Cara menghitung nilai wajar saham

Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghitung estimasi harga wajar suatu saham. Hal ini sangat penting karena sebagai acuan kita dalam membeli suatu saham. Jika suatu saham sudah melebihi nilai wajarnya ada baiknya dihindari karena kemungkinan saham tersebut naik lagi lebih kecil daripada saham yang masih kurang dari harga wajarnya. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung nilai wajar suatu saham antara lain:

1. Metode komparasi yaitu dengan membandingkan rasio P/E dan PBV suatu saham dengan saham perusahaan lain dalam industri sejenis. Metode ini mengasumsikan bahwa pertumbuhan perusahaan-perusahaan dalam industri sejenis adalah seragam. Contoh jika pada industri perbankan rata-rata P/E adalah 13, maka jika ada saham bank dengan P/E dibawah 13 maka kita anggap saham itu murah, dengan catatat pertumbuhan laba perusahaan tersebut mirip dengan rata-rata industri. Jika saham perusahaan A harganya 1000 dan P/E nya 10, maka harga wajarnya = 1000*13/10 = 1300. Cara ini adalah yang paling mudah dan merupakan favorit saya.

2. Discounted Dividend Model. Metode ini menghitung nilai saat ini dari deviden yang diterima dimasa depan. Asumsi yang digunakan dalam metode ini adalah perusahaan selalu membagi deviden dari tahun ke tahun. Rumusnya adalah sebagai berikut:

VALUE OF STOCK = Dividend per Share / (Discount Rate – Dividend Growth Rate)

Dividend per share = Deviden per saham

Discount rate = tingkat return yang kita inginkan

Baca Juga:

Dividend growth rate = tingkat pertumbuhan dividen

Contohnya jika saham Bank Mandiri (BMRI) = 105 dan tingkat pertumbuhan dividen per tahun =20% dan return yang kita inginkan = 21%, maka harga wajarnya adalah 120 / (0.21-0.2) = 12.000. Jika return yang kita inginkan 30% maka harga wajarnya adalah 120 / (0.3-0.2) = 1200. Dapat terlihat bahwa perhitungan harga wajarnya sangat terpengaruh oleh tingkat return yang kita inginkan.

3. Discounted Cash Flow Model. Metode ini menghitung nilai saat ini dari arus kas yang diterima termasuk dividen dimasa depan. Untuk langkah-langkahnya akan dibahan diartikel tersendiri karena langkah-langkahnya banyak.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *