Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Menjalankan rumah tangga bisa diibaratkan seperti menjalankan sebuah negara. Di mana di dalamnya ada salah satu aspek penting yaitu finansial. Sebagai seorang ibu rumah tangga, mengatur pengeluaran bulanan sudah menjadi kewajiban. Nah, apakah anda pernah berpikir untuk tidak hanya berbelanja bulanan saja, tapi lebih ke menghemat pengeluaran rumah tangga? Sayangnya meski penghematan ini penting, tapi cukup banyak ibu rumah tangga yang kurang peduli dengan hal ini. Padahal sedikit kepedulian anda pada pengeluaran rumah tangga bisa membuat kondisi keuangan keluarga stabil dan membaik.

Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Faktanya ada banyak hal yang mempengaruhi jumlah pengeluaran rumah tangga anda. Untuk bisa berhasil dalam menghemat pengeluaran bulanan tentu satu aksi saja tidak akan cukup. Nah, untuk membantu anda, berikut ini ada beberapa cara menghemat pengeluaran rumah tangga yang bisa anda jadikan rekomendasi atau inspirasi:

Sumber: www.cerianakita.com

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Tentukan Prioritas Kebutuhan

Dalam rumah tangga ada banyak kebutuhan yang harus anda beli secara berkala atau dalam waktu tertentu. Sebagai penanggung jawab keuangan di rumah, anda harus memiliki kemampuan atau setidaknya kesadaran dalam memilah kebutuhan. Ingat, bahwa tidak semua kebutuhan sama dan anda harus jeli dalam melihatnya.

Baca Juga:

Selain kebutuhan prioritas miliki bersama, anda juga harus memperhatikan kebutuhan prioritas untuk masing-masing anggota keluarga khususnya untuk anggota keluarga yang masih di bawah umur atau masih harus ada di bawah pengawasan anda.

Pentingnya penggolongan kebutuhan ini karena faktanya banyak rumah tangga yang gagal dalam mengatur keuangannya. Dalam menyusun sebuah anggaran, anda harus tahu bahwa tidak terpenuhinya kebutuhan yang menjadi prioritas bisa menjadi kesalahan fatal.

Di akhir bulan sebelumnya atau di awal bulan saat gaji belum turun, anda sudah harus memiliki rencana anggaran untuk pengeluaran bulanan. Ini penting karena dengan adanya rencana anggaran maka anda bisa dengan mudah mengatur gaji yang ada.

Poin penting lain yang ada di cara menghemat pengeluaran rumah tangga yang pertama ini adalah pemenuhan kebutuhan pokok untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Dengan terpenuhinya kebutuhan utama maka anda dan keluarga hanya memiliki kesempatan kecil untuk melakukan pemborosan bukan?

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Cerdas Dalam Berbelanja Bulanan

Apakah anda tahu, sebagai penganggung jawab keuangan dalam rumah tangga, anda tidak hanya harus sensible dengan pengkategorian kebutuhan. Lebih dari itu anda juga harus cerdas dalam berbelanja bulanan. Di awal bulan, belanja bulanan sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Faktanya, ada beberapa orang yang memilih untuk tidak mencatat daftar belanjaan bulanan. Padahal, dengan memiliki catatan belanja bulanan, anda bisa menekan pengeluaran tambahan atau engeluaran yang tidak perlu lho.

Nah, apakah anda termasuk tipikal orang yang cerdas dalam berbelanja? Berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meniingkatkan kecerdasan dalam berbelanja bulanan:

  • Buat Catatan dan Jangan Melanggar

Buat catatan barang apa saja yang dibutuhkan dan evaluasi lagi apakah kebutuhan tersebut memang perlu. Jika catatan sudah dibuat dan dievaluasi maka anda harus membawanya dan mematuhinya saat berbelanja.

  • Berbelanja Bulanan Secara Langsung

Sebisa mungkin anda harus mengusahakan berbelanja bulanan dalam sekali waktu. Dengan kata lain, luangkan waktu anda untuk berbelanja segala kebutuhan bulanan tanpa harus membuat alasan untuk menundanya dan kembali berbelanja lebih dari satu kali. Meskipun ini sepele tapi anda harus tahu, semakin banyak anda mengulang belanja bulanan maka semakin besar pula kesempatan anda untuk membeli barang-barang lain di luar catatan belanja bulanan. Dalam poin ini disiplin dan komitmen dalam berbelanja sangatlah penting.

  • Manfaatkan Kesempatan yang Ada

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membantu anda menghemat pengeluaran saat berbelanja bulanan. Beberapa di antaranya adalah promo produk di toko, promo di hari atau acara besar, promo diskon atau cashback dari kartu kredit atau debit, promo dari kartu anggota dan bahkan saat ini anda bisa menghemat pengeluaran dengan berbelanja online.

Jika ada kesempatan yang lewat di depan anda, jangan ragu untuk memanfaatkannya dalam membeli kebutuhan bulanan. Tapi sebaliknya,anda harus bisa menahan godaan dari promo yang ada saat semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi ya. Ini penting untuk anda ingat karena faktanya banyak orang yang kalap berbelanja saat melihat kata diskon atau promo.

  • Beli Produk Dengan Kemasan Besar

Kebutuhan pokok seperti sabun, shampoo, minyak, hingga barang-barang kebutuhan pokok lain biasanya dijual dalam berbagai jenis kemasan. Mulai dari kecil, sedang hingga besar. Untuk membantu menghemat pengeluaran, anda harus jeli membandingkan harga produk dengan kemasan yang berbeda. Pada dasarnya, jika anda membeli kemasan kecil maka harga jatuhnya akan lebih mahal dibandingkan dengan anda membeli kemasan yang besar. Selain itu, mengingat produk-produk ini merupakan kebutuhan bulanan untuk keluarga, maka anda harus memilih kemasan besar untuk kemudahan dalam pemakaian.

  • Katalog Bisa Membantu

Jika anda suka berbelanja bulanan di supermarket besar maka anda bisa mengambil catalog yang ada untuk dibawa pulang. Catalog ini akan membantu anda menyusun anggaran belanja bulanan untuk bulan depan. Meskipun harganya tidak akan sama tapi setidaknya anda memiliki gambaran dalam harga barang pada umumnya.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Komitmen Untuk Saving dan atau Investasi

Siapapun anda, berapapun gaji atau pemasukan yang diperoleh, anda tidak boleh melupakan saving atau investasi. Salah satu atau kedua hal ini sama sekali tidak boleh anda tinggalkan apalagi anda abaikan. Di awal bulan setelah gaji diterima, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyisihkan sebagian gaji untuk menabung dan atau investasi.

Hal ini harus anda lakukan di awal bulan untuk menghindari terjadinya pemborosan dan yang pasti demi kenyamanan di masa depan. Untuk melakukan hal ini, anda harus memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi karena godaan untuk berbelanja sangatlah besar dan sulit untuk ditolak.

Pastikan juga anda memiliki rekening berbeda untuk menabung agar tidak ada tumpang tindih antara dana tabungan dan dana lainnya.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Atur Pengeluaran Untuk Jajan atau Makan di Luar

Meski terdengar sepele, tapi pengeluaran untuk jajan atau makan di luar bisa sangat besar jika tidak dikontrol dengan baik. Apalagi saat ini ada begitu banyak kafe, restoran dan juga tempat makan baru dengan berbagai menu yang menggoda. Akan sangat sulit bagi anda untuk mengontrol frekuensi jajan dan makan di luar bagi setiap anggota keluarga.

Untuk itulah, pemahaman akan hal ini sangat penting untuk ditanamkan dalam benak setiap anggota keluarga. Anda juga bisa membantu membatasi pengeluaran untuk jajan dan makan di luar dengan meningkatkan kreatifitas dan kemampuan anda dalam memasak. Mayoritas orang akan jajan atau makan di luar karena makanan itu tidak bisa mereka dapatkan di rumah. Selain itu faktor rasa dan selera sangat mempengaruhi seseorang untuk membeli makanan di luar. Anda harus pandai membaca situasi dan menempatkan diri dalam posisi sebagai koki di rumah. Sebisa mungkin variasikan makanan yang anda buat setiap harinya. Anda tidak harus membuat makanan yang mahal atau ala-ala barat tapi setidaknya pergantian menu secara acak dan rutin akan tetap menjaga selera anggota keluarga untuk makan di rumah. Memberikan bekal yang lezat untuk anak atau suami juga bisa membantu mengurangi pengeluaran.

Di saat akhir pekan, mungkin anda bisa menjajal menu baru dan berbeda dari biasanya. Kemudian anda juga bisa membuat camilan-camilan sederhana yang lezat untuk menekan pengeluaran jajan di luar. Sisi positifnya, semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama keluarga saat menikmati camilan buatan sendiri bisa mempererat hubungan lho.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Kenali dan Kelola Dengan Baik Setiap Pos Pengeluaran

Salah satu cara terbaik untuk menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga adalah dengan pengenalan dan pengelolaan pos anggaran dengan baik. Hal ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan karena anda harus bisa dengan jeli untuk mengenali dan mengelola setiap pos anggaran. Sayangnya, banyak dari kita yang seringkali fokus hanya pada pos anggaran besar karena memang kenyataannya pos-pos ini menyita cukup banyak dana yang anda miliki.

Padahal jika anda sama-sama memfokuskan diri pada setiap pos anggaran maka anda bisa mengetahui pos anggaran mana yang bisa anda hilangkan atau kurangi.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Tidak Fokus Pada Merek

Apa anda tahu bahwa gengsi, prestise dan istilah sejenis lainnya bisa sangat membebani pengeluaran bulanan rumah tangga anda? Fokus pada merek untuk produk atau barang tertentu mungkin masih bisa ditolerir. Tapi jika dalam keseluruhan belanja bulanan berisi produk bermerek maka anda harus mengatakan selamat tinggal pada gaji anda.

Sebagai orang yang tentunya membutuhkan banyak hal dalam hidup, cobalah untuk bersikap rasional. Jangan selalu menuruti nafsu dan juga keinginan sesaat. Jangan juga termakan gengsi atau iklan. Belilah produk bermerek ataupun tidak bermerek dengan pertimbangan rasional dan sesuai dengan gaji yang anda miliki. Jika memang ada dua mereka dengan perbedaan harga cukup jauh, anda harus melihat dulu apakah merek dengan harga lebih rendah memiliki kinerja yang mencukupi kebutuhan anda? Faktanya, anda hanya perlu mencukupi kebutuhan bukannya melebihi dari apa yang anda butuhkan bukan?

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Menyimpan Bahan Makanan Dengan Baik

Makanan adalah salah satu pos pengeluaran dengan budget yang cukup besar. Setiap hari anda dan anggota keluarga butuh makanan dan anda sangat sulit untuk memangkas pengeluaran dari pos ini. Meski begitu, kenyataannya anda bisa memanfaatkan trik untuk menghemat pengeluaran di pos ini. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan bahan makanan dengan baik. Setiap bulan atau beberapa hari sekali anda pasti akan berbelanja bahan makanan yang tahan lama dan juga bahan makanan yang tidak tahan lama.

Dalam hal ini anda harus menyimpan semua  bahan makanan dengan benar tanpa terkecuali. Mulai dari beras, gula, tepung, minyak, keju, telur, sayuran dan bahan makanan lain haruslah disimpan sesuai dengan tekstur dan bahannya. Jangan meletakkan bahan makanan ini sembarangan karena bisa saja bahan-bahan itu rusak karena terkena air, digigit tikus atau bahkan membusuk. Intinya di sini anda harus memahami perbedaan bahan makanan dan cara menyimpannya. Setidaknya hal ini akan membantu stok bahan makanan sesuai dengan ekspektasi anda di anggaran belanja bulanan.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Membandingkan Harga

Bagi ibu rumah tangga yang harus mengatur pengeluaran, berbelanja bisa menjadi boomerang. Hal ini karena keputusan anda dalam membeli sesuatu bisa berujung pada kestabilan finansial selama sebulan ke depan dan bahkan bisa berpengaruh pada kondisi keuangan keseluruhan. Untuk itulah penting bagi anda untuk selalu meminimalkan pengeluaran belanja sebisa mungkin.

Salah satu cara terbaik adalah dengan membeli kebutuhan sehari-hari dengan harga yang paling murah. Murah bukan berarti tidak berkualitas. Intinya kata murah di sini berarti anda harus membandingkan harga dari satu toko dengan toko lain. Jangan terpaku hanya pada satu toko saja, meskipun bagi beberapa orang keloyalan pada sebuah toko bisa cukup bermanfaat.

Anda bisa memanfaatkan saat-saat di mana toko lain mungkin sedang mengadakan promo dan toko langganan anda tidak. Nah, kesempatan ini tidak boleh anda sia-siakan. Setidaknya anda bisa sedikit berhemat untuk bulan ini kan?

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Anda yang tinggal di kota besar tentu tidak asing dengan penggunaan kartu kredit. Apakah anda tahu bahwa kartu kredit bisa membawa bencana dalam rumah tangga anda, khususnya untuk masalah finansial? Kemudahan penggunaan kartu kredit seringkali membuat anda lupa dan berakhir dengan kekalapan dalam berbelanja. Jika anda dan keluarga memang tidak ada masalah dengan kondisi finansial, mungkin anda bisa dikecualikan dalam hal ini. Tapi sekali lagi, untuk anda yang merasa selama ini kesulitan dalam mengelola keuangan khususnya untuk pengeluaran bulanan. Bisa jadi alasannya terletak pada kartu kredit yang anda miliki.

Jadi mulai sekarang sebaiknya anda minimalisir penggunaan kartu kredit. Dan sebaliknya bawa saja uang tunai secukupnya untuk menghindarkan anda dari belanja berlebihan.

  1. Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga – Manfaatkan Produk Subtitusi (Pengganti)

Dalam kehidupan manusia, ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Faktanya semua kebutuhan pada dasarnya memiliki standar yang berbeda untuk setiap orang. Ini terjadi karena perbedaan kondisi finansial masing-masing orang. Nah, khusus untuk belanja bulanan anda bisa menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan produk pengganti atau subtitusi.

Jadi misalkan anda ingin berbelanja daging untuk lauk di rumah. Daripada membeli berkilo-kilo daging sebagai stok, sebaiknya anda membaginya menjadi beberapa bagian. Misalkan anda merubahnya dengan berbelanja daging ½ kg dan telur 1 kg. Mengingat stok lauk tersebut tidak akan cukup untuk satu bulan, maka anda tinggal menambahnya saat berbelanja harian. Menambah di sini bukan berarti anda harus membeli daging atau telur lagi. Tapi sebaliknya, anda bisa membeli produk subtitusi lain seperti tahu, tempe, ikan, dan lain sebagainya. Biasanya bahan-bahan pengganti ini harganya lebih murah sehingga secara otomatis pos pengeluaran ini akan sedikit berkurang.

Ayo mulai berhemat agar kondisi keuangan stabil dan anda bisa lebih menikmati hidup.

Nah, semoga informasi tentang cara menghemat pengeluaran rumah tangga di atas bermanfaat untuk anda semua ya.. Selamat mencoba!!

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *