Desain Toko Kelontong

Untuk anda para ibu yang ingin menambah penghasilan tanpa keluar dari rumah anda bisa mulai membangun toko kelontong di depan rumah anda. Tak perlu tempat yang luas, jika anda mempunyai ruangan kosong 2 meter saja sudah cukup untuk membuka toko kelontong. Atau jika anda memiliki garasi dirumah, anda bisa memanfaatkan garasi tersebut untuk sementara waktu sambil menunggu modal untuk membangun toko kelontong yang lebih layak. Toko kelontong merupakan toko kecil yang berada dijalan ramai atau perumahan yang padat. Kebanyakan toko kelontong bersifat tradisional yaitu tidak bisa mengambil sendiri atau diambilkan oleh penjaga tokonya, kerena tempatnya yang sempit dan terbatas.

Toko Kelontong

Jika sudah tersedia tempat yang memadai, maka selanjutnya anda hanya perlu menyiapkan etalase dan tali untuk mendisplay barang dagangan anda. Tapi yang paling penting siapkan modal yang cukup. Untuk toko kelontong anda tidak membutuhkan modal yang besar, modal bisa sambil dicari dengan berjalannya toko. Anda bisa membeli barang yang kira-kira sering dibutuhkan oleh orang, sampai kemudian jika modal bertambah anda bisa menambah jumlah dan jenis barang dagangan anda.

Untuk desain toko kelontong sendiri tak perlu yang ribet. Cukup sederhana saja namun usahakan untuk tetap terlihat menarik dan rapi. Jika anda akan memulai membuka toko kelontong yang paling penting harus ada etalase setidaknya satu yang agak besar dan satu kecil ditaruh diatas meja untuk tempat rokok.

Sumber: http://assets-a2.kompasiana.com/

Sumber: http://assets-a2.kompasiana.com/

Bila anda tidak memiliki etalase anda juga masih bisa berjualan dengan cara menyiapkan meja dan buatlah rak sederhana untuk menjajakan dagangan anda. Tatalah barang dagangan anda dengan bersih dan rapi. Usahakan semua barang dagangan anda terlihat sehingga menarik perhatian pembeli. Jangan lupa untuk mengelompokkan barang dagangan anda berdasarkan jenisnya supaya tidak terkontaminasi dengan barang lain.

Anda bisa menambahkan kursi didepan untuk duduk para pembeli yang antri agar pembeli nyaman saat berbelannja di toko anda. Jika perlu anda bisa memasang spanduk, spanduk berguna untuk melindungi barang dagangan anda yang terkena sinar matahari langsung agar tidak rusak. Untuk dangangan yang berupa rentengan anda bisa memasang tali diatas bagian depan dan menggantungkan barang dagangan anda disana. Anda juga bisa menambahkan paku-paku untuk menggantungkan dagangan anda bila gantungan tali masih tidak cukup. Usakan memilih dagangan yang sering dibeli saja. Jaga dangangan anda, periksa jangan sampai ada yang melewati tanggal kadaluarsa yang tertera.

Jika anda sudah membuka toko anda, usahakan jam buka tetap jangan kadang buka kadang tutup. Itu akan mengecewakan pelanggan anda dan bisa saja pelanggan anda akan pergi mencari toko yang lain. Bersikaplah ramah terhadap pembeli, akan tetapi jika pembeli antri jangan mengobrol dengan pembeli terlalu lama karena bisa jadi pembeli lain akan bosan menunggu dan berakhir tidak akan jadi membeli.

Untuk dapat mempertahankan pelanggan, usahakan jangan terlalu banyak mengambil keuntungan. Ambilah sedikit keuntungan akan tetapi banyak pembeli, hal itu bisa menyiasati keuntungan lebih besar. Pada dasarnya pembeli lebih tertarik dengan harga yang relatif murah. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, usahakan mencari barang sendiri, meskipun ada jasa antar yang disediakan oleh produsen. Usahakan untuk selau jujur, meski barang dagangan anda catat jangan ditutupi dari pembeli supaya pembeli anda tidak kecewa menerima barang yang sudah cacat. Jikapun pembeli tersebut tidak jadi membeli maka lain kali masih bisa kembali lagi.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *