Begini Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit

Anda sudah memiliki kartu kredit untuk berbagai keperluan transaksi anda? Pada artikel lain dari website ini anda akan menemukan bagaimana tips membuat kartu kredit dengan cepat. Jika anda hingga kini masih belum memiliki kartu kredit, anda bisa membaca artikel tersebut terlebih dahulu. Kali ini kami akan membagikan beberapa tips yang barangkali berguna bagi anda agar bisa meningkatkan limit kartu kredit. Limit kartu kredit ini sebenarnya bergantung pada pendapatan bulanan, pinjaman, kepemilikan rumah, dan sebagainya. Namun semua itu bisa ditingkatkan melalui berbagai tips yang kami kumpulkan berikut.

Lakukan transaksi secara berkala

Dengan melakukan transaksi kartu kredit anda secara berkala, pihak bank akan melihat anda sebagai nasabah yang aktif. Keaktifan anda dalam bertransaksi tersebut adalah alasan yang kuat bagi pihak penyedia kartu kredit untukkemudian menaikkan limit kartu kredit anda. Jika anda memang membutuhkan limit transaksi anda bertambah, saatnya mengubah pola pikir bahwa kartu kredit digunakan untuk cadangan saja. Pihak bank tentu berpikir berulang kali untuk menaikkan limit kartu kredit anda yang jarang menggunakannya, tidak ada alasan kuat untuk itu. Kabar baik bagi anda, karena beberapa bank besar di Indonesia menargetkan kenaikan transaksi sebesar 15%-20% pada tahun 2015 ini.

Baca Juga:

Gunakan transaksi sesuai batas

Anda boleh menggunakan strategi di atas untuk menaikkan limit kartu kredit anda, tetapi pastikan transaksi anda selalu sesuai batas yang sudah ditetapkan. Tunjukkan kepada bank bahwa anda bisa mengatur atau mengontrol keuangan anda dengan menggunakan keuangan kartu kredit. Kemampuan anda untuk mengontrol keuangan akan jadi pertimbangan yang sangat baik bagi bank. Tentu bank tidak akan menaikkan limit pada nasabah yang terlihat tidak memiliki kontrol atas keuangannya sendiri, karena memang penggunaan kartu kredit memungkinkan untuk melakukan hal itu.

Bayarlah tepat waktu

Tips yang ini juga sangat penting bagi anda, melakukan pembayaran terlambat adalah nilai minus bagi anda yang benar-benar harus dihindari agar bisa mendapatkan kenaikan limit kartu kredit. Sama dengan tips sebelumnya, pihak bank akan melihat anda sebagai pemilik kartu kredit yang kredibel. Rekam jejak anda dalam membayar tagihan tentu akan dilihat sebelum pihak bank menaikkan limit kartu kredit anda.

Ajukan nilai kenaikan limit dengan realistis

Beberapa sumber menyebutkan, anda perlu berhati-hati dalam mengajukan nilai kenaikan limit ini. Nilai kenaikan normal yang anda ajukan berkisar 10%-25% dari yang anda miliki sekarang. Nilai kenaikan yang terlalu besar akan menimbulkan kecurigaan dari pihak bank, dan jika mereka menolaknya, anda harus menunggu dua hingga tiga bulan untuk kembali mengajukan kenaikan limit kartu kredit anda.

Ajukan penutupan kartu kredit

Tips terakhir ini sangat tidak disarankan apabila anda hanya memiliki satu kartu kredit tanpa kartu kredit lain sebagai cadangan. Mengapa? Karena sebenarnya strategi terakhir ini hanya merupakan gertakan untuk pihak bank. Ketika anda mengajukan untuk melakukan penutupan, pihak bank tentu akan berpikir ulang untuk kehilangan nasabah seperti anda. Bagaimanapun bunga kartu kredit adalah pemasukan yang cukup signifikan untuk bank. Artinya, semakin sedikit kartu kredit yang dikeluarkan bank, keuntungan yang mereka dapat juga semakin kecil. Namun perlu diperhatikan, jika pengajuan anda ini dikabulkan dan bank menutup kartu kredit anda, anda juga harus menerimanya. Anggap ini sebagai kesempatan untuk menaikkan limit kartu kredit anda yang lain.

Nah, memang untuk menaikkan limit kartu kredit kita harus benar-benar memikirkan strategi dan risiko, terutama untuk tips yang terakhir tadi. Yang pasti, anda harus memastikan diri anda bahwa kenaikan limit kartu kredit ini masih sesuai dengan kondisi keuangan anda. Kartu kredit, bagaimanapun, harus selalu dipandang sebagai cara untuk meningkatkan kondisi keuangan anda, bukan untuk menjatuhkannya. Selamat berupaya!