Cara Menghemat Pemakaian Paket Internet

Gadget dan internet merupakan kesatuan yang sulit sekali untuk dipisahkan. Kalau diandai-andai keduanya mungkin seperti kucing dengan kumisnya. Sudah wajar jika sekarang ini orang sangat ketergantungan dengan yang namanya internet. Berbagai kemudahan yang disediakannya membuat manusia menjadi sangat sulit untuk menjauhkannya dari genggaman terlebih untuk bidang bisnis seperti online marketing. Cara mendapatkan akses intenet ini juga cukup beragam mulai dengan menggunakan jaringan wifi, paket internet, atau bisa juga melalui tethering gratis jika dibolehkan oleh si pemilik paket.

Paket Internet

Banyak yang menggunakan paket internet karena murah sekaligus mudah untuk digunakan. Jika wifi hanya dapat diakses oleh tempat yang dapat dijangkau saja, paket internet bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya kapanpun dan dimanapun. Paket internet dapat dinikmati dengan cara membeli pulsa atau langsung membeli kartu perdana yang setiap nominalnya memiliki batas kuota masing-masing. Jika tidak pandai berhemat bisa jadi kuota yang terbatas tersebut amblas sebelum batas waktu pemakaiannya.

Sumber::http://uceng999.com/

Sumber::http://uceng999.com/

Hasilnya, uang yang dikeluarkan untuk pembelian paket akan membengkak. Untuk menyiasati agar tidak terjadi pembengkakan pengeluarkan hanya untuk membeli paket, cobalah simak dan ikuti beberapa tips cara menghemat paket internet berikut ini:

1. Aktifkan Internet Hanya Saat Dibutuhkan

Jangan mengikuti kebiasan banyak orang dengan mengaktifkan paket internet setiap saat. Paket internet yang aktif akan membuat kuota berkurang sedikit demi sedikit tanpa disadari dan akhirnya akan membuatnya cepat habis meskipun handphone sedang tidak digunakan. Notifikasi yang muncul setiap saat juga akan mengganggu konsentrasi dan membuat penggunannya selalu melihat layar smartphone tanpa melihat sekitar.

2. Pilihlah Paket Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Meskipun sama-sama menggunakan internet, nyatanya setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda dalam penggunaannya. Ada yang hanya digunakan untuk chatting, browsing, dan aktfitas sosial media lainnya, ada pula yang membutuhkan kuota lebih besar untuk download, melihat video, ataupun bermain game. Jika membeli paket yang tidak cocok dengan kebutuhan maka yang terjadi adalah pemberosan. Contoh saja seseorang yang senang melihat video. Dia akan melihat video terus menerus sampai saat dimana kuotanya sudah tidak mencukupi. Jika yang dilihat adalah video yang sangat ia sukai, maka bukan tidak mungkin jika ia akan merelakan pulsanya tersedot untuk melihat lanjutan video tersebut.

3. Perhatikan Sinyal Telepon

Saat sedang pergi berlibur ke luar kota mungkin sebagian orang akan tidak sabar membagikan foto-foto liburan tersebut saat itu juga. Namun ada banyak lokasi yang jauh dari jangkauan sinyal. Jika paket internet terus menyala saat sinyal sedang lemah bisa jadi kuotamu akan cepat berkurang. Gadget dalam kondisi aktif akan terus menerus mencari sinyal yang berimbas pada kuota internet. Lebih baik matikan mode data jika sedang dalam kondisi tersebut. Selain menghemat kuota, hal tersebut juga dapat menghemat baterai handphone.

4. Matikanlah Fitur Auto-Sync

Fungsi utama Auto Sync adalah memberikan update email setiap saat. Sebenarnya fitur ini sangat memudahkan dalam mendapatkan notifikasi jika ada email yang masuk, tapi hal ini juga dapat membuat kuota jadi cepat terkuras. Matikan Auto Sync dan cek email secara manual agar paket internet menjadi lebih hemat.

5. Manfaatkan Wifi

Sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitasi wifi gratis yang bisa diakses oleh semua orang. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berhemat paket internet. Matikanlah paket internet dan hidupkan wifi untuk bisa berinternet secara gratis.

6. Jangan Malas Untuk Mengecek Kuota Pemakaian

Saat seseorang sedang asyik dengan dunia internet, hanya sekedar mengecek kuota saja akan sangat berat untuk dilakukan. Mengecek kuota bisa jadi sangat penting karena akan jadi rem yang ampuh untuk membatasi penggunaan internet. Jangan sampai kuota tinggal sedikit malah digunakan untuk sesuatu yang menyedot banyak kuota.

Internet memang sangat penting untuk generasi era digital, tapi jika pengeluaran paling besar adalah hanya untuk membeli pulsa ataupun paket akan sangat merugikan. Jika internet bukan merupakan sumber penghasilan, maka jangan pula menjadikan internet sebagai sumber keborosan. Pandai-pandailah dalam memanfaatkan uang dan pintarlah dalam menentukan prioritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *