Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Sebuah perusahaan dapat menjadi berkembang dan maju tentunya tidak hanya dikarenakan faktor permodalan dan strategi bisnis yang kuat saja, melainkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat. Dalam hal ini SDM memiliki artian para karyawan atau pekerja.

Untuk dapat mencapai hasil atau target yang diinginkan dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan, maka diperlukan semangat, usaha dan kinerja yang benar-benar kuat dari para pekerja dan jajaran manajemen di dalamnya.

Lantas bagaimana cara untuk dapat meningkatkan kinerja para karyawan agar dapat menghasilkan segala sesuatu yang menguntungkan perusahaan? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun kinerja karyawan, seperti berikut;

Motivasi

Keuletan, kerja keras sampai dengan semangat seseorang dalam bekerja, tentunya sangat dipengaruhi oleh motivasi yang terbentuk di dalam dirinya. Sebelum melangkah dalam proses membangun kinerja, ada baiknya Anda untuk menumbuhkan motivasi kerja para karyawan terlebih dahulu.

Ketika motivasi kerja para karyawan sudah meningkat, maka secara otomatis dapat membuat semangat dan rasa optimis dalam diri untuk dapat bekerja lebih giat, keras dan menghasilkan sesuatu untuk perusahaan juga muncul.

Reward

Tidak ada seorang pekerja pun di seluruh dunia yang tidak suka bonus akan usaha yang telah dikerjakannya. Bonus merupakan hadiah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pekerja setelah dia mencapai hasil melebihi target yang ditentukan secara terus menerus.

Oleh karenanya, untuk dapat meningkatkan performa dan kinerja seorang karyawan, maka pemberian bonus atau reward seperti ini jangan sampai dilupakan.

Kedekatan secara profesional atau personal

Dalam hal ini bukan berarti kedekatan antara pekerja dan atasan yang berbeda jenis kelamin, melainkan kedekatan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam satu perusahaan. Dengan terjalinnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat dalam satu perusahaan, maka secara otomatis hal tersebut dapat mendorong munculnya semangat untuk bekerja lebih baik dan giat.

Jika Anda sebagai atasan, maka tidak perlu canggung, malu atau gengsi untuk berbaur dengan para karyawan. Dengan cara kedekatan secara profesional atau kelompok atau juga secara personal, maka selain dapat membangun kinerja dan performa karyawan, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang diinginkan, diharapkan dan segala uneg-uneg para pekerja selama ini.

Training

Tentu saja, agar lebih kredibel dan memiliki kualitas, maka pemberian training juga dapat dilakukan oleh suatu perusahaan. Selain itu, karyawan yang selama ini penat akan rutinitas pekerjaannya sehari-hari akan sedikit tersegarkan dengan training yang diikuti, serta mendapatkan informasi dan pengalaman baru.

Dengan pemberian training ini, maka diharapkan dapat dapat menumbuhkan sisi motivasi kerja dan keterampilan para karyawan yang nantinya dapat diaplikasikan saat dia kembali bekerja di perusahaan.

Pendidikan

Memang tidak semua perusahaan akan ‘berbaik hati’ untuk dapat men-sekolahkan karyawannya ke suatu tempat atau bahkan ke negara lain, akan tetapi jika pihak perusahaan mampu dan berkenan, maka mengirimkan karyawan-karyawan yang dianggap potensial untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari pendidikan terakhir yang didapatnya adalah dirasa perlu.

Dipercaya atau tidak, kinerja seseorang juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang dimiliki. Oleh karenanya, jika menginginkan kinerja baik dari para pekerja, maka faktor pendidikan juga harus diperhatikan.

Fasilitas dan prasarana

Terdengar sepele, akan tetapi fasiltias dan sarana prasarana yang dimiliki suatu perusahaan juga berpengaruh terhadap kinerja para karyawan. Contohnya saja, jika ada perusahaan yang tidak mau mengeluarkan uang untuk menambah fasilitas, seperti AC atau mesin cetak dan karyawan harus kepanasan atau pergi keluar jika ingin mencetak sesuatu, maka secara tidak langsung kinerja dan juga waktu yang produktif akan terbuang percuma.

Oleh karenanya, perhatikan hal yang simple, seperti pemberian fasilitas dan prasarana yang layak kepada karyawan, sebelum menuntut kinerja dan hasil yang baik dari mereka.

Suasana kerja

Satu hal sepele lainnya yang mempengaruhi kinerja adalah suasana kerja. Tentunya tidak akan ada yang bersedia untuk terus menghasilkan sesuatu yang hebat, jika kondisi dari suasana kerjanya tidak menyenangkan, tidak nyaman dan tidak kondusif.

Memang ada beberapa orang yang akan memutuskan untuk dapat bekerja di tempat seperti itu, namun dari sisi kinerja dan hasil yang didapat, tentunya akan berbeda jauh dengan tempat kerja yang sangat enak, nyaman, tenang dan kondusif, bukan?

 

Bebas berkreasi

 

Pengekangan akan membuat seseorang yang cerdas menjadi bodoh dan berlaku semaunya. Oleh karenanya, untuk mendapatkan kinerja yang bagus dari para karyawan, ada baiknya untuk mulai membebaskan para pekerja untuk dapat bebas berkreasi, selama tidak sampai membuat perusahaan merugi.

 

Dengan kreativitas yang dapat dilakukan dengan bebas, maka seseorang akan lebih mudah mencurahkan apa yang dia inginkan sesuai job desc yang ditekuni selama ini.

 

Memang tidak semua dari ke-8 poin tersebut dapat Anda aplikasikan dalam ruang lingkup pekerjaan di perusahaan, namun setidaknya ada beberapa yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan kinerja dan performa para karyawan.

 

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *