Endorsement adalah Salah Satu Jenis Strategi Pemasaran

Saat ini, bisnis online store memang tengah ramai digeluti banyak orang. Maklum saja, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Apalagi buat kaum muda yang minim modal tapi pengen menyalurkan hobi atau kreativitasnya lewat berbisnis, bisnis online store bisa jadi pilihan. Maraknya bisnis online store ini pada akhirnya membuat para pemilik bisnis harus memutar otak agar produknya bisa dikenal dan dibeli banyak orang. Karena bisnisnya bergerak secara online, maka memang paling pas kalo promosinya pun dilakukan secara online. Salah satunya adalah melalui endorsement.

Jika Anda mengetahui apa itu yang dimaksud referral kurang lebih hampir sama dengan endorsementitu sendiri. Salah satu strategi promosi yang cukup efektif agar seseorang mau mengajak atau mereferensikan beberapa teman atau kenalannya untuk membeli produk atau jasa kita. Jika hal seperti ini dilakukan secara terus menerus tentu akan sangat bagus untuk perkembangan kegiatan pemasaran. Secara harfiah, endorsement artinya dukungan atau saran. Dalam dunia bisnis online store,para pemilik bisnis meng-endorse para artis dengan memberikan barang dagangannya secara gratis. Padahal, kata Wikipedia,endorsement adalah testimonial in advertising, written or spoken statement endorsing a product. Jadi, sebenarnya para artislah yang meng-endorse online store tersebut bukan sebaliknya. Seperti yang dikatakan Melanie Subono, salah satu artis yang sering meng-endorse online store, sebenarnya artislah yang meng-endorse (men-support) produk dan barang dagangan online storetersebut sehingga banyak orang yangawareakan produknya. Well, apapun itu, yang jelas endorsement merupakan social media promotion yang cukup efektif. Selain gampang, cepat, dan nggak ngeluarin banyak biaya, promosi ini juga langsung tertuju ke calon pembeli. Jadi si pemilik bisnis ngasih produknya secara gratis ke salah satu artis dan sebagai balasannya si artis diharuskan men-share fotonya yang lagi pake produk tersebut ke sosial media (twitter atau instagram), ditambah dengan mention akun online store tersebut.

Baca Juga:

Dijamin,followersi artis yang beribu-ribu tersebut bakalan baca dan di antaranya pasti tertarik buat beli supaya bisa kembaran sama artis idolanya. Hal inilah mengapa pengaruh dari media sosial yang cukup ampuh sebagai media pemasaran dengan startegi endorsement ini. Jika Anda adalah sebagai pelaku usaha yang ingin mencoba melakukan pemasaran dengan tehnik endorsement, ada beberapa tips singkat yang bisa Anda jadikan patokan agar pemasaran model endorsement ini bisa semakin powerfull dalam membantu kegiatan pemasaran Anda.

Perluas jaringan atau komunitas Anda

Dengan menambah banyak relasi dan jaringan Anda nantinya akan semakin memperluas peluang Anda untuk memiliki rekanan seorang public figure yang mungkin saja karakternya sesuai dengan produk atau jasa Anda. Kedekatan yang tulus dan komunikasi yang lebih akrab akan mempermudah seorangpublic figure yang Anda kenal tersebut mau memberikan endorsement yang positif dan tulus juga. Tanpa harus memberikan bayaran layaknya seorang buzzer.

Memberikan kualitas yang terbaik

Mungkin akan sia-sia saja ketika produk atau jasa Anda sudah dipromosikan oleh seorangpublic figurenamun ternyata produk Anda tidak sebagus sesuai dengan kenyataannya atau pelayanan dari Anda masih kurang maksimal, tentu ini akan menjadi catatan merah bagi bisnis Anda. Selain daripada itu juga ini mempengaruhi nama baik dari seorang public figure yang telah membantu mempromosikan produk Anda. Tanpa diendorsementkan produk Anda mungkin sudah seharusnya memiliki kualitas yang baik. Karena apa, ini akan mempengaruhi penjualan Anda selanjutnya bahkan sampai Anda memiliki pelanggan loyal juga nantinya.

Tepat sasaran atau tertarget

Jika Anda sudah melakukan pemasaran dengan cara endorsement namun ternyata hasilnya belum cukup memuaskan bisa jadi target pasar atau sumber endorse belum cukup maskimal. Anda harus segera memperbaiki dan mengevaluasinya. Namun jika ternyata setelah diendorse hasil penjualan meningkat, Anda bisa melakukan cara tersebut secara berulang-ulang.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *