Emas Batangan vs Dinar

Tags:

Jika seseorang baru saja berniat menginvestasikan sebagian uangnya dan memilih emas sebagai salah satu instrumen dalam kegiatan investasi tersebut, biasanya memilih emas batangan. Selain lebih gampang didapat, emas batangan ini juga lebih gampang dijual kembali karena memang tersedia di berbagai tempat. Emas batangan juga lebih gampang bahkan bisa dibilang paling gampang untuk dimengerti, bahkan untuk seorang yang baru terjun ke dunia investasi. Dan para pakar investasi pun menyarankan pemula untuk terjun ke dunia investasi melalui emas.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk berinvestasi emas, tidak hanya emas batangan, tapi juga bisa melalui jenis emas-emas lainnya. Misalnya emas dalam bentuk dinar dimana dinar ini merupakan emas yang diproduksi PT Antam dalam bentuk koin. Maka dari itu, pada dasarnya emas batangan dan dinar sama-sama diproduksi oleh Antam dan sama-sama memiliki kekuatan sertifikat yang diakui dunia internasional.

Meskipun berbeda dalam hal bentuk, keduanya terbuat dari emas dan seperti yang diketahui emas memiliki sifat dimana akan mengalami peningkatan nilai dalam jangka waktu yang semakin lama. Namun, tentu saja kedua jenis emas ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang patut dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di salah satunya.

Plus Minus Emas Batangan

Emas batangan, dilihat dari bentuknya saja memiliki bentuk berupa batang. Yang berarti emas jenis ini cocok untuk disimpan saja, bukan untuk dipakai seperti emas perhiasan. Maka dari itu, emas batangan ini menjadi bebas pajak, terutama Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Salah satu alasannya adalah emas batangan ini tidak dianggap perhiasan tetapi sebagai komoditi.

Biaya pemeliharaan dari emas batangan ini pun lebih rendah dibanding emas perhiasan. Bentuknya pula yang memudahkan emas batangan ini menjadi mudah untuk dipelihara setiap harinya. Berbeda dengan emas perhiasan yang bentuknya kompleks dengan berbagai macam hiasan yang mempercantik emas tersebut. Kemudian, emas perhiasan yang sering digunakan membuatnya rentan terhadap kerusakan sehingga jelas, biaya pemeliharaannya lebih tinggi.

Emas batangan, memang ada yang mengharuskan konsumen membayar biaya cetak. Tapi hanya berlaku bagi emas dengan ukuran 5-50 gram. Sedangkan emas yang berukuran 100 gram keatas dibebaskan biaya cetaknya.

Emas batangan sangat populer, sehingga gampang didapat dimana saja. Toko emas sudah pasti, Anda pun bisa menemuinya di beberapa bank, pegadaian dan tempat lainnya. Melakukan jual beli/transaksi antar perorangan-pun jika sudah terpercaya tetap dapat dilakukan. Terkadang ada pula organisasi yang menyediakan tempat untuk menukar/sharing tentang emas batangan karena kepopulerannya itu.Emas batangan dengan kepopulerannya tersebut membuatnya menjadi salah satu benda yang liquid dimana Anda bisa menukarkan emas tersebut menjadi sejumlah uang ketika memang dibutuhkan sejumlah uang.

Plus Minus Dinar

Nilai jual kembali dinar emas lebih tinggi, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi investor emas. Dimana ada perbedaan sekitar 4% dari harga Anda ketika membeli. Dinar, sama seperti emas batangan, juga bisa digadaikan di pegadaian.

Tidak seperti emas batangan yang dianggap komoditi, dinar ini dianggap emas perhiasan sehingga ada pajak pertambahan nilai yang biasanya bernilai 10%. Selain pajak tersebut, dinar ini juga dikenakan biaya cetak sehingga harganya akan sedikit lebih tinggi dibanding harga jual emas yang berlaku, biaya tersebut biasanya berkisar antara 3-5%.

Tidak seperti emas batangan yang gampang didapatkan, dinar ini agak sulit didapat. Karena tidak semua toko emas menjual dinar. Apalagi perusahaan lain seperti bank/pegadaian. Dinar ini hanya bisa didapat di outlet-outlet tertentu.

Kesulitan mendapat dinar tersebut membuat perputaran dinarpun tidak semudah perputaran emas batangan, dimana emas batangan bisa dijual/ditukar kapan saja karena memang populer.

Akan bisa dengan mudah jual/tukar menukar dinar kepada orang sesama pengguna dinar yang biasanya berkumpul dalam satu komunitas yang berkecimpung di dunia dinar emas. Dimana komunitas tersebut biasanya menyediakan dinar dan bersedia menukarkan uangnya dengan dinar yang Anda miliki.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *