Emas Batangan vs Emas Perhiasan

Investasi, lagi-lagi merupakan salah satu sektor finansial yang paling menarik untuk dibicarakan. Apalagi jika melihat kisah sukses orang-orang yang berkecimpung didalamnya. Tentu saja membuat orang lain yang mendengar/melihatnya menjadi tertarik pada bisnis berjenis investasi, apapun itu. Termasuk investasi di bidang emas. Berikut beberapa alasan yang diungkapkan para investor bidang emas, mengapa mereka membeli emas dan memutuskan untuk berkecimpung dalam investasi emas yang diambil dari forum perkumpulan investor emas yang telah dirangkum.

Alasan Berinvestasi Emas

  1. Emas merupakan salah satu benda yang universal value/global currency bernilai dan berharga baik di indonesia atau di luar negeri, kalau uang kertas apabila ke luar negeri tentu saja harus ditukar dengan mata uang setempat.
  2. Emas bisa dijadikan sebagai alat proteksi aset yang kebal terhadap inflasi & deflasi yang merupakan perampok yang tak terlihat, semakin tinggi inflasi maka harga emas akan semakin naik.
  3. Emas lebih aman, menyimpan uang di bank akan dikenakan biaya admin, pajak bunga, tingkat suku bunga rendah serta penjaminan yang terbatas (LPS).
  4. Emas lebih liquid (mudah dicairkan), properti, saham, obligasi, kendaraan dll membutuhkan waktu lebih dari 1 hari untuk dicairkan.
  5. Lebih fleksibel, berinvestasi emas bisa di mulai dari gram yang kecil, dengan dana terbatas kita bisa berinvestasi emas.
  6. Emas mudah dibawa dan dipindahkan (Moveable/portable), membawa uang tunai 500 jt sangat tdk praktis dan beresiko. Membawa 1kg emas sangat praktis, ukurannya tidak lebih besar dari BB Gemini dan tidak diketahui orang.
  7. Emas awet dan tahan lama, properti, kendaraan, surat-surat berharga apabila terendam air atau kena bencana alam nilainya akan berkurang atau hilang. Emas tahan terhadap segala kondisi cuaca, anti karat, asam, air bahkan api sekalipun meski melumer (di atas 1083 C) akan tetap emas dan bernilai hanya berubah bentuk namun kemurnian dan massanya tetap.
  8. Emas untuk jangka pendek berfluktuasi namun untuk jangka panjang akan terus naik, sejak 10 tahun terakhir nilainya naik lebih dari 260% atau 37.5%/tahun.
  9. Emas bersifat ownership & stewardship (Kepemilikan dan Pengelolaan sendiri), emas yang kita beli, kita miliki dan kita yang menyimpan. Ketika kita pegang emas, itu berarti kita memegang aset yang tidak tergantung pada orang lain.
  10. Emas sebagai aset atau investasi dpt di wariskan kepada anak cucu tanpa hrs melalui proses hukum seperti akte jual beli atau waris dll.

Setelah mengetahui beberapa alasan orang-orang yang telah lama berinvestasi dengan emas, saatnya mengetahui mana yang dibeli. Apakah emas batangan atau emas perhiasan?

Emas Batangan vs Emas Perhiasan

Seperti yang kita ketahui, emas pada dasarnya ada yang berbentuk batangan saja dan ada yang memiliki banyak bentuk, dalam hal ini emas perhiasan. Tentu saja emas batangan dan emas perhiasan memiliki perbedaan dari segi bentuk dan kebanyakan bentuk-bentukan tersebut membuat perbedaan pula pada harga suatu emas.

Bicara soal investasi emas, manakah yang cocok?

Sebenarnya tidak ada jawaban yang tepat bagi persoalan tersebut. Karena semuanya terserah kepada selera masing-masing. Mengapa?

Jika Anda adalah seorang wanita, misalnya. Dan menyukai perhiasan berupa emas, mengapa tidak berinvestasi lewat emas perhiasan dan coba memasarkannya pada saat kumpul arisan dengan cara memakainya? Selain Anda dapat berganti-ganti perhiasan dan terlihat glamor, Anda tetap menghasilkan pendapatan dari bisnis investasi emas perhiasan ini.

Namun tentu saja, emas perhiasan yang memiliki keindahan tersendiri dari berbagai bentuk yang beragam di dunia sehingga dianggap menarik bagi pembelinya terutama bagi pecinta perhiasan. Karena dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan desain yang diinginkan pasar maka membutuhkan pekerjaan lebih bagi pembuatan emas perhiasan ini. Untuk membentuk emas perhiasan tidak membutuhkan kadar yang tinggi, agar emas dapat semakin mudah dibentuk. Dengan demikian rata-rata kadar emas perhiasan adalah 18K,20K,22K. Semakin tinggi kadarnya semakin sulit emas tersebut dibentuk.

Proses-proses rumit tersebutlah yang membuat emas perhiasan tidak sama dengan emas sesungguhnya karena sudah ditambah dengan biaya desain, biaya pembuatan, pajak, dll. Jika Anda menjual emas perhiasan kembali ke toko, maka toko hanya melihat emas yang anda miliki, sedangkan nilai-lain seperti design/seni ongkos pembuatan tidak diperhitungkan lagi. Dengan demikian nilai kembalian/purna jual (buy back) sangat rendah.Bagaimana dengan emas batangan? Tentu saja emas batangan tidak membutuhkan biaya desain. Karena pada dasarnya bentuk emas batangan hanya berbentuk seperti batang, tidak seperti emas perhiasan dengan macam-macam bentuk sehingga tidak diperlukan biaya pengerjaan dan lainnya. Maka dari itu, emas batangan memiliki harga yang cenderung mendekati harga emas sesungguhnya. Perlu diketahui, emas batangan juga mempunyai beberapa jenis kadar, 94%, 98%, 99%. Jadi emas batangan tidak selalu 99% seperti perkiraan banyak orang, banyak pula emas batangan yang mempunyai kadar dibawahnya. Untuk memudahkan penyebutan,biasanya di pasar emas, untuk emas dengan kadar 99% disebut dengan emas LONDON sedangkan selain itu disebut emas LOCAL. Dengan demikian pada saat anda menjual emas batangan kembali, maka yang anda dapatkan benar-benar harga beli emas itu sendiri.
Dari penjelasan di atas, Anda harusnya dapat mengambil kesimpulan tentang emas mana yang cocok bagi Anda untuk dijadikan bahan investasi. Apapun bentuk dan model emas tidak menentukan harga beli emas karena harga beli emas yang dilihat adalah berat dan kadarnya. Anda tentu saat melakukan investasi emas, pasti kemudian disimpan entah disimpan di dalam lemari, kasur, bank dan sebagainya, sehingga tidak diperlukan keindahan bentuk emas di dalam mekanisme investasi. Kecuali emas untuk fashion maka perlu emas itu dipertontonkan keindahannya. Pernahkah anda menjumpai investasi emas yang dipertontonkan?Yang jelas, parilah tempat dimana menjual emas batangan dengan harga jual yang sesuai dengan harga jual pasar emas dan sesuai dengan budget anda dan tempat purna jual/beli kembali yang memberikan harga beli yang tinggi sesuai dengan harga beli pasar emas. Dan pastikan Anda tidak tertipu dengan iming-iming yang tidak jelas.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *