Fakta-Fakta Tentang Kartu Kredit

Setiap orang yang memiliki kartu kredit harus mempunyai kebijakan dan menguasai dirinya. Kartu kredit seperti pedang bermata dua yang akan melukai anda jika anda tidak dapat mengontrolnya dengan baik.

Banyak artikel yang memuat tentang tips dan trik menggunakan kartu kredit. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut. Anda harus mengetahui seluk beluk mengenai kartu kredit.

Jika anda sebelumnya sudah mendengar bagaimana penggunaan kartu kredit, maka telurusi lebih lanjut fakta yang benar mengenai kartu kredit.

  1. Kartu kredit itu fleksibel

Memiliki kartu kredit tidak menakutkan seperti yang dibayangkan. Awal diciptakan kartu kredit karena sih pencipta kesulitan membayar makan malam karena tidak cukup memiliki uang tunai. Oleh karena itu sih pencipta tidak ingin kita khawatir jika tidak membawa cukup uang ketika berbelanja, disaat apapun dan dimanapun anda berada.

  1. Punya kartu kredit itu lebih hemat.

Kartu kredit akan menghindarkan kita dengan yang namanya recehan. Seringkali kita menerima atau terpaksa mendonorkan recehan kita disaat kasir kekurangan recehan sebagai kembalian kita. Dengan kartu kredit, kita tidak akan mengalami hal tersebut karena kartu kredit menyimpan detail data pengeluaran kita.

  1. Kartu kredit itu adalah hutang yang tertunda.

Kartu kredit memang memberikan kita akses untuk berhutang tetapi bukan berarti anda tidak membayarnya. Hutang yang tertunda itu anda harus bayar tepat waktunya. Jika tidak membayarnya, anda sendiri yang kesulitan. Disini anda sendiri yang berperan penting mengatur penggunaan kartu kredit.

  1. Peroleh limit kartu kredit semaksimal mungkin.

Bagi anda yang sudah curiga dulu, takut-takut berhutang besar jika mempunyai kartu kredit yang limitnya besar. Anda mempunyai perkiraan yang salah jika anda hanya memiliki kartu kredit yang limitnya kecil. Kartu kredit itu dibuat untuk memungkinkan anda menggunakan uang yang diperlukan jika sewaktu-waktu anda di luar negeri.

  1. Bawalah kartu kredit kemana pun anda berada

Anda tidak perlu khawatir membawa kartu kredit dimana pun anda berada. Kartu kredit amat bagi anda untuk berbelanja dibandingkan membawa uang tunai. Misalnya jika anda ingin membeli sebuah mobil, tentunya anda tidak harus membawa uang tunai ratusan juta di sebuah koper bukan?

  1. Lebih menguntungkan membayar memakai kartu kredit

Saya katakan hal ini karena jika anda membayar menggunakan uang tunai maka saat itu juga anda akan kehilangan aset anda yang berharga. Namun jika menggunakan kartu kredit, uang anda hilang di 40 hari selanjutnya dan tanpa dikenai bunga. Padahal selama 40 hari ke depan, uang tunai anda dapat anda gunakan untuk modal usaha atau hal lainnya untuk melipatgandakannya.

  1. Bijak melunasi hutang kartu kredit

Bukan hal yang bijak jika anda merusak atau memotong kartu karena hutang anda bertumpuk. Anda salah jika menggunakan cara tersebut. Cara yang baik menggunakan kartu kredit adalah mengelola keuangan dan membatasi diri anda untuk penggunaan kartu kredit.

  1. Jangan gunakan kartu kredit untuk berbisnis

Salah satu berbisnis adalah mempunyai modal usaha. Modal usaha dapat diperoleh salah satunya dengan pinjaman atau berhutang. Kartu kredit bukan alternatif yang baik untuk digunakan sebagai modal usaha. Bisnis terkadang tak menjanjikan keuntungan yang besar atau mungkin rugi sama sekali. Jika menemui kenyataan seperti itu, lantas bagaimana anda melunasi hutang kartu kredit 40 hari ke depannya?

  1. Bayar dengan pasti hutang kartu kredit kita

Bayar dengan pasti dan tepat pada waktunya jika anda membayar hutang kartu kredit. Jangan bayar sedikit semi sedikit karena itu hanya akan menambah bunga kartu kredit anda. Lama kelamaan hutang anda akan bertumpuk dan tidak dapat membayarnya. Beban yang sedikit akan menumpuk jika tidak anda kurangi semuanya.

  1. Miliki satu kartu kredit yang mempunyai fasilitas yang baik

Lebih baik jika anda hanya memiliki satu kartu kredit yang menyediakan fasilitas yang memadai apalagi limitnya besar. Dibandingkan anda mempunyai banyak kartu kredit dan tidak sesuai dengan cara anda berbelanja selama ini. Anda hanya akan meratapi banyaknya kartu kredit tersebut dan tidak memakainya.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *