Cara Mudah Memaksa Anda Fokus Pada Pekerjaan

Bekerja dengan sebaik mungkin ketika ditakdirkan untuk berada di belakang meja dan membantu pemilik perusahaan mencapai tujuannya tentu akan berpengaruh baik juga bagi kita. Dengan kinerja yang baik, tentu perusahaan akan memberikan apresiasi tinggi dengan berbagai cara yang pada akhirnya menguntungkan kita sebagai karyawan. Namun terkadang, berbagai halangan datang ketika berniat bekerja sebaik mungkin. Seperti misalnya kehilangan fokus saat bekerja. Nah, bagaimana caranya agar kiranya Anda bisa tetap fokus pada pekerjaan dan menunjukkan kinerja terbaik Anda? Check these out !

Perketat Workflow (alur pekerjaan) anda

Anda dengan pekerjaan yang sering kali bertemu dengan komputer dan internet pasti tahu betul browser Chrome. Produk keluaran google ini memiliki berbagai macam plug in salah satunya adalah Plugin yang bernama Podomoro Technique. Plugin ini merupakan plugin sederhana untuk Anda agar dapat beristirahat sejenak misalnya selama lima menit istirahat setelah 25 menit terfokus pada pekerjaan.

Download plugin ini yang dipercaya tersedia dimana-dimana. Lalu install sesuai seuai petunjuk. Setelah diinstal, klik pada bar browser Anda dan atur timer untuk 25 menit misalnya, dimana waktu tersebut untuk sesi kerja Anda yang bebas gangguan. Selama 25 menit ini, blok Plugin yang berasal dari situs-situs yang umumnya mengganggu pekerjaan (seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Reddit). Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan pribadi Anda sesuai dengan keinginan untuk menambahkan website-website kesayangan Anda sebagai penghibur diwaktu senggang.

Jika Anda mencoba untuk mengunjungi situs tersebut dalam waktu fokus Anda (yang telah Anda atur di awal selama 25 menit), Anda akan mendapatkan peringatan lembut untuk kembali bekerja dari plugin tersebut. Pada waktu akhir 25 menit Anda, sebuah penginat akan muncul dan mengingatkan Anda untuk memulai lima menit istirahat Anda. Ulangi jika perlu hingga Anda bisa produktif dikemudian hari tanpa dipaksa, apalagi dipaksa oleh atasan Anda.

Buat pekerjaan Anda berada pada mode fullscreen

Terlalu banyak tab atau aplikasi yang dibuka akan membuat Anda lebih banyak kehilangan fokus yang seharusnya Anda miliki ketika bekerja. Dan mengurangi distraksi tersebut dengan cara membuat apa yang sedang Anda kerjakan berada pada mode fullscreen akan membantu Anda lebih fokus karena apa yang Anda lihat hanyalah pekerjaan Anda.

Dengan membuat layar pekerjaan Anda mejadi fullscreen, maka Anda diharapkan tidak melihat notifikasi sosial media Anda yang sering muncul dan hal tersebut kadang membuat Anda gatal ingin melihat dan sesekali mengecek notifikasi tersebut. Masalahnya adalah, niat awal dimana Anda ingin melihat sejenak menjadi kacau ketika pada kenyataannya Anda tidak benar-benar sekedar mengecek namun terus dan keasyikan berada di dunia sosial media Anda yang akhirnya mengacaukan pekerjaan Anda.

Lebih kacau lagi jika Anda sedang ‘sejenak’ berada di dunia sosial media ternyata terlihat oleh atasan Anda. Hal tersebut tentu saja akan membuat suasana menjadi kurang kondusif bagi Anda karena merasa tidak enak atau perasaan lain yang akhirnya mengganggu pekerjaan bahkan hubungan Anda dengan atasan.

Offline, jika perlu

Jika kedua cara di atas masih tidak bisa membuat Anda fokus, dimana Anda tetap saja gatal membuka notifikasi sosial media Anda atau apapun yang membuat Anda terganggu maka jalan terakhir adalah dengan tidak menggunakan komputer sejenak. Coba ambil buku catatan dan sebagai jalan pemanasan, buatkan diri Anda daftar yang harus Anda kerjakan hingga ulasan mengenai pekerjaan yang sedang ingin Anda selesaikan. Coba gunakan waktu sendiri Anda, gunakan ruangan lain jika perlu. Untuk sekedar memancing fokus Anda kembali.

Cobalah hal-hal baru yang mungkin membantu Anda kembali fokus. Jika duduk di kursi dan meja kerja Anda tidak membantu, cobalah untuk duduk di ruang tamu kantor Anda dan duduk di sofa. Atau jika perlu Anda ke pantry sejenak dan menggunakan ruangan tersebut untuk sekedar mencari suasana baru agar ide dan kreativitas Anda menjadi segar kembali. Hal lain yang bisa Anda coba adalah mencoba duduk di tempat rekan kerja Anda untuk sekedar melihat perspektif rekan kerja Anda sendiri. Intinya, apapun yang bisa membuat Anda fokus kembali.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *