Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Meningkatkan Penjualan Online – Penjualan merupakan inti dari tujuan perusahaan menjual produk atau jasa mereka. Penjualan tentu saja penting sebab dari sinilah perusahaan mengharapkan profit yang diharapkannya. Bila penjualan tinggi maka profit yang dihasilkan juga ikut tinggi pula.

Alasan Melakukan Penjualan Online

cara meningkatkan penjualan online

Sumber: www.baliberkarya.com

Berkat kecanggihan teknologi kini berangsur-angsur perusahaan mulai mengedepankan penjualan online dengan biaya operasional yang jauh lebih rendah ketimbang melakukan strategi penjualan offline. Berikut beberapa alasan kenapa penjualan online banyak dilirik oleh para pebisnis :

Baca Juga:

1. Profit Lebih Maksimal

Salah satu alasan menggunakan lapak online lebih menguntungkan dibanding cara terdahulu ialah profit yang didapatkan jauh lebih besar. Hal ini karena anda tak perlu lagi membayar biaya sewa untuk toko anda. Anda tak perlu repot untuk membayar tagihan yang tidak diperlukan seperti biaya atas perabotan toko. Situs jual beli online dapat ditemukan oleh pelanggan anda dimanapun mereka berada. Jika dipandar dari sudut pandang konsumen mereka juga diuntungkan karena tak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

2. Pangsa Pasar Lebih Luas

Total dari penduduk Indonesia sendiri lebih dari 250 juta Jiwa dan sekitar 139 juta orang tercatat pada tahun 2015 lalu mampu menggunakan internet. Bukankah hal ini merupakan peluang bagi anda untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak melalui jalur online. Menurut Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) angka ini akan terus naik seiring berjalannya waktu. Pengguna internet tak hanya kaum muda saja namun juga anak-anak hingga manula. Melalui penjualan secara online pangsa pasar anda bisa meluas menembus propinsi bahkan negara.

3. Ladangnya Bisnis

Dunia maya tak sama seperti dunia nyata sebab jangkauan pangsa pasarnya lebih luas maka konsumennya berasal dari beragam latar belakang dan selera. Apapun bisa dijual di dunia online sehingga tak heran jika kita bisa menyebut online sebagai ladangnya bisnis. Anda mungkin saja bisa mencoba berdagang lebih dari satu produk disini. Tak hanya barang-barang baru namun juga produk bekaspun sangat diminati pasar.

4. Praktis Plus Aman

Penjualan online dinilai lebih praktis ketimbang penjualan offline. Dalam bisnis online konsumen mampu diberi kebebasan menentukan pilihan produk atau jasanya sendiri. Mereka tak butuh pramuniaga untuk membeli produk atau jasa yang diinginkan. Ini artinya anda terbebas dari biaya karyawan khususnya bagian pemasaran. Selain itu bagi anda yang memiliki karakter introvert juga bisa menjalankan bisnis seperti ini sebab tak perlu bertatap muka.

Penjualan online juga aman dilakukan sebab marketplace menjadi pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi anda dan pembeli. Terdapat pula rekening bersama sehingga menghindarkan dari tindak penipuan. Apabila setelah pembayaran dilakukan barang tidak dikirim maka konsumen juga akan mendapatkan uangnya kembali. Disisi lain penjual akan mendapatkan review dari pembelinya untuk meningkatkan reputasinya.

5. Menjalin Relasi

Penjualan secara online tidak hanya mampu merekrut pelanggan baru namun juga relasi bisnis anda. Ketika berjualan secara offline tentu anda akan sulit mendapatkan kotak pembeli anda namun melalui penjualan online hal ini bukanlah hal yang mustahil. Bertukar kontak baik melalui email, alamat atau nomor handphone merupakan suatu keharusan agar barang bisa diantarkan ke tempat yang tepat. Penjualan online juga tidak menuntut anda 24 jam berada di toko.

Anda bisa menyelingi dengan aktivitas lainnya sehingga siapapun bisa melakukan bisnis di dunia online. Tak hanya anda yang masih lajang atau bekerja di sebuah kantor kini ibu rumah tangga juga mampu membuka toko sendiri di dunia maya. Kegiatan ini juga bisa berjalan beriringan dengan kegiatan utama seorang ibu seperti mengurus anak dan rumah.

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Dikarenakan online ini dapat diakses siapapun tentunya anda membutuhkan beberapa strategi agar mampu menjadi pemimpin pasar. Strategi penjualan online tentu bisa melalui beragam cara yang mungkin tak biasa anda coba. Berikut beberapa pilihan startegi penjualan online yang bisa anda jadikan bahan referensi anda :

1. Cara Meningkatkan Penjualan Online – Perkuat Media Sosial

Langkah awal untuk meningkatkan penjualan online anda dimulai dengan memperkuat jejaring social toko online milik anda. Anda diharapkan lebih aktraktif, komunikatif dan sociable terhadap netizen. Media social bisa menjadi media untuk menjemput para calon komsumen anda untuk mampir berbelanja di toko online. Nah, bagaimana cara anda menjadi 3 hal penting diatas maka simak dulu penjelasan untuk masing-masing media social berikut ini :

• Facebook

Jejaring social satu ini memang menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Pengguna facebook di Indonesia mencapai 88 juta jiwa dan tergolong negara ke empat dengan pengguna facebook teraktif. Artinya facebook merupakan salah satu jejaring social yang wajib anda miliki jika hendak meningkatkan penjualan. Anda bisa memperhatikan poin-poin berikut ini agar promosi melalui facebook anda bisa maksimal.

1. Buatlah Facebook Page

Langkah awal yang bisa anda lakukan ialah membuat facebook pages untuk produk anda agar pengguna facebook bisa dengan mudah menemukan toko anda. Buat page semanrik mungkin dari segi tampilan dan nama pages. Dalam menentukan nama pages cukup pakai maksimal 3 kata saja.

2. Pakai Gambar Beresolusi Tinggi

Yang kedua gunakan gambar beresolusi tinggi khususnya untuk logo dan produk yang anda tawarkan. Gambar yang jelas akan membantu penilaian para pembeli dalam membuat keputusan. Lengkapi profile anda dengan kalimat yang singkat namun jelas. Isilah mendetail agar konsumen anda mendapatkan informasi yang benar dan tidak simpang siur.

3. Gunakan Keyword Yang Tepat Untuk Audiens Yang Dituju

Keyword sangat penting dalam membuat sebuah konten. Anda tentu harus memiliki target pasar yang jelas terlebih dahulu kemudian gunakan keyword yang sering dipakai oleh konsumen yang anda tuju tersebut. Sebagai contoh saja jika audien yang anda tuju anak muda maka gunakan keyword seperti kafe hits atau food lover. Gunakan bahasa gaul dan slang agar terasa lebih akrab.

• Instagram

Tak cukup facebook saja anda juga disarankan memiliki instagram. Kini instagram menjadi salah satu primadona di tengah beragam media social yang berhamburan. Instagram mampu menampilkan gambaran produk anda lebih real melalui foto yang terposting.

1. Jangan Lupakan Hashtag

Dalam berpromosi menggunakan instagram anda tidak boleh melewatkan hashtag agar netizen mudah mengenali postingan akun anda. Fokuskan niche dengan rutin memposting konten.

2. SFS dan Endorse Itu Penting

SFS atau Shoutout For Shoutout merupakan kegiatan saling mempromosikan online shop di Instagram. Ada baiknya anda bekerja sama dengan online shop yang masih ada kaitannya dengan produk yang ditawarkan namun tidak menjual produk yang sama. Endorse produk juga sangat diminati beberapa tahun belakangan sebab mampu mendongkrak penjualan. Dalam mengendorse anda tidak boleh asal sebab celebgram yang anda pilih juga mengesankan citra dari produk itu sendiri.

3. Sertakan Bukti Untuk Follower

Untuk meningkatkan reputasi anda taka da salahnya untuk mengupload review dari klien anda. Anda juga bisa mengupload bukti pengiriman barang maupun chat pemesanan dari pelanggan. Gunakan pula followers tertaget dan aktif dalam memberikan jawaban di instagram merupakan salah satu jalan menggambarkan bahwa anda komunikatif.

• Twitter

cukup hanya pada instagram maupun facebook anda juga bisa menggunakan twitter untuk mengoptimalkan promosi online anda. Jumlah kata pada twitter memang terbatas namun fakta ini bisa menguntungkan bagi anda. Kenapa demikian? Keterbatasan karakter jumlah karakter pada twitter menuntut anda untuk menghasilkan konten singkat namun tetap informatif. Penggunaan hashtag juga amat penting dalam twitter.

2. Cara Meningkatkan Penjualan Online – Pasang Aneka Diskon

Penggunaan aneka diskon dari dulu memang mampu menarik perhatian. Tak hanya dalam berjualan online diskon menjadi pusat perhatian namun dalam belanja online potongan harga mampu menarik pembeli berkunjung ke toko anda. Untuk itu mari kenalan dulu dengan beragam diskon yang bisa anda gunakan dalam pemasaran online.

• Diskon berupa voucher

Diskon yang pertama berupa voucher belanja yang bisa digunakan konsumen untuk menghemat biaya belanja mereka. Pemberian diskon ini tentu tak boleh sembarangan. Anda bisa memberikan diskon kepada siapapun yang mau menjadi subcriber toko online anda. Keuntungan yang anda dapatkan dari subcriber ini ialah anda bisa memberikan berita terkait produk terbaru melalui email konsumen.

• Buy one get one

Untuk menghabiskan stok persediaan gudang anda juga bisa menggunakan strategi buy one get one. Anda juga bisa mempromosikan produk terbaru dengan cara ini agar lebih cepat dikenal.

• Big sale

Big sale menjadi agenda yang ditunggu para shopaholic untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga miring. Anda bisa memberikan potongan harga 20%,50% bahkan 70 % pada hari tertentu seperti menjelang hari raya idul fitri.

• Free ongkir

Untuk perbelanjaan tertentu anda bisa memberikan potongan harga melalui free ongkir. Beberapa konsumen enggan belanja online dikarenakan tingginya biaya ongkir produk itu sendiri. Tak ada salahnya anda menerapkan biaya ongkir gratis demi mendapatkan pelanggan baru.

• Giveaway

Ingin menyenangkan hati para pelanggan setia anda bisa juga dengan memberikan giveaway. Walaupun namanya giveaway namun selalu ada timbal balik antara penjual dan pembeli walaupun tak sarat dengan uang. Untuk mmperluas pangsa pasar toko online anda demi peningkatan penjualan tak ada salahnya mengadakan event khusus. Contohnya saja event blog yang mengangkat pengalaman konsumen saat berbelanja di toko online anda.

3. Cara Meningkatkan Penjualan Online – Jangan Lupakan Untuk Menggunakan Jasa Marketplace

Mungkin beberapa dari anda telah memiliki toko online sendiri namun tak ada salahnya untuk berpromosi pada marketplace ternama. Toh, dalam penggunaan jasa marketplace ini anda tidak dikenakan biaya yang tinggi. Di Indonesia sendiri marketplace lokal saja sudah banyak dikenal apalagi yang berasal dari luar negeri. Berikut beberapa marketplace yang direkomendasikan untuk mempromosikan produk anda :

• Bukalapak

Marketplace satu ini memang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Pendirinya merupakan Ahmad Zacky yang juga pernah muncul dalam beberapa iklan bukalapak di televisi. Bukalapak memiliki keunggulan berupa fitur tawar menawar yang bisa digunakan pembeli untuk menego harga barang yang ditaksirnya. Untuk mengupload produk pada bukalapak juga sangat mudah hanya berbekal deskripsi produk beserta fotonya.

• Tokopedia

Satu lagi marketplace yang tak boleh dipandang sebelah mata yakni tokopedia. Tampilan marketplace ini sangat user-friendly sehingga siapapun bisa mengaksesnya. Apapun bisa dijual di tokopedia mulai dari aksesoris, pakaian, kendaraan, obat, buku dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu tokopedia juga melayani berbagai pembayaran mulai dari listrik, pulsa bahkan BPJS baik ketenagakerjaan maupun kesehatan.

• Jualo

Anda memiliki barang bekas namun masih layak pakai? Bagaimana jika dijual saja?. Jualo menjadi marketplace yang memimpin penjualan barang bekas di Indonesia. Jika dahulu barang bekas ini dipandang sebelah mata namun kini banyak juga lo yang mengincarnya. Pembeli biasa memakai istilah “preloved” untuk barang – barang secondhand ini.

• Bibli

Ingin berjualan secara kredit maka bibli jawabannya. Banyak orang telah memiliki kartu kredit untuk memudahkan dalam pembayaran tagihan mereka. Bibli menawarkan kredit barang yang bahkan bisa anda cicil hingga satu tahun lamanya. Barang yang dikreditkanpun beragam mulai dari barang elektronik hingga smartphone.

• Lazada

Terakhir, tentu anda sudah pernah dengar dengan marketplace yang memiliki dominan warna orange biru untuk tampilan situsnya. Lazada, menjadi salah satu marketplace yang patut untuk dipertimbangkan. Namanya tak hanya dikenal di dalam negeri namun juga di luar negeri. Untuk mengupload produk pada situs ini anda harus ekstra teliti dan background gambar harus berwarna putih dengan resolusi tinggi.

4. Cara Meningkatkan Penjualan Online – Terkadang Praktek Langsung Diperlukan

Persaingan bisnis online bukan main-main ketatnya maka diperlukan cara yang super kreatif dan gigih untuk bertahan. Kini untuk beriklan anda juga bisa melalui youtube yang merupakan situs berbagi video gratis. Anda bisa mengundang youtuber untuk mereview produk anda dalam bentuk video.

Review atas barang yang anda jual mampu memberikan gambaran yang lebih nyata kepada calon konsumen anda. Untuk event tertentu seperti annivesary toko bisa menyertakan foto proses pembuatan hingga review dari konsumen anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Menarik bukan untuk dicoba?

5. Cara Meningkatkan Penjualan Online – Pakai Google Adwords

Google menjadi browser yang paling sering digunakan, tentunya beriklan disini sangat menguntungkan. Google adwords merupakan salah satu produk bisnis google yang mana iklan produk anda akan ditampilkan di setiap blog atau website. Google sendiri akan mendapatkan keuntungan dari view maupun per klik iklan tersebut dituju netizen. Ada dua pilihan pemasangan iklan google ini yaitu pada pencarian google atau google display network.

Google display network ialah pemasangan iklan bisa berupa text, image, flash maupun video pada blog yang memasang kode adsense. Anda juga bisa mengatur tempat pemasangan iklan serta mengelola iklan tersebut sesuai keinginan anda. Jika dibandingkan dengan biaya konvensional seperti pemasangan iklan di TV maka cara ini dinilai lebih hemat. Sistem pembayarannya ada yang mencakup 1000 view atau pay per click. Google adwords membantu anda dalam meningkatkan traffic situs sehingga muncul di halaman pertama pencaharian. Google adwords diyakini mampu menambah dampak positif terhadap penjualan anda.

Apapun cara yang anda gunakan selalu ingat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan anda. Pelayanan maksimal ini bisa berupa menjawab pertanyaan konsumen sejelas-jelasnya dan menanggapi keluhan atas produk anda. Kritik yang membangun akan membantu anda menghasilkan produk yang lebih baik kedepannya. Meniru gaya promosi toko lain demi peningkatan penjualan itu sah-sah saja namun apabila tanpa inovasi yang berarti maka hasilnya akan sama saja.

Semoga informasi tentang cara meningkatkan penjualan online di atas bermanfaat untuk anda..

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *