Contoh Marketing Plan

Marketing plan merupakan upaya perusahaan untuk memasarkan produk agar mampu diterima pasar dengan baik. Marketing plan sendiri mencakup penetapan harga, kebijakan jaminan, taktik penjualan, distribusi hingga iklan dan promosi.  Apabila perusahaan anda memiliki segmentasi tertentu maka marketing plan anda juga harus jelas. Marketing plan dibuat akan mampu memenuhi tujuan strategis jangka panjang. Selain itu marketing plan juga memiliki manfaat dan tujuan sebagai berikut :

  1. Digunakan untuk saling berkoordinasi antar departemen
  2. Peningkatan penjualan yang diinginkan
  3. Menyesuaikan ukuran bisnis dan lingkup produk ataupun pasar
  4. Mampu meningkatkan komunikasi serta memperluas jaringan kerja yang lebih luas
  5. Mengurangi konflik dan meningkatkan manajemen perusahaan lebih baik lagi

Marketing Plan VS Marketing Strategy

Walau sama – sama berada dalam departemen pemasaran namun keduanya memiliki perbedaan yang jarang disorot public. Marketing plan dan marketing strategy tentu saja saling berhubungan erat sehingga banyak yang mengira keduanya hal yang sama. Untuk itu sebelum mempelajari marketing plan lebih dalam ada baiknya anda mengenal perbedaan antara keduanya.

Baca Juga:

  • Menurut Definisinya

Jika dilihat berdasarkan definisi keduanya tentu anda bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan.  Marketing strategy  ialah strategi yang digunakan untuk memasarkan produk yang  tujukan ke pelanggan. Marketing plan sendiri merupakan upaya bagaimana anda mencapai tujuan dari pemasaran itu sendiri. Bisa dibilang marketing strategy berfungsi untuk mengenalkan produk ke segmen pasar baru. Marketing plan mengembangkan dan mengidentifikasi serta focus terhadap kampanye pemasaran.

  • Berdasarkan Siklusnya

Dalam urutan siklusnya dimulai dari marketing strategy dahulu kemudian marketing plan lalu implementasinya. Gambaran ini menunjukkan anda tak bisa memulai marketing plan tanpa memulai marketing strategy terlebih dahulu. Marketing strategy juga tak bisa diimplementasikan tanpa anda marketing plan.

  • Komponen Keduanya

Jika dilihat dari komponennya juga ada perbedaan antara keduanya. Untuk marketing strategy terdiri dari segmenting, targeting, marketing, market entry strategy dan timing strategy. Marketing plan sendiri terdiri atas ringkasan eksekutif, tantangan, analisis situasi, pelanggan, pesaing, 4P dan ringkasan.

Langkah Marketing Plan

Adanya marketing plan mampu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan  cara kerja karyawan anda. Untuk membuat marketing plan yang sempurna anda perlu mengikuti  tahapan – tahapan berikut ini :

Sumber : https://cdn.businesstown.com

Tentukan Target Pasarnya

Marketing plan menuntut anda mengetahui akan garis besar perusahaan dan produk yang anda hasilkan. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat marketing plan ialah menentukan pasar mana yang anda tuju. Semakin detail informasi terkait target customer anda maka akan semakin mudah pula produk yang akan ditawarkan diterima pasar.

Tetapkan Harga dan Distribusinya

Setelah segmentasi pasarnya jelas kini anda perlu beralih pada strategi harga dan distribusi. Menetapkan harga bukanlah perkara mudah jika terlalu rendah  dapat menimbulkan pertanyaan dikalangan konsumen apakah produk anda berkualitas atau tidak. Jika terlalu tinggi harganya maka konsumenpun tak mampu membelinya. Disinilah anda perlu menentukan positioning atas produk yang anda tawarkan. Ini artinya anda perlu menampilkan keunikan atau kelebihan produk yang anda  miliki dibanding produk sejenis lainnya.

Selain harga bagaimana distribusi barang tersebut hingga ke tangan konsumen juga menjadi pertimbangan penting dalam marketing plan.  Untuk itulah buatlah alur distribusi atau logistic sejelas mungkin dan hubungi distributor terpercaya yang anda miliki.

Susun Strategi Promosi

Jika persiapan produksi dan distribusi sudah siap kini waktunya untuk menyusun strategi promosi. Strategi promosi bisa mencakup promosi online maupun offline ataupun menggunakan keduanya secara bersamaan. Untuk strategi promosi secara offline bisa melalui iklan di TV, radio hingga media cetak. Untuk promosi online memang sangat diminati sebab mampu menekan biaya pemasaran seefisien mungkin.  Selain menggunakan social media bisa juga memakai strategi search engine optimation atau endorse yang sedang tren saat ini.

Refferal Strategy VS Conversation Strategy

Dalam dunia marketing terdapat beberapa strategi yang mampu meningkatkan penjualan. Beberapa diantaranya ialah referral strategy ataupun conversation strategy. Untuk referral strategy umumnya berupa penawaran khusus ataupun giveaway untuk menjaring konsumen setia. Conversation strategy lebih merujuk kepada kalimat dalam brosur yang dibuat lebih persuasive sehingga konsumenpun mulai terajak untuk membeli produk anda.

Partnership dan Retention Strategy

Dalam berbisnis menjalin kerja sama itu merupakan bagian dari marketing plan. Salah satu contohnya saja kerja sama pihak dealer mobil dan  perusahaan asuransi yang saling menguntungkan. Anda juga bisa menerapkan kerja sama seperti ini dengan perusahaan yang produknya memiliki keterkaitan dengan produk anda.  Untuk mempertahankan pelanggan anda maka jangan lupa untuk mengaplikasikan retention strategy. Anda bisa mengirimkan newsletter setiap bulannya ke email pelanggan anda atau voucher belanja untuk menarik pelanggan berkunjung ke website anda.

Budgeting Itu Juga Penting

Dalam marketing plan aspek keuangan juga amat penting dan diperhitungkan dalam setiap pergerakan produk.  Walau perincian keuangan yang anda buat tidak selamanya tepat namun adanya rincian rencana keuangan ini akan mampu membantu anda mengestimasi berapa keuntungan yang didapatkan.

Contoh Marketing Plan

Untuk setiap jenis bisnis tentu memiliki perbedaan dalam marketing plannya. Berikut ini ada beberapa contoh marketing plan berdasarkan jenis bisnisnya yang bisa anda aplikasikan dalam bisnis anda.

Bisnis Properti

Penduduk Indonesia yang semakin bertambah mendorong kebutuhan hunian semakin tinggi.  Bagi anda yang memiliki modal besar dan sedang dianggurkan tentu memulai bisnis property bisa menjadi pilihan. Sayangnya menurut data  Australian Bureau of Statistics hanya sekitar 9 % investor saja yang mampu mengelola tiga property sekaligus. Kegagalan bisnis property ini ditengarai gagalnya mengatasi hambatan cash flow. Kurangnya pengalaman dan tersendat modal serta tidak realistis dalam melihat investasi yang dimiliki. Nah berikut beberapa contoh marketing plan yang biasa dipilih untuk mencegah kegagalan pemasaran produk dibidang property.

Uang Muka 0%

Dalam membeli sebuah property tentu saja banyak yang mengeluhkan tingginya uang muka yang harus dibayarkan. Umumnya pihak bank menetapkan uang muka sebesar 20 %. Nah, inilah kesempatan anda untuk menarik konsumen lebih banyak dengan menetapkan uang muka jauh lebih murah. Anda bisa mensyaratkan uang muka sebesar 10 % atau bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang kini mengakomodasi pembelian kredit perumahan yang murah meriah.

Cash Back

Satu lagi strategi marketing yang bikin usaha property anda kian ramai dikunjungi para konsumen yakni cash back. Cash back ada yang bersfat uang tunai dan ada pula yang berupa manfaat jasa. Manfaat jasa diantaranya ialah pembebasan biaya listrik, air dan telepon dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan jumlah konsumen lebih banyak dan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan anda atas fasilitas yang ditawarkan.

Diskon

Mau jenis bisnis apapun sepertinya tak pernah lepas dengan marketing plan berupa diskon. Potongan harga memang snagat menarik sebab dari sisi sudut pandang pelanggan adanya diskon mampu membuat mereka lebih hemat dalam belanja. Begitu pula jika anda sedang membeli sebuat property, adanya diskon akan menambah nilai plus pada usaha anda.

Subsidi Bunga KPR

Anda juga bisa menetapkan subsidi bunga KPR yang nantinya akan dipotongkan langsung oleh pihak bank. Saat ini suku bunga KPR bisa mencapai angka 10 % anda bisa menurunkannya sedikit sekitar 7 % untuk langkah awal strategi pemasaran. Menjaring konsumen baru memang penting namun jangan lupa anda juga perlu membuat pelanggan baru tersebut menjadi pelanggan setia anda.

Bisnis Fashion

Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar tak pelak membuat industry fashion juga berkembang. Fashion hijab pun menjadi primadona di tanah air. Selain itu banyak pula masyarakat dengan latar belakang berbeda – beda mulai dari ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran berbong – bonding menjadi reseller.tentunya bagi pebisnis dibidang fashion perlu menetapkan marketing plan agar produk mereka diterima dipasaran.

Diskon Langsung dan Bonus Belanja

Sophie martin menjadi salah satu brand ternama yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Produk – produknya dinilai berkualitas serta kerap memberikan banyak diskon. Ada pula bonus belanja bagi para membernya. Tak heran jika Sopie Martin bisa menjadi salah satu perusahaan yang cukup disegani di bidang bisnis.

Endorse

Satu lagi marketing plan dibidang fashion yang saying untuk anda lewatkan yakni endorse. Endorse berkembang beriringan dengan minat masyarakat dunia akan jejaring social yang ada. Para selebgram atau artis papan atas yang mengendorse produk anda juga secara tidak langsung merupakan pencitraan dari produk anda sendiri. Follower para tokoh kenamaan ini juga mempengaruhi penjualan produk yang diendorse.

Live Event

Promosi melalui jalur online itu memang penting namun anda juga tak bisa mengesampingkan promosi secara offline. Untuk memperkenalan brand fashion anda ada baiknya untuk mengadakan live events. Peragaan busana atau sering ikut dalam ajang fashion week tentu akan membuat brand anda mudah dikenali. Anda juga bisa mengadakan ajang kompetisi dibidang desain baju maupun modeling yang masih berkaitan dengan produk anda.

Making Trend

Anda juga dituntut untuk membuat trend tersendiri agar mampu bersaing dengan brand fashion lainnya. Tak ada salahnya merekrut beberapa stylist dan fotografer untuk mendapatkan foto out of the box. Anda juga bisa mensponsori beberapa artis drama maupun film.Jangan takut untuk bereksperimen dengan beragam bahan kain ataupun model. Desain pakaian juga bisa terinspirasi dari masa lalu, Untuk tanggal tertentu anda juga bisa menampilkan konsep baru. Contohnya saja untuk hari Kartini ataupun hari batik bisa memamerkan koleksi bernuansa batik nusantara.

Didik CS

Tahukah anda bahwasahnya karyawan juga bisa menjadi kunci bisnis anda. Tak ada yang bisa mengalahkan kepuasan pelanggan sehingga penting untuk meningkatkan pelayanan kepada mereka. Peningkatan pelayanan tentu melalui karyawan anda yang berkomunikasi secara langsung dengan para konsumen. Para customer service anda haruslah karyawan yang benar-benar mampu menangani saran, kritik dan pertanyaan pelanggan anda. Karyawan juga merupakan bagian dari reputasi perusahaan anda sehingga perlu adanya training untuk mengembangkan diri mereka.

Making Community

Untuk mendongkrak pemasaran anda juga bisa dengan membentuk komunitas. Komunitas ini bisa bersifat permanen atau hanya pada hari tertentu saja. Untuk komunitas permanen anda bisa membuat fanspage di jejaring social Facebook. Untuk komunitas yang bersifatnya incidental bisa menggunakan hashtag di twitter ataupun ig. Sebagai contoh anda bisa memakai  #IWILLWHATIWANT sebagai salah satu slogan branding.

Bisnis Pariwisata

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman dan kepulauan. Tak heran bila beberapa destinasi wisata menjadi salah satu alasan mengapa anda perlu datang ke Indonesia. Bisnis dibidang pariwisata ini juga amat menjamur seperti jika anda berkunjung ke Bali. Mulai dari hotel hingga travel agensi bertebaran diberbagai kota di Indonesia.  Tingginya persaingan tentu saja membuat perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata perlu mencanangkan marketing plan terbaik mereka.

Petualangan Rombongan

Bisnis pariwisata merupakan jenis bisnis yang mudah sekali berganti. Untuk itu penting bagi anda untuk mengikuti ren. Menurut sebuah penelitian kegiatan liburan yang paling mendominasi ialah camping dan hiking. Ini artinya berwisata secara rombongan amat diminati. Menurut data AS 147 juta orang Amerika Serikat pernah melakukan perjalanan petualangan. Ada baiknya anda memberikan special harga untuk paket rombongan atau menyediakan paket liburan yang bisa dinikmati banyak orang.

Giveaway

Jika anda sering menyimak iklan berhadiah pasti kebanyakan menawarkan liburan gratis kepada pemenangnya. Anda juga bisa memberikan giveaway bagi pelanggan setia anda serta menarik beberapa pelanggan baru. Dengan adanya review dari pemenang giveaway anda juga bisa membentuk reputasi perusahaan anda lebih baik dimata masyarakat.

Paket Tour Yang Mampu Memacu Adrenalin

Paket liburan juga bisa berupa olahraga ekstrim yang mampu memacu adrenalin anda.  Anda bisa menawarkan paket liburan seperti bermain arum jeram, sky diving, snorkeling, diving, mountain bike. Paket olahraga ektrim ini tak hanya menantang para konsumen anda namun memberikan pengalaman liburan yang berbeda dengan agensi tour and travel lainnya.

Built Partner

Untuk membangun bisnis pariwisata tentu saja partner menjadi bagian penting dalam marketing plan anda. Beberapa obyek wisata biasanya bekerja sama dengan agen tour and travel ataupun para tukang becak maupun ojek untuk mengenalkan tempat wisata mereka. Alhasil beberapa tempat wisata menjadi lebih cepat dikenal public seperti halnya kampong cokelat yang ada di Blitar, Jawa Timur. Anda juga perlu mengupdate lokasi wisata anda pada google maps untuk membantu para wisatawan dengan mudah menemukan lokasinya.

Campaign

Untuk urusan campaign seperti anda perlu belajar dari Selandia Baru. Steven Dixon, Regional Manager South & South East Asia dari Tourism New Zealand memperkenalkan campaign 100% New Zealand.  Campaign ini bermakna bahwa para wisatawan akan diberikan pengalaman wisata yang hanya dapat dirasakan di Selandia Baru. Branding tourism New Zealand ini telah berlangsung hingga 16 tahun lamanya. Indonesia sendiri juga memiliki campaign pesona Indonesia yang cukup berhasil mendongkrak pariwisata tanah air.

Pada tahun 2016 saja Indonesia menempati urutan ke 50 untuk kategori pariwisata Dunia. Anda juga bisa turut mengenalkan campaign pariwisata dari perusahaan anda. Jangan lupa untuk membuat sebuah video ataupun blog review agar lebih menarik netizen.

Itulah tadi beberapa contoh marketing plan yang bisa anda jadikan rujukan. Apapun bisnis anda jika tidak anda dipromosikan dengan baik maka jangan harap untuk mendapatkan penjualan tinggi. Biaya operasional memang tak bisa dibilang sedikit sehingga di awal membuka bisnis anda rencanakan dengan matang. Adanya marketing plan dan marketing strategy yang matang bukan hanya untuk mencapai penjualan yang tinggi pada waktu itu saja namun berkelanjutan hingga di masa depan. Semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi bisnis anda kedepannya ya!

 

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *