Cara Panen Uang dari Blog

Di berbagai belahan bumi, termasuk Indonesia, blog sudah menjadi sebuah sumber informasi yang luar biasa. Dari segi politik, blog bisa digunakan untuk menampung gagasan dan sikap orang-orang akan sesuatu hal yang tidak banyak dibahas oleh media mainstream. Dari sisi sosial, blog yang berisikan konten tertentu rupanya mampu menginisiasi gerakan sosial demi kehidupan yang lebih baik. Belum lagi dipandang dari sisi hiburan, edukasi, ekonomi, dan sebagainya.

Internet lah yang kemudian bertanggung jawab atas merebaknya tren blogging di masyrakat kita. Saat ini tidak diketahui dengan pasti berapa jumlahnya, tetapi kita bisa tahu bahwa ada banyak blog yang menggunakan hosting gratisan (wordpress, blogspot, tumblr, dan sebagainya) dan bahkan ada yang berbayar menggunakan nama tertentu (.com, .net, dan sebagainya).

Bila anda sudah memulai untuk membuat blog, itu adalah langkah yang baik bagi anda! Tentu saja kita berharap anda punya motivasi yang kuat untuk terus menyediakan konten yang bernilai bagi pembaca anda. Mengapa? Karena hanya dengan cara itulah anda akan bisa menunjukkan kualitas blog anda dalam jangka panjang.
Maka tak ada salahnya bila anda mulai untuk memperoleh uang tambahan melalui blog yang anda punya. Berikut tips yang barangkali bisa anda gunakan untuk menuai uang dari tiap konten yang anda bagikan dalam blog anda tersebut:

Baca Juga:

1. Google Adsense

Barangkali program iklan dari Google ini adalah cara yang tercepat dan termudah bagi para pemula untuk mulai mendapatkan sejumlah pemasukan dari blog yang anda milik. Seperti namanya, Adsense adalah sebuah jaringan pengiklanan di mana partner bisnis anda mendapatkan kesempatan untuk meletakkan iklan mereka di blog anda. Program ini dianggap murah dan mudah, anda tinggal copy-paste kode yang mereka tawarkan dan anda bisa langsung memulai mengeruk keuntungan dari blog anda.

Jangan pernah khawatir kualitas konten blog anda tidak akan menarik iklan yang baik di sana. Google Adsense adalah salah satu jaringan periklanan terbesar dalam Internet, jadi anda memiliki banyak sekali daftar pengiklan yang bisa masuk dalam blog anda. Namun ya memang anda harus memastikan bahwa konten anda selalu berada dalam kualitas yang terbaik.

2. Amazon Associates

Amazon Associates adalah sebuah program yang dijalankan oleh salah satu toko online terbesar di dunia saat ini, yaitu Amazon.com. Perusahaan ini menawarkan peluang bisnis kepada para pemilik blog untuk mendapatkan komisi hingga 8.5 persen dengan mengiklankan produk yang dijual Amazon dalam blog anda. Penghitungannya ditentukan dari jumlah klik yang dilakukan pengunjung blog kepada Amazon.com dan melakukan transaksi.

Biasanya konten yang menarik bagi program iklan ini adalah blogger yang menuliskan soal barang-barang dagangan, produk eceran, dan kadang juga soal tips berbelanja. Hal ini bisa mudah dipahami karena seseorang yang berkunjung ke blog anda biasanya sedang dalam tahap mencari tahu sebelum mereka memutuskan untuk membeli sesuatu. Iklan tersebut nanti akan ditampilkan dalam blog anda dengan wujud link, banner, atau widget tertentu.

3. Membuat E-book dan Produk Berisi Informasi Tertentu

Tanpa sadar ketika anda menulis setiap hari dalam blog anda, anda sebenarnya telah berlatih untuk membuat sebuah e-book. Bagaimanapun, e-book masihlah dianggap sebagai salah satu bentuk yang populer dari produk informasi yang dijual oleh para pengusaha secara online belakangan ini.

Jadi langkah awalnya demikian. Anda membuat blog dan mengisinya dengan konten yang bernilai bagi para pembaca anda. Saat itu anda menyediakan informasi secara gratis, dengan kata lain, anda mendemonstrasikan keahlian anda secara gratis. Seiring berjalannya waktu, para pembaca itu akan menjadi basis fans anda yang sudah siap untuk menerima materi tulisan yang lebih dalam lagi. Ini adalah kesempatan besar bagi anda untuk mendapatkan uang dengan cara menjual e-book yang anda tawarkan dalam blog anda yang gratis.

Tentu saja isi e-book anda harus berbeda dengan isi blog anda. Jangan sampai mereka membayar untuk membaca informasi yang bisa anda dapatkan secara gratis melalui blog anda. Selalu sediakan materi dan informasi yang baru, yang membuat mereka merasa pantas untuk mendapatkan informasi dengan cara mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli e-book anda. Jangan segan untuk melakukan riset semacam survei kecil-kecilan, soal topik apakah yang mereka anggap menarik untuk mereka beli.
Dari tiga peluang tadi, anda memang biasanya harus fokus terhadap salah satu. Biasanya blog yang baik itu memiliki informasi yang spesifik, yang membuat para pengunjung datang ke blog anda ketika mencari hal-hal yang spesifik pula. Anda, dengan kata lain, harus memilih lapangan mana yang akan anda gunakan untuk bertanding.

Sudah siapkah untuk menerima pemasukan uang dari blog anda?