Dapatkan Manfaat Asuransi dengan Optimal

Asuransi pasti bukanlah barang baru bagi anda. Selama ini kita mengenal dan menggunakan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan sebagainya. Intinya segala hal yang punya risiko rusak atau hilang bisa kita lindungi dengan mengikutkannya pada asuransi. Bahkan berbagai media massa memberitakan kalau klub bola Real Madrid mengasuransikan kaki pemain bintang Christiano Ronaldo sebesar 100 juta Euro atau sekitar Rp 1,4 triliun. Sangat fantastis bukan? Tentu saja klub tidak akan mengeluarkan dana sebesar itu kalau mereka tidak melihat manfaat yang bisa didapatkan.

Nah, secara umum, apa saja manfaat asuransi yang bisa kita dapatkan?

:: Asuransi Memberikan Perlindungan

Ini adalah manfaat asuransi pertama yang bisa kita dapatkan. Ibaratnya sebuah payung, ketika membayar asuransi itu kita mencicil untuk membeli payung. Mungkin payung itu tidak kita gunakan ketika ada di rumah dan cuaca sedang baik. Namun ketika anda bepergian jalan kaki dan tiba-tiba datang hujan, payung itu berguna melindungi kita dari tetes hujan ataupun sengat matahari. Dengan manfaat perlindungan yang bisa kita dapatkan seperti ini, hal yang akan kita capai adalah ketenangan hidup. Bukankah hidup dengan hati yang tenang adalah dambaan bagi setiap orang? Lagipula dengan hidup yang tenang itu kita bisa lalu melakukan lebih banyak hal yang menarik untuk dilakukan karena kita merasa terlindungi.

Perlindungan asuransi yang membuat kita merasa tenang ini terwujud ketika misalnya kita menderita sakit dan harus berobat. Untuk sebagian orang yang belum memiliki asuransi kesehatan, misalnya, dia akan harus merogoh saku lebih dalam lagi untuk mengeluarkan sejumlah dana berobat. Padahal mungkin bersamaan dengan itu sebenarnya ada kebutuhan lain lagi yang harus segera dipenuhi. Bagi mereka yang punya asuransi kesehatan, mereka akan lebih tenang menghadapi sakitnya. Dengan uang premi yang mereka bayarkan secara per bulan, perusahaan asuransi biasanya akan menanggung biaya keseluruhan atau sebagian dari proses pengobatan dirinya, tergantung kesepakatan yang sudah dilakukan. Artinya, mereka tidak harus dalam-dalam merogoh saku mereka demi pengobatan. Istilahnya biaya berobat ini sudah dibayarkan sejak dulu melalui premi tersebut.

:: Asuransi Membantu Kita Mengelola Finansial

Mengikuti asuransi mengharuskan kita membayar premi setiap bulan atau jangka waktu tertentu. Itu berarti kita harus mengeluarkan sejumlah uang lebih dalam jangka waktu tertentu. Bagaimana hal tersebut bisa membantu kita mengelola kondisi finansial kita? Pengelolaan finansial atau keuangan tersebut bisa kita bagi menjadi dua hal besar, yaitu pengeluaran dan pemasukan. Seringkali pola pikir yang dimiliki sebagian dari kita adalah ketika mendapatkan pemasukan, kita gunakan uang itu untuk memenuhi kebutuhan hidup terlebih dahulu, baru sebagian sisanya ditabung atau diinvestasikan. Padahal para pakar keuangan menyarankan hal yang sebaliknya, ketika mendapatkan pemasukan, terlebih dahulu sisihkan uang untuk ditabung dan /atau diinvestasikan, baru sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup anda.

Memiliki asuransi yang harus kita bayar preminya dalam jangka waktu tertentu adalah kegiatan yang bagus untuk mengelola keuangan kita. Seringkali premi yang harus dibayarkan itu memang besar, seiring dengan besarnya perlindungan yang kita dapatkan. Karena nilainya yang besar itulah tanpa sadar kita diminta untuk benar-benar cermat mengelola pengeluaran kita, mengevaluasi gaya hidup kita, merefleksikan betul apakah uang yang kita belanjakan itu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan semata, dan sebagainya. Selain soal mengatur pengeluaran, asuransi juga akan membuat status keuangan kita tidak goyah ketika kita mengalami musibah yang memerlukan dana besar. Kalau tidak semuanya, ya sebagian dana itu akan ditanggung oleh pihak asuransi. Ketika kita tidak terlalu besar mengeluarkan uang dalam sekali waktu tanpa direncanakan, itu artinya kita bisa mengelola keuangan dengan baik.

:: Asuransi Meminimalisir Kerugian yang Anda Alami

Manfaat yang ketiga ini mirip dengan manfaat yang pertama. Kalau yang pertama itu lebih kepada perlindungan yang membuat hidup anda menjadi lebih tenang, manfaat ketiga ini lebih kepada aspek finansial. Kita tentu tidak mengharapkan cobaan berat menimpa hidup kita. Namun ada yang lebih tidak kita harapkan lagi: ketika cobaan berupa musibah itu datang, kita tidak punya persiapan apa-apa. Asuransi adalah suatu bentuk kita untuk mempersiapkan kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan tersebut. Karena bagaimanapun, setiap aktivitas yang kita lakukan pasti memiliki risiko. Beruntunglah kita kalau risiko yang ditanggung itu kecil, tapi bagaimana dengan risiko yang besar? Apakah kita lalu tidak melakukan apapun? Tentu kita tidak begitu.

Salah satu contoh sederhana adalah berkendara di jalan raya. Mau tidak mau, kita harus bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan aktivitas kita sehari-hari. Entah itu ke pasar, ke sekolah, kantor, tempat ibadah, mengunjungi keluarga, dan sebagainya. Risiko kecelakaan itu selalu ada di sekeliling kendaraan kita tiap kali kita bergerak. Kalau suatu saat terjadi kecelakaan, kita bisa meminimalisir risiko kerugian itu karena menggunakan asuransi. Misalnya, karena melakukan pengereman mendadak, mobil kita ditabrak dari belakang dan dan bumper kita harus ganti. Dengan asuransi kendaraan yang kita miliki, kerugian yang kita bayarkan tidak akan banyak atau bahkan semuanya ditanggung perusahaan asuransi. Coba bayangkan kalau kita tidak mengasuransikan kendaraan kita.

:: Asuransi Sekaligus Menabung

Ketika kita mengasuransikan apa yang kita miliki, secara berkala kita membayarkan sejumlah premi kepada perusahaan asuransi. Ketika terjadi sesuatu, kita bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi untuk mengeluarkan sejumlah biaya tertentu untuk menanggung. Lantas bagaimana kalau hingga batas periode asuransi itu kita tidak pernah mengklaim satu kali pun? Tentu kita bisa menarik kembali dana tersebut. Biasanya ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi kalau kita ingin menarik dana tersebut, misalnya, kita belum pernah mengajukan klaim, dan aturan-aturan lain. Inilah yang lalu disebut dengan ‘menabung’ karena mirip dengan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dan akan diambil nanti pada waktunya.

Hal yang kita bahas ini kan asuransi sekaligus menabung, tapi ada pengertian lain yang memandang sebaliknya: menabung sekaligus mendapatkan proteksi. Saat ini sudah ada banyak perusahaan keuangan dan bank yang menawarkan produk ini kepada pelanggan. Menurut informasi yang beredar, masyarakat saat ini tidak begitu berminat pada fungsi asuransi yang hanya menawarkan asuransi saja. “Selain perlindungan, saya bisa mendapatkan keuntungan apa lagi?” kira-kira nada seperti itu yang mereka tanyakan. Maka pilihan untuk menabung sekaligus mendapatkan fungsi proteksi menjadi pilihan yang paling menarik. Asuransi di sebagian orang bukanlah produk yang menarik karena sering muncul cerita-cerita kesulitan klaim, tidak bisa menarik dana kembali, hingga sales asuransi yang pergi tanpa jejak membawa uang nasabah.

:: Asuransi Sekaligus Investasi

Selain asuransi digabungkan dengan menabung, ada juga kombinasi antara asuransi sekaligus investasi. Kalau manfaat sebelumnya adalah menabung atau menyimpan, manfaat ini benar-benar sebuah investasi dalam arti nasabah akan mendapatkan return berdasarkan nilai investasi dan jenis investasi yang mereka pilih. Asuransi jenis ini populer dengan sebutan asuransi unit link. Menurut informasi yang beredar, asuransi jenis ini mulai berkembang di Indonesia dan populer sejak sekitar tujuh tahun yang lalu. Dengan asuransi ini selain anda membayar premi asuransi secara berkala, anda juga bisa berinvestasi pada jenis yang boleh anda pilih. Misalnya, anda boleh memilih untuk berinvestasi pada reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, dan sejumlah bentuk investasi lainnya.

Baca: Menimbang-nimbang Asuransi Unit Link

Gagasan yang diusung dari asuransi ini adalah nasabah akan mendapatkan return sebesar investasi yang dipilih. Nanti return atau keuntungan tersebut akan digunakan untuk menutup biaya asuransi yang sebenarnya tidak banyak. Lantas mengapa diperlukan asuransi? Paling tidak jenis asuransi—investasi ini meminimalisir risiko pribadi kita sebagai seseorang yang aktif dan menjalankan kegiatan seperti biasanya. Sekadar informasi saja, banyak orang yang mengeluh karena tidak memahami konsep asuransi unit link seperti ini.

Dari sejumlah manfaat asuransi ini, apakah anda sudah merasakan semuanya? Atau hanya sebagian saja? Pada dasarnya kita memang harus menimbang dengan jelas produk keuangan apa saja yang harus kita miliki untuk menyelesaikan tujuan keuangan kita. Asuransi adalah salah satu dari banyak faktor yang mendukung, dengan memberi fungsi proteksi, kita untuk memiliki kekayaan sebanyak yang kita harapkan. Jangan berhenti pada informasi dari ini saja, tetaplah membaca dan bertanya kepada orang yang anda anggap lebih mengerti. Semoga tujuan keuangan anda segera tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *