Cara Sukses Bernegosiasi

Negosiasi sudah menjadi aspek dalam kehidupan sehari-hari misalnya bernegosiasi ketika membeli barang, menawar gaji, jadwal pekerjaan ataupun berbisnis. Negosiasi berarti kesepakatan yang dihasilkan oleh duapihak untuk menyelesaikan tujuan yang berbeda.

Negosiasi juga menjadi proses yang penting dimana dua pihak harus menghasilkan perjanjian yang pastinya masing-masing pihak tidak merasa dirugikan, malah diuntungkan. Perjanjian tersebut juga harusdapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan.

Ketika berbisnis diperlukan juga keahlian untuk bernegosiasi. Keahlian inisangat penting karena selain menghasilkankesepakatan bersama dengan partner bisnis, kita juga mendapatkan buah yang menguntungkan bagi perusahaan. Jika kita mampu dan pandai dalam bernegosiasi dengan calon prospek kita, maka akan membuka kesempatan dan peluang yang ada.

Lalu bagaimana caranya agar sukses menjalankan negoisasi? Saya akan jelaskan cara-caranya untuk melakukan negosiasi dengan baik dan benar. Semoga dengan cara-cara ini, anda dapat berhasil dan mencapai kesepakatan dengan partner anda. Berikut caranya:

1. Win-win solution

Mungkin bagi anda menang adalah hal yang mutlak didapatkan ketika bernegosiasi. Namun lebih baik anda pikirkan kembali bagaimana rasanya jika dua pihak sama-sama merasakan kemenangan dan keuntungan yang seimbang.

Partner bisnis anda juga akan lebih menghargai anda dan jalannya proses bisnis anda akan berlangsung dengan baik. Ketika anda memastikan calon prospek mendapatkan kemenangan, maka dengan senang hati mereka akan terus menjalin kerjasama dengan anda.

2. Jelaskan dengan lengkap

Saat bernegoisasi ada baiknya, anda menjelaskan dengan lengkap tentang detail bisnis anda. Anda dapat membawa dokumen-dokumen yang lengkap saat bernegoisasi.

Ketika bernegoisasi, anda juga harus berani untuk meminta penyataan yang anda inginkan yang bisa didapatkan dari partner bisnis. Jelaskan dengan rasional alasan-alasan anda untuk mendapatkan keuntungan.

3. Berani katakan tidak kepada partner bisnis

Meskipun anda mengenal calon prospek atau anda sudah lama berhubungan baik dan dekat dengannya, ketika berbisnis anda juga harus berani menyatakan kata tidak kepada partner bisnis anda. Ada hal-hal yang tidak berkenan, haruslah anda sampaikan dengan logis karena mau tidak mau berhubungan dengan bisnis anda.

4.Mengetahui karakter partner bisnis anda

Anda juga harus mengenali dan mengetahui karakter partner bisnis anda. Dengan begitu, anda dapat memposisikan diri bagaimana cara menghadapinya saat bernegosiasi.

Jika partner bisnis adalah seorang yang pasif, maka anda juga harus menjadi aktif dan menjelaskan secara bertahap perjanjian yang akan dijalankan. Jangan sampai partner bisnis kurang mengerti dan ada masalah di tengah-tengah perjalanan bisnis.

Jika partner bisnis adalah seorang yang kritis dan suka berdebat, maka anda harus dapat menyimpan emosi dan diam saat mendengarkan dia berbicara. Jika ada yang kurang berkenan, anda dapat menyampaikan secara logis.

Belajarlah membaca pikiran dan apa yang diingikan dari partner bisnis anda. Anda harus dapat menyesuaikan tujuan anda dengan pikiran mereka. Dengan begitu akan ada titik temu yang disepakati bersama.

5. Buat orang menyukai anda

Bernegosiasi tidak harus dalam suasana kaku. Anda dapat bernegosiasi di tempat yang nyaman dan cozyselain di kantor.Cara ini juga dapat membuat partner bisnis semakin menyukai anda. Anda dapat memulai pembicaraan mengenai makanan favorit dan mencari tempat makan yang sesuai.

Ketika memulai pembicaraan, anda dapat mulai membicarakan tentang hobi, kuliner atau topik di luar negosiasi. Dengan mengambil hati partner bisnis anda, anda akan mudah mendapatkan hatinya. Seketika juga, anda mendapatkan hasil yang baik dari kesepakatan.

6. Sampaikan Keunggulan produk

Partner bisnis juga menginginkan hal yang sama dengan anda yaitu mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu sampaikan keunggulan produk anda. Sampaikan bahwa produk anda akan laku di pasaran. Produk anda akan menghasilkan yang besar karena produk anda adalah produk yang baik dan berkualitas.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *