Desain Toko Sembako

Usaha toko sembako merupakan usaha yang cukup diminati oleh banyak orang, tidak hanya orang yang memiliki modal besar saja namun bagi anda yang memiliki modal kecilpun bisa membangun usaha toko sembako. Semakin lama usaha dagang kecil-kecilan yakni toko sembako semakin menjamur di berbagai daerah. Sembako merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang, oleh karena itu jika anda membangun sebuah toko sembako maka anda harus konsisten terhadap jam bukanya. Anda tidak bisa membuka toko anda seenaknya sendiri, karena itu akan mengecewakan pelanggan anda.

Usaha Dagang

Untuk membuka toko sembako carilah tempat yang mudah dijangkau banyak orang. Akan tetapi jika anda tidak memiliki banyak modal untuk sewa tempat, anda bisa menggunakan garasi rumah anda atau salah satu ruang kosong yang ada di rumah bagian depan agar terlihat semua orang. Atur tempat yang telah tersedia dengan rapi dan jaga kebersihanya.

Untuk penataan dagangan seperti beras, usahakan berada didepan sehingga orang mudah menjangkau jika mau melihat kualitas beras tersebut. Begitu juga untuk barang yang lain. Usahakan semua barang yang anda jual terlihat semuanya. Gunakan tali untuk menggantung barang dagangan anda yang berupa rentengan. Ini bertujuan agar pembeli mudah melihat barang yang diinginkannya.

Sumber:http://www.seputaraceh.com

Sumber:http://www.seputaraceh.com

Usahakan mengatur dagangan anda sesuai dengan jenisnya, hal ini akan memudahkan anda dalam mengambilkan barang untuk konsumen. Barang juga akan terkesan rapi apabila dikelompokkan berdasarkan jenis barang. Barang dagangan yang anda jual harus diletakkan menghadap kedepan sehingga merk dan gambar mudah dilihat oleh pembeli. Pisahkan barang dagangan berupa makanan, minuman dan sabun agar tidak terkontaminasi.

Isikan barang dagangan anda di etalase bagian depan terlebih dahulu agar dagangan anda terkesan banyak dan penuh. Jika ingin lebih menarik lagi, anda bisa menggunakan bagian depan toko anda untuk menaruh dagangan. Akan tetapi tetap jaga keamanannya agar barang dagangan anda tidak hilang sehingga anda tidak akan mengalami kerugian.

Aturlah pencahayaan dengan tepat, jika ada pembeli yang berbelanja di malam hari anda tidak akan kesusahan mencari barang yang diinginkan pembeli. Jika perlu buatlah spanduk, spanduk yang anda buat ini selain sebagai promosi juga berfungsi menghalau cahaya matahari supaya tidak langsung menyinari dagangan anda saat siang hari, sehingga dagangan anda aman dan tidak mudah rusak. Usahakan membungkus barang dagangan dengan rapi supaya pembeli tidak takut barangnya nanti akan rusak di perjalanan. Sediakan fasilitas kursi di depan toko supaya jika banyak pembeli bisa duduk sambil menunggu antrian.

Usahakan selalu bersikap ramah kepada calon pembeli anda. Mungkin terkadang anda akan mendapatkan pembeli yang cerewet dan susah dilayani, akan tetapi anda harus tetap tersenyum dengan sabar supaya pembeli anda merasa sangat dihargai dan diperlakukan sebagai raja. Karena memang pembeli adalah raja.

Untuk mempertahankan pembeli anda supaya tetap membeli di toko anda dengan setia, usahakan memberikan bingkisan menjelang hari raya atau hari-hari tertentu sehingga pelanggan anda akan senang dan terus membeli di toko sembako anda. Untuk anda yang berniat membuka usaha toko sembako semoga tips diatas bisa membantu anda. jika anda membuka sebuah usaha, pastikan untuk melakukan dengan serius. Meskipun toko sembako merupakan sebuah usaha sampingan namun anda harus tetap mengerjakannya dengan serius supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika anda bisa membikin kue anda juga bisa menjajakan kue anda di toko anda sendiri lho dan pastinya anda akan mendapat penghasilan tambahan lagi. Selamat berwirausaha..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *