Cara Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon

Tagihan telepon merupakan pengeluaran rutin yang harus kita bayar setiap bulan agar layanan komunikasi melalui telepon tetap dapat digunakan. Seringkali tagihan telepon menjadi hal yang memusingkan baik bagi rumah tangga terlebih bagi perusahaan yang menggunakan telepon di hampir setiap kesempatan.

Menghemat Biaya Tagihan Telepon

Alih-alih berhemat keuangan, ternyata tagihan telepon justru “membengkak” dari waktu ke waktu. Lalu bagaimanakah cara untuk menghemat biaya tagihan telepon agar penghematan keuangan tetap dapat dilakukan?

1. Tetapkan anggaran telepon setiap bulan

Pertama-tama Anda harus menetapkan besarnya anggaran telepon yang dapat digunakan setiap bulan. Penetapan anggaran ini sangat penting, setidaknya Anda menjadi tahu batasannya agar pemakaian tidak melebihi kemampuan. Selain itu menetapkan anggaran telepon juga akan membantu perencanaan keuangan, sehingga Anda dapat menentukan alokasi yang tepat bagi pengeluaran-pengeluaran rutin yang harus Anda lakukan.

2. Pembatasan waktu bertelepon

Cara untuk menghemat biaya tagihan telepon selanjutnya adalah pembatasan waktu bertelepon. Tanpa disadari orang akan terlalu asyik berbicara di telepon dengan teman, keluarga atau rekan bisnis hingga lupa waktu. Inilah alasan bagi Anda untuk membatasi waktu bertelepon.

Misalnya dengan membuat telepon mati secara otomatis setiap 10 – 15 menit ketika digunakan berbicara. Pembatasan waktu ini sangat efektif bagi Anda yang memiliki sebuah perusahaan, untuk menghindari pemakaian telepon yang kurang penting sekaligus mengingatkan seluruh anggota perusahaan bahwa waktu adalah uang.

Baca Juga:

3. Gunakan sesuai kebutuhan

Bagi telepon rumah tangga, sebaiknya hindari pemakaian berlebihan yang diluar kebutuhan. Pakailah untuk hal-hal penting saja. Sekiranya hal tersebut tidak begitu penting, Anda bisa melakukannya melalui sms yang jauh lebih murah.

Begitu juga perusahaan, sebaiknya hindari menggunakan telepon untuk pemakaian pribadi diluar kepentingan perusahaan. Jika tidak terlalu urgent, Anda bisa menggunakan email atau sms dalam rangka penghematan. Pembatasan penggunaan ini akan berdampak baik pada penghitungan omzet dan keuntungan perusahaan yang diakibatkan biaya telepon setiap bulannya.

4. Periksa tagihan telepon dengan cermat

Memeriksa tagihan telepon dengan cermat adalah salah satu cara untuk menghemat biaya tagihan telepon. Terutama bagi perusahaan, hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui tujuan-tujuan telepon yang kurang penting dan mendeteksi mana karyawan yang sering menggunakan telepon berlebihan untuk tujuan pribadi.

5. Mengunci telepon menggunakan password

Salah satu cara ekstrem untuk menekan biaya pemakaian telepon adalah menguncinya dengan menggunakan password. Anda bisa menggunakan kode nomor atau password agar telepon tidak bisa digunakan tanpa sepengetahuan Anda. Cara lain yaitu dengan mengunci fisik telepon menggunakan gembok, sehingga pengguna tidak bisa menekan tombol telepon tanpa membuka dulu gemboknya.

Beritahukan dengan anggota keluarga untuk meminta password atau kunci gembok kepada Anda sebelum melakukan panggilan telepon. Cara ekstrem ini akan membantu membatasi dan mengawasi penggunaan telepon agar tidak melambung melebihi kemampuan.

6. Menggunakan sistem PABX

Cara terakhir untuk mengontrol biaya telepon adalah menggunakan sistem PABX. PABX atau singkatan dari Private Automatic Brach Exchange dan disebut juga switchboard yaitu sebuah sistem telepon yang umumnya digunakan untuk telepon internal kantor. Perangkat ini sejatinya adalah modem yang difungsikan untuk control station pusat.

Setiap kali ada telepon masuk, maka telepon akan diarahkan oleh sistem kepada masing-masing extension atau saluran ke tujuan yang tepat. PABX dapat digunakan untuk melakukan panggilan pada sesama karyawan di kantor. Selain menghemat pengeluaran, PABX juga hemat waktu dan memudahkan kantor dalam melakukan komunikasi.

Demikian beberapa cara untuk menghemat biaya tagihan telepon yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat untuk menekan biaya tagihan telepon Anda setiap bulan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *