Cara Pendaftaran BPJS Online

Sebagai kalangan yang sudah melek internet dan mengikuti berbagai isu di media, anda tentu sudah mengenal atau minimal pernah mendengar soal BPJS Kesehatan. Atau adakah di antara anda yang sudah memanfaatkan fasilitas kesehatan yang diselenggarakan oleh negara kita ini?

Sebagai warga kita perlu mengapresiasi adanya program BPJS Kesehatan ini. Sesuai dengan apa yang dituliskan dlam Undang Undang BPJS Kesehatan, program ini bertujuan untuk memberikan manfaat kesehatan untuk seluruh masyarakat dengan nilai premi yang terjangkau. Jadi setiap dari kita dapat dikatakan wajib memiliki BPJS Kesehatan agar bisa mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan.

Lantas, bagaimana supaya kita dapat memanfaatkan fasilitas tersebut? Tentu saja kita harus mendaftarkan diri. Pada prinsipnya mendaftarkan diri untuk mengikuti BPJS Kesehatan adalah wajib, kendati belum ditentukan apa sanksi yang akan didapatkan bagi warga negara yang belum memiliki Kartu BPJS Kesehatan.

Secara umum, pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui dua macam cara. Pertama, kolektif, yaitu melalui perusahaan atau tempat seseorang bekerja. Biasanya pihak kantorlah yang mengurusi soal ini, karyawan yang ingin mendaftar BPJS tinggal terima jadi. Kedua, perseorangan, yang dilakukan oleh calon peserta sendiri.

Namun pada artikel kali ini kami akan membagikan cara yang cukup mudah untuk mendaftar menjadi peserta BPJS, yaitu dengan cara online. Cara ini bisa dikatakan mudah lantaran anda tak harus datang ke kantor BPJS dan mengantre macam-macam, anda hanya perlu mengisi formulir di situs BPJS Kesehatan.

Baca Juga:

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan soal ini.

Dokumen yang perlu dipersiapkan

Bagian ini sangat penting untuk dilakukan, karena ini awal dari pendaftaran menjadi peserta BPJS. Kita seringkali menemukan administrasi yang kurang beres yang menyebabkan berbagai kendala bagi kita sendiri. Terdengar sepele, tetapi sebenarnya sangat penting. Dokumen yang perlu disiapkan adalah:

  • Data NIK di KTP atau Kartu Keluarga
  • KITAP/KITAS atau paspor bagi warga negara asing
  • Menentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, atau sering dikenal dengan Faskes. Penentuan ini menjadi penting karena proses jaminan BPJS Kesehatan bertingkat; dimulai dari Faskes baru kemudian (bila perlu) mendapatkan rujukan ke rumah sakit. Tips untuk memilih Faskes yang baik adalah punya fasilitas kesehatan yang cukup lengkap dan lokasinya bisa anda akses dengan cepat dan mudah.
  • Nomor rekening bank yang menerima pembayaran BPJS Kesehatan (BRI, BNI, dan Mandiri).
  • Menyiapkan nomor telepon dan alamat surat elektronik (email). Kedua hal ini menjadi penting supaya ketika suatu saat ada informasi yang begitu penting, BPJS Kesehatan bisa menginformasikan ini kepada perorangan secara langsung.

Langkah pendaftaran

Untuk mendaftar online, anda hanya perlu membuka website BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Kemudian pada halaman itu arahkan pandangan anda ke bagian kiri atas, carilah tulisan ?endaftaran Online (e-registration).

Setelah itu akan tersaji di depan anda halaman Pendaftaran Peserta. Pada halaman itu terdapat berbagai tulisan soal Syarat dan Ketentuan untuk menjadi peserta BPJS. Ada delapan poin yang perlu anda baca terlebih dahulu untuk dipahami. Setelah anda baca, anda harus mengklik kotak di samping tulisan ?aya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan.?Kalau sudah muncul tanda centang, maka selanjutnya klik tulisan Pendaftaran.

Pada halaman berikutnya anda akan disaji dengan halaman yang meminta anda untuk mengisi data yang ada dalam Kartu Keluarga. Halaman ini sangat penting, mengingat ada Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013 Pasal 11 Ayat 3 yang mengatur ?etiap pekerja bukan penerima upah wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya secara sendiri-sendiri atau berkelompok sebagai peserta Jaminan Kesehatan dan BPJS Kesehatn dengan membayar iuran.?Dengan kata lain, setiap anggota keluarga wajib untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, itulah mengapa Kartu Keluarga di sini memiliki peran yang penting.

Pada bagian kotak di samping tulisan ?omor Kartu Keluarga?anda hanya perlu menuliskan nomor kartu keluarga anda. Setelah itu isi kode captcha sesuai dengan apa yang muncul di sana. Klik kotak di bawahnya hingga muncul tanda centang, lalu klik tulisan ?nquery Kartu Keluarga.?Sistem pemerintahan kita sudah lebih maju, hanya dengan menuliskan nomor Kartu Keluarga saja langsung tertera nama kita dan keluarga di sana. Di bawahnya lagi segera klik tulisan ?roses Selanjutnya?untuk merampungkan proses pendaftaran anda.

Ada informasi penting yang tak boleh anda lewatkan pada bagian ini. Pada prinsipnya BPJS mewajibkan pendaftaran peserta secara online ini dilakukan dengan sekaligus semua anggota keluarga. Maksudnya semua harus mendaftar dan tidak bisa dicicil beberapa orang dulu. Selain itu, ketika anda memasukkan nomor Kartu Keluarga dan tampak bahwa ada salah satu orang dari keluarga yang sudah menjadi peserta, otomatis pendaftaran via online langsung dibatalkan. Anda dan atau anggota keluarga yang belum mendaftar harus mengurus pendaftaran secara langsung di kantor BPJS Kesehatan.

Pada bagian selanjutnya anda akan menghadapi from isian data peserta BPJS. Adapaun data-data yang harus diisi adalah

  • Nomor handphone
  • Nomor NPWP
  • Memilih Kelurahan/Desa
  • Klik pada kotak di samping tulisan ?lamat yang digunakan sama dengan alamat KTP?jika sudah sesuai. Namun jika alamat surat menyurat anda berbeda atau domisili anda tidak sesuai KTP maka ketik dengan lengkap alamat anda pada kolom yang telah disediakan.
  • Pilihlah Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan
  • Unggah foto anda dengan ukuran maksimal 50 kb.

Setelah itu selesai, klik tulisan ?roses Selanjutnya?untuk melanjutkan proses pendaftaran anda. Halaman berikutnya yang perlu anda isi adalah soal data anggota keluarga. Urut-urutannya demikian:

  • Isi data anggota keluarga
  • Pilih kelas perawatan (tiap kelas perawatan memiliki nilai premi yang berbeda
  • Nomor rekening dan nama pemilik rekening
  • Nomor handphone dan alamat surat elektronik
  • Masukkan konfirmasi surat elektronik dan tuliskan kode captcha
  • Klik tombol tulisan ?irim Email?/li>

Dengan demikian proses pendaftaran anda sudah hampir selesai. Anda hanya perlu membuka surat elektronik yang anda masukkan tadi untuk menerima notifikasi dari BPJS Kesehatan guna mengaktivasi dan mendapatkan nomor virtual account. Anda tinggal menyimpan nomor virtual account tersebut lalu melakukan pembayaran melalui bank yang telah disepakati. Setelah membayar anda akan mendapat lembar identitas elektronik, dan menunggu untuk mendapatkan Kartu Identitas Peserta BPJS paling lama 7 hari.

Mudah bukan untuk bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan secara online? Maka manfaatkanlah peluang ini sebaik mungkin.