mau memasuki masa pensiun. Anda pasti mengerti bahwa bank juga memberikan syarat umur untuk yang dewasa hanya hingga 65 tahun. Jika anda sudah tua dan renta, bagaimana bank percaya bahwa anda tetap dapat bekerja dan menghasilkan uang untuk membayar cicilan?
  • Jika anda mengajukan KPR Yang berhubungan dengan pembangun rumah (developer), maka pastikan sekali lagi bahwa developer tersebut adalah developer yang terpercaya yang sudah dikenal baik sering membangun rumah.
  • Cek status kepemilikan rumah anda, Pastikan bahawa status kepemilikan rumah anda hanya 1 orang saja atau tanah anda tidak sedang disengketakan.
  • Rumah bermasalah. Masalah yang bisa ada pada rumah biasanya meliputi, status kepemilikan ganda (rumah second), atau tanah yang masih dalam sengketa.
  • Berikan data yang sebenarnya mengenai umur, penghasilan, alamat atau jaminan anda kepada bank. Anda tidak perlu berbohonguntuk sesuatu halini karena pihak bank akan menyelidiki apakah data anda sesuai.
  • Lengkapi beberapa persyaratan dokumen yang diminta oleh bank. Hal ini akan membuat KPR anda lebih cepat diproses oleh pihak bank.
| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *