Cara Menyimpan Emas Mudah Kok!

Apakah Anda sudah memiliki emas atau bahkan baru berminat memilikinya? Pemikiran awal yang perlu Anda pahami yaitu cara menyimpan emas membutuhkan perawatan khusus. Kalau selama ini Anda melihat di film, banyak orang menyimpan emas di brankas. Namun sebenarnya ada banyak cara untuk menyimpan emas. Berikut ini adalah beberapa cara yang direkomendasikan.

emas

Simpan Emas

Safe Deposit Box

Konsep penyimpanan di sini bukanlah dengan membeli safe deposit box tapi bisa menggunakan jasa di bank. Tentunya Anda diwajibkan membayar uang sewa dengan biaya yang berbeda-beda. Selain di bank, jasa penyewaan safe deposit box juga bisa dilakukan di kantor pegadaian.

Emas Dijadikan Tabungan

Anda bisa memiliki tabungan berupa emas yang dititipkan di Pegadaian dan nantinya dicairkan yang istilahnya mengambil tabungan. Menyimpan emas dengan cara ini cukup diminati masyarakat karena investasi emas seberat 0,01 gram dikenakan biaya hanya sebesar Rp5.000 dan Rp10.000. Harga yang diberikan adalah harga emas terendah ketika pertama kali dilakukan transaksi. Maka harga tersebut yang juga digunakan nantinya ketika Anda mencairkan tabungan.

Dititipkan

Pilihan berikutnya yaitu bisa menitipkan di Pegadaian. Aman dan biaya terjangkau. Emas Anda akan diasuransikan. Biaya yang perlu dikeluarkan yaitu Rp20.000 per 100 gram setiap bulan. Jadi misalkan Anda menitipkan emas 1 kilogram maka biaya per bulannya Rp200.000.

Pernah Mencoba Arisan Emas?

Pegadaian memiliki program arisan logam mulia. Untuk mengikuti arisan emas, Anda diharuskan membuat kelompok yang terdiri dari minimal enam orang. Setiap bulan dilakukan undian untuk mendapatkan satu keping emas. Minimal jumlah berat untuk satu kali undian adalah 1 gram dan jumlah maksimal tanpa batas.

Meski begitu, karena ini konsepnya berupa arisan yang dilakukan oleh banyak orang, sebaiknya Anda berat emas yang disepakati agar biaya bulanannya tidak memberatkan anggota kelompok arisan. Keuntungan lainnya harga yang ditetapkan Pegadaian untuk program ini adalah harga flat yang tidak terpengaruh dengan harga emas yang naik – turun.

Menyicil Emas

Kalau Anda berpikir hanya mobil, motor, rumah, smartphone, perlengkapan rumah tangga saja yang bisa dicicil, maka Anda sebaiknya tahu tentang memiliki emas dengan menyicil. Sama seperti menyicil hal yang disebutkan di atas, Anda dikenakan uang muka atau DP berjumlah 20 – 30% dari nilai emas. Selanjutnya Anda bisa memilih jangka waktu cicilan dari 1 bulan – 36 bulan. Setelah cicilan lunas, selama 1-2 minggu kemudian Anda bisa membawa pulang emas.

Brankas

Pilihan yang hanya bermodalkan satu kali saja di awal adalah menyimpan emas di brankas di rumah Anda. Kalau cara-cara sebelumnya membebani Anda dengan biaya bulanan, maka cara yang satu ini terbebas dari biaya bulanan apapun. Memang diperlukan perawatan dan tempat khusus untuk menyimpan emas. Dan kotak besi brankas bisa menjadi pilihan yang rekomen. Memang Anda hanya perlu mengeluarkan modal satu kali saja di awal untuk membeli kotak besi brankas. Namun yang harus dipersiapkan adalah budgetnya. Harga kotak besi brankas bermaca-macam, mulai dari 500 ribuan hingga belasan juta.

Guci Keramik

Sebagai permulaan memiliki emas jika masih dalam jumlah sedikit, Anda bisa menyimpannya di dalam guci keramik. Memang cara ini menjadi kurang aman ketika jumlah emas semakin banyak. Namun sebagai permulaan, hal ini bisadilakukan agar Anda semakin termotivasi untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Baru kemudian setelah emas sudah semakin banyak, silakan beralih ke penyimpanan emas di bank dan pegadaian.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *