Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website

Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website – Saat ini ada banyak sekali cara untuk bisa memperoleh uang dari internet. Dari sekian banyak cara, salah satunya adalah dengan membuat dan mengembangkan sebuah situs. Meskipun terlihat mudah dan sepele, namun pengelolaan sebuah situs dengan baik akan membawa berbagai keuntungan bagi anda sang pemilik situs. Apakah anda tertarik untuk mendirikan atau membuat sebuah situs? Jika iya, maka ulasan ini wajib anda baca hingga selesai.

Domain Authority dan Page Authority Website

cara meningkatkan doain authority dan page authority website

Sumber: www.klikmania.net

Dalam dunia blogger ada banyak sekali istilah SEO yang harus anda pahami sebagai seorang pemilik situs. Setiap aspek atau indikator dalam SEO memiliki peran masing-masing. Nah dari sekian banyaknya indikator yang ada, anda mungkin pernah mendengar tentang Domain Authority dan Page Authority Website.

Dalam ulasan kali ini kita akan mengulas mengenai cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website. Tapi sebelum masuk dalam ulasan cara meningkatkan kedua indikator ini, kita akan masuk ke ulasan tentang apa sih Domain Authority dan Page Authority Website? Tentunya anda penasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Domain Authority

Domain Authority (DA) atau biasa disebut otoritas domain ini merupakan ukuran kekuatan dari sebuah domain di mata mesin pencarian. Beberapa mesin pencarian yang termasuk ke dalamnya adalah Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Nah, sebagai pelengkap selain pengertian tentunya anda sebagai pemilik situs harus tahu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Domain Authority kan? Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi DA adalah umur domain, jumlah artikel yang dipublish dan juga popularitas.

  1. Page Authority Website

Indikator selanjutnya adalah Page Authority Website (PA) atau biasa disebut dengan otoritas halaman. Berbeda dengan DA tadi, PA adalah sebuah nilai yang menggambarkan tingkat popularitas halaman blog ataupun website.

Blog dan website yang bisa digambarkan tingkat popularitasnya ini harus terindeks dan bisa ditemukan oleh banyak pengguna mesin pencari. Secara sederhana, Page Authority lebih merujuk pada seberapa besar kemungkinan halaman blog atau situs muncul di mesin pencarian.

Kedua indikator di atas merupakan indikator terpercaya untuk melihat kualitas sebuah blog ataupun website. Sebagai informasi tambahan saja, banyak pengiklan yang seringkali mensyaratkan minimal DA dan PA sebelum memutuskan untuk mengiklankan produk dan jasa di sebuah blog atau website.

Dengan begitu bisa dikatakan bahwa nilai PA dan DA yang tinggi akan membuat penghasilan situs anda semakin tinggi juga. Secara umum, nilai PA dan DA sebuah situs berada di kisaran angka 0-100 dengan artian semakin tinggi nilai maka semakin bagus pula kualitas sebuah situs tersebut.

Cara Mengecek Nilai Domain Authority dan Page Authority Website

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara meningkatkan nilai Domain Authority dan Page Authority Website, kita akan sedikit mengulas mengenai cara mengecek nilai PA dan DA. Anda yang memiliki blog atau website terkadang sama sekali tidak memperdulikan mengenai nilai PA dan DA. Ini karena kurangnya pengetahuan tentang SEO yang anda miliki. Namun percayalah, setelah membaca ulasan tadi, sekarang anda pasti penasaran untuk melihat seberapa baik kualitas situs atau blog yang anda miliki.

Untuk itulah anda harus mulai melakukan pengecekan nilai PA dan DA untuk bisa menentukan langkah selanjutnya dalam mengelola blog dan website dengan baik. Jika nilai DA dan PA website anda tidak bagus, maka anda harus mencari cara untuk meningkatkannya. Sebaliknya, jika nilai PA dan DA anda sudah bagus maka sebisa mungkin pertahankan dan terus kelola agar tidak mengalami penurunan.

Nah, berikut ini ada beberapa situs populer yang bisa anda gunakan untuk mengecek nilai PA dan DA website atau blog yang anda miliki:

  1. MOZ klik di sini
  2. Small SEO Tools klik di sini
  3. SEO Review Tools klik di sini

Fakta Tentang Domain Authority dan Page Authority Website

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa DA dan PA ini merupakan indikator yang menunjukkan kualitas sebuah website atau blog. Namun meskipun sama-sama menjadi indikator penentu kualitas, faktanya ada juga website atau blog yang nilai PA dan DA nya tidak selaras atau berbanding terbalik.

Perbedaan nilai ini bisa saja terjadi karena setiap website hanya akan memiliki satu nilai Domain Authority dan nilai Page Authority nya akan berbeda bergantung pada kualitas setiap halaman yang ada di website atau blog tersebut.  Karena itulah, bisa jadi nanti nilai PA akan lebih tinggi dari DA ataupun sebaliknya.

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website, yuk kita simak beberapa fakta dari DA dan PA ini:

  1. DA dan PA Bukan Nilai Resmi

Anda harus tahu bahwa nilai DA dan PA yang dikeluarkan oleh beberapa situs seperti MOZ, Small SEO Tools dan juga SEO Review Tools bukanlah nilai resmi. Nilai-nilai ini hanyalah gambaran semata untuk mengetahui kualitas sebuah website atau blog.

  1. Range Angka DA dan PA

Range angka DA dan PA ada di kisaran 0-100, di mana semakin tinggi angka maka akan semakin tinggi kualitas website atau blog. Namun anda perlu tahu bahwa nilai DA dan PA di atas angka 20 sudah termasuk kategori bagus. Hal ini karena nilai sempurna sangat sulit untuk diperoleh oleh website atau blog standar.

  1. DA dan PA Hanya Indikator

Mungkin ada beberapa dari anda yang merasa nilai PA dan DA ini begitu penting. Namun anda harus ingat bahwa PA dan DA hanyalah dua indikator SEO saja. Jadi ini bukanlah ukuran mutlak untuk menentukan apakah sebuah website berkualitas atau tidak. Sekali lagi DA dan PA ini tidak dikeluarkan resmi oleh Google jadi sifatnya tidak baku, tapi tetap perlu dipertimbangkan.

Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website

cara meningkatkan doain authority dan page authority website

Sumber: www.solidseotools.com

Baiklah, kita akan mulai masuk ke pembahasan utama dari artikel ini. Meskipun bukan nilai resmi yang dikeluarkan oleh Google dan tidak menjadi parameter utama ranking di Google layaknya Alexa Rank. Tapi tetap nilai DA dan PA yang bagus akan bisa menguntungkan website anda di antara banyaknya website dan situs kompetitor lainnya.

Jika selama ini nilai DA dan PA blog atau situs anda kurang bagus, yuk simak beberapa cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website berikut ini:

Buat Konten atau Artikel yang Berkualitas

Cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website yang pertama adalah dengan membuat artikel yang berkualitas. Salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas blog adalah dengan menyediakan konten-konten berkualitas. Ini sangat wajar mengingat target pengunjung blog anda adalah orang-orang yang mencari informasi dan referensi kan?

Sekarang bayangkan saja jika anda membuat konten asal-asalan lalu mempublikasikannya di blog. Apakah ada yang akan membaca artikel tersebut? jikapun ada, mungkin beberapa detik atau menit kemudian mereka akan close tab dan mencari artikel sejenis dari blog lain.

Saat ini Google tidak identik dengan robot lagi, jika dulu Google hanya bisa melihat pengunjung mengunjungi sebuah blog tanpa tahu apakah kontennya bermanfaat atau tidak. Maka sekarang Google mampu memperkirakan apakah pengunjung tadi benar-benar membaca konten dalam blog tersebut atau tidak.

Peningkatan kemampuan ini, mau tidak mau membuat anda harus membuat konten atau artikel berbobot yang tidak hanya mengedepankan SEO tapi juga readable untuk orang.

Untuk membuat artikel yang bagus setidaknya anda harus menulis minimal 500 kata dan standarnya ada di 700 kata. Namun jika anda ingin membuat artikel lebih panjang juga tidak masalah. Asal isi dan alur dalam artikel tidak membingungkan dan bisa membantu pembaca. Secara keseluruhan, jika artikel yang anda buat lengkap dan bermanfaat untuk orang banyak maka nilai bounce rate website akan turun dan begitu juga ranking web bisa naik.

Sebagai informasi saja bounce rate adalah persentase pengunjung yang mengunjungi blog anda lalu pengunjung tersebut keluar langsung setelah selesai membaca artikel di blog anda. Jadi bounce rate ini merujuk pada apakah pengunjung yang masuk akan membaca artikel lain di blog anda atau hanya membaca 1 artikel yang dikunjungi tadi saja.

Tingkatkan ON-Page SEO Blog Anda

Cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website yang kedua adalah dengan meningkatkan On-Page SEO blog. Anda harus tahu bahwa SEO sendiri ada dua macam yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Sama dengan DA dan PA, kedua jenis SEO ini sama-sama penting. Berikut ini adalah beberapa indikator SEO On Page yang baik:

  • Keyword Density

Maksud dari keyword density adalah pengulangan keyword yang sama. Sebaiknya hindari keyword stuffing yaitu pengulangan keyword yang sama berkali-kali agar SEO On Page website anda bagus.

  • Heading Dinamis

Dalam membuat artikel atau konten sebaiknya gunakan heading yang berbeda-beda. Jadi misalkan untuk judul website anda menggunakan H1, maka gunakan H2 untuk judul artikel anda. Lalu sub judulnya bisa menggunakan H3 dan daftar atau poin penjelasan dalam artikel bisa menggunakan H4 dan seterusnya. Intinya perkaya penggunaan heading dalam artikel anda.

  • Permalink

Untuk permalink ini sebaiknya anda menggunakan permalink yang singkat dan padat. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan keyword utama sebagai bagian dari permalink ini. Sebagai informasi tambahan, permalink yang terlalu panjang bisa mempengaruhi skor SEO.

  • Judul yang Menarik

Pembuatan judul artikel tidak boleh asal, sebaliknya buat judul yang menarik agar orang mau membacanya. Tapi ingat, untuk membuat judul yang menarik, anda tidak boleh menipu atau membohongi dengan menulis judul yang tidak sama dengan isi artikel itu sendiri.

  • Media Pendukung

Dalam sebuah artikel, selain isi yang informatif dan penting, kehadiran media pendukung juga sangat diperlukan. Media pendukung di sini bisa berupa gambar atau video. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber media agar tidak melanggar hak cipta.

Meningkatkan Jumlah Internal Link Dalam Artikel atau Konten

Cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website yang ketiga adalah dengan meningkatkan jumlah internal link dalam artikel. Namun, ingat untuk tidak asal dalam menautkan link. Sebaliknya sebisa mungkin tautkan link-link yang relevan dalam pembahasan artikel anda. Dengan membuat banyak artikel, maka stock internal link dalam blog anda semakin banyak.

Penautan internal link yang banyak akan menguatkan persepsi bahwa blog anda memang kredibel dalam membahas topik tersebut. Inti dari poin ketiga ini adalah membuat artikel berkualitas yang banyak sehingga bisa menghasilkan internal link yang cukup untuk artikel-artikel selanjutnya.

Buat Backlink Berkualitas

Cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website selanjutnya adalah dengan membuat backlink berkualitas. Poin ini berhubungan dengan SEO Off Page di mana anda harus membuat backlink berkualitas untuk mendukung SEO blog anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat backlink berkualitas dan bahkan anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan backlink natural yang berkualitas adalah dengan share artikel yang baru  dipublikasikan ke media sosial.

Selaras dengan pembuatan backlink berkualitas, anda juga harus menghapus backlink-backlink sampah yang mengarah ke website anda. Backlink-backlink sampah bisa merusak ranking Google anda secara keseluruhan sehingga merugikan anda. Untuk menghapusnya, anda bisa melakukannya secara manual di Google Webmaster Tools anda.

Faktor Umur Domain

Cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website selanjutnya adalah dengan meningkatkan umur domain. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa umur domain akan mempengaruhi nilai DA dan PA. Semakin tua umur domain maka semakin tinggi nilai PA dan DA nya.

Masalahnya tidak ada cara instan untuk meningkatkan umur domain anda. Jadi satu-satunya cara adalah menunggu dengan sabar. Jika memang anda benar-benar tak sabar, maka mungkin anda bisa mencari aged domain yaitu domain tua yang sudah mati tapi nilai DA dan PA nya tinggi. Bangun domain menggunakan aged domain ini dengan cara menghidupkan kembali si domain tua.

Tingkatkan Jumlah Publikasi Artikel

Nah, cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website selanjutnya adalah dengan meningkatkan jumlah artikel yang dipublikasikan dalam blog anda. Ingat, bahwa artikel itu bisa diandaikan sebagai jaring laba-laba. Di mana semakin banyak artikel maka itu berarti semakin luas pula jaring laba-laba yang muncul. Semakin luas jaring, maka semakin mudah laba-laba mendapat mangsa. Mangsa yang dimaksudkan di sini adalah visitor atau pengunjung website anda.

Selain itu, semakin banyak artikel yang dipublikasikan maka semakin banyak pula halaman yang diindex oleh Google. Hasilnya visitor blog anda akan meningkat dan pundi-pundi juga semakin dekat kepada anda. Namun perlu anda ingat juga untuk mempublikasikan artikel yang bukan duplikat. jika blog atau website anda banyak terdapat konten duplikat maka hasil akhirnya mesin pencari bisa menolaknya dan akhirnya nilai PA akan semakin turun.

Anda harus ingat bahwa SEO adalah seni sehingga tidak ada patokan pasti di dalamnya. Setiap orang bisa saja memiliki metode-metode SEO sendiri dan mungkin metode tersebut tidak bekerja untuk anda. Karena itulah penting bagi anda untuk terus belajar tentang SEO dan menemukan cara tersendiri.

Semoga informasi mengenai cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website di atas bermanfaat untuk anda semua.. Ayo tingkatkan nilai PA dan DA blog anda dengan terus belajar dan mencari informasi dari manapun. Percayalah semua yang anda mulai sekarang akan anda tuai nantinya. karena itulah  hindari melakukan hal-hal yang bisa membahayakan blog atau website anda.

Semoga sukses..

 

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *