Ciri-ciri Keuangan Bermasalah

Mengetahui ada yang salah dengan keuangan itu memang mengerikan. Tapi lebih parah lagi jika kenyataannya Anda memiliki masalah dalam keuangan, tetapi tidak menyadarinya. Dan semakin hari semakin memburuk sehingga pada puncaknya Anda membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan persoalan keuangan Anda dalam berbagai cara, dan cara yang paling umum adalah berhutang.

Berhutang itu memang sah-sah saja. Tapi jika tidak diperhatikan, maka akan berdampak negatif, sangat negatif terhadap perjalanan keuangan Anda. Dan jika tidak ditangani dengan baik sejak awal terlihatnya gejala-gejala dalam masalah keuangan, utang Anda pada akhirnya akan semakin menumpuk dan ditakutkan ketika keuangannya kacau, akan membuat kehidupan Anda juga kacau. Maka dari itu penting mengetahui ciri-ciri ketika keuangan sedang bermasalah. Lantas, berikut beberapa ciri untuk Anda ketahui sebagai ciri-ciri bahwa keuangan Anda bermasalah.

Tagihan yang tinggi

Tentu saja, ini merupakan ciri yang harusnya Anda ketahui bahwa keuangan Anda sedang dalam masalah terutama jika penghasilannya tidak setinggi penghasilannya. Keadaan ini ditunjukkan dengan adanya tagihan minimal bulanan mencapai 20% bahkan lebih dari penghasilan bersih. Tagihan itu belum termasuk sewa rumah atau cicilan KPR.

Pendapatan tidak cukup untuk membayar semua tagihan saat ini

Jika pendapatan tidak cukup untuk membayar utang, bagaimana dengan konsumsi Anda sehari-hari? Tentu saja keadaan ini menjadi ciri yang jelas bagi permasalahan keuangan Anda dan harus segera ditangani.

Aplikasi kredit ditolak

Jika pada suatu hari Anda membutuhkan pinjaman dan coba memasukan aplikasi kredit misalnya KTA pada bank tertentu dan ternyata ditolak, maka hal tersebut tentu masalah bagi Anda. Karena bank biasanya mengetahui catatan mengenai keadaan keuangan Anda. Dan jika bank sudah menolak berarti Anda menjadi salah seorang yang kreditnya tidak bisa dipercayai karena keadaan keuangan yang berantakan.

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan

Memiliki kartu kredit itu tentu saja seperti memiliki pisau. Jika pisau itu digunakan untuk memasak di dapur, tentu banyak manfaatnya. Namun jika digunakan untuk bermain-main tanpa tujuan penggunaan yang jelas bisa saja malah melukai diri Anda sendiri dan tentunya malah merugikan. Seperti halnya kartu kredit, jika Anda tidak mengontrol penggunaannya kartu kredit ini hanya akan membuat keuangan Anda bermasalah.Penggunaan kartu kredit ini bisa kita bagi kedalam beberapa bagian, diantaranya adalah :

Memiliki lebih dari tiga kartu kredit dan semuanya digunakan

Memilliki 3 kartu kredit seperti membuat ruang bagi Anda untuk bernapas lebih lega. Memang demikian, jika digunakan dengan baik dengan kontrol yang baik pula. Tapi ketika ketiganya digunakan dan tanpa sadar limit dari ketiga kartu kredit itu habis, maka Anda dalam masalah. Segera cari jalan keluar dan lunasi hutang kartu kredit Anda tersebut, semuanya. Karena seperti yang kita tahu, kartu kredit itu bunganya sangat mencekik. Apalagi tiga kartu.

Kartu kredit ditolak saat sedang membeli sesuatu karena pemakaiannya telah melebihi batas.

Berarti limit Anda sudah mencapai batas. Dan berarti pula Anda tidak mengetahui bahwa kartu kredit Anda telah mencapai limit. Segera ingat-ingat transaksi apa yang Anda buat, catat, identifikasi dan segera cari jalan keluar untuk melunasinya secepatya.

Menarik uang tunai dari salah satu kartu kredit untuk membayar kartu kredit yang lain.

Hal tersebut sepertinya biasa dilakukan oleh pengguna kartu kredit. Namun sebenarnya hal tersebut adalah ciri bahwa keuangan Anda sedang dalam masalah. Memang melegakan ketika bisa membayar tagihan yang sudah jatuh tempo, tapi jika diperhitungkan lebih seksama lagi, biaya yang Anda keluarkan untuk gali lubang tutup lubang menggunakan kartu kredit bisa Anda gunakan untuk jajan anak-anak.

Tidak tahu jumlah total pinjaman dan pemakaian kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit yang baik adalah ketika Anda mengontrolnya dengan baik seperti berapa jumlah pinjaman sehingga bisa diketahui bunga yang akan dikeluarkan jika dibayar tepat waktu dan berapa jika dibayar melebihi tanggal tempo. Ketika Anda tidak mengetahui jumlah tagihan Anda sendiri maka keuangan Anda sedang dalam masalah.

Punya tiga kartu kredit dan masih mengajukan aplikasi kartu kredit baru

Memiliki 3 kartu kredit untuk keuangan pribadi/keluarga kecil sudah terbilang banyak. Dan ketika Anda sudah memiliki 3 kartu kredit namun masih membutuhkan kartu kredit lain, maka keuangan Anda dalam masalah.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *