Etika Tempat Kerja

Dimanapun anda berada sudah pasti anda harus menaati etika yang ada. Etika sangat diperlukan karena manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan hubungan yang baik dengan sesama. Dimana sebagai seorang makhluk sosial, anda harus memperhatikan aturan yang berlaku, menghargai orang lain dan tidak merugikan orang lain. Dalam bekerja etika diperlukan agar pekerjaan anda dapat berjalan lancar. etika tempat kerja Berikut ini adalah beberapa etika di tempat kerja yang harus anda ingat dan patuhi :

1. Ikuti Aturan Tak Tertulis di Kantor

Tidak hanya di kantor, dimanapun biasanya ada aturan tak tertulis yang harus dipatuhi. Untuk aturan tak tertulis di kantor, sebagai karyawan anda harus mematuhinya. Karena hal ini akan sangat berpengaruh dengan kinerja anda dan kenyamanan anda saat bekerja.

2. Biasakan On Time

Dalam hal apapun, on time tidak dapat ditawar. Ketepatan waktu anda akan mencerminkan seberapa disiplin anda. Selain itu kebiasaan on time yang anda lakukan akan memberikan efek positif. Ingatlah bahwa waktu tidak dapat diputar kembali, jadi gunakan waktu anda dengan sebaik-baiknya.

3. Kenakan Busana yang Pantas

Dalam bekerja sudah menjadi aturan tak tertulis untuk mengenakan busana yang rapi dan formal tentunya. Ada beberapa pekerjaan yang tidak memberikan aturan soal berbusana. Namun sebagai karyawan yang memiliki attitude yang baik, pilihlah busana yang tepat untuk bekerja. Ingat untuk tidak tampil berlebihan apalagi tampil slengean.

4. Say No to Gossip

Gossip adalah kebiasaan buruk, tidak hanya di tempat kerja. Sikap negatif ini bisa menjadi salah satu faktor yang mengancam kelangsungan karir anda lho. Hal positif yang anda dapat ketika tidak bergosip adalah kinerja anda tidak terganggu. Jika anda ingin berkomentar, berkomentarlah yang positif dan sebisa mungkin sampaikan dengan baik.

5. Biasakan Meminta Izin Saat Meminjam

Seakrab apapun anda dengan rekan ataupun kolega andaa, tetap anda harus meminta izin mereka sebelum menggunakan barang milik mereka. kebiasaan meminta izin ini akan membuat anda terkesan menghargai orang lain. Dan tentu saja orang lain juga akan menghargai anda kembali.

6. Sopan Santun dan Biasakan Mengucap Terima Kasih

Bersikap sopan dan selalu mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja ataupun klien akan membantu mengakrabkan suasana dan tentunya menjaga hubungan yang telah anda jalin. Ingatlah untuk bersikap sopan kepada siapapun meski anda tidak terlalu mengenal orang tersebut. Menjaga ucapan dengan kata-kata santun akan membantu anda menjaga perasaan orang lain.

7. Biasakan untuk Tidak Menyela Pembicaraan

Menyela pembicaraan termasuk salah satu sifat egois yang harus anda hindari. Anda tentu tidak menyukai orang yang egois bukan? Sama halnya dengan rekan atau klien anda, mereka juga tidak suka orang yang egois. Seperti apapun situasinya biasakan untuk menunggu mereka selesai berbicara. Atau setidaknya berikan kode atau pesan jika anda ingin berbicara dengan mereka setelah pembicaraannya selesai.

8. Biasakan untuk Menjaga Volume Suara

Menjaga ketenangan adalah salah satu prioritas anda di kantor. Ingatlah bahwa anda bekerja bersama banyak orang dan tentu semuanya butuh konsentrasi. Selain itu menjaga volume suara untuk tetap berada pada batas normal akan membantu anda tidak memancing emosi orang lain. Anda harus tahu bahwa persepsi orang tentang nada tinggi adalah kemarahan atau ketidaksukaan.

9. Jaga Tangan Anda dari Smartphone

Poin ke-9 ini seringkali terjadi, dimana banyak orang yang tidak dapat menahan untuk menggunakan smartphone saat di kantor. Sebisa mungkin silent handphone anda saat bekerja. Dan jika anda memang ingin menelpon atau menerima telepon, carilah tempat yang tidak akan mengganggu rekan anda yang lain.

10. Hargai Privasi Orang Lain

Cobalah untuk menahan diri dari sifat kepo atau penasaran berlebih. Di kantor sama halnya dengan tempat lain, dimana anda harus menjunjung tinggi sikap sopan termasuk menghargai privasi orang lain.

11. Jaga Kerapian Meja Anda

Biasakan memiliki meja yang rapi, karena kerapian akan membuat anda nyaman dan dapat bekerja dengan baik. selain itu meja yang bersih akan membawa efek positif bagi ruang kerja anda.

Nah beberapa etika di tempat kerja yang telah disebutkan diatas haruslah anda ingat dan patuhi. Selalu ingat bahwa dalam bekerja anda tidak sendirian dan tentu jaga perasaan orang lain. Jika anda ingin mendapatkan hal baik dari orang lain, anda harus terlebih dahulu melakukan hal baik kepada mereka. Dimanapun timbal balik selalu berlaku.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *