4 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Memiliki kartu kredit memang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kita akan merasa bebas dan leluasa untuk belanja apapun yang kita inginkan tanpa harus kebingungan untuk menyiapkan uang tunai. Sayangnya saat berbelanja dengan kartu kredit ini, banyak orang yang tidak bisa mengendalikan dirinya untuk terus berbelanja hingga melebihi limit (batas). Saat mengetahui tagihan kartu kreditnya sangat besar maka barulah mereka menyesal dengan kegiatan belanja yang telah dilakukannya. Maka dari itu ketika Anda akan berbelanja dengan kartu kredit sebaiknya Anda harus bijak dengan cara menahan keinginan atau hasrat Anda untuk berbelanja. Berikut beberapa cara untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak.

31824-bank-card-credit-card-machine

  1. Sesuaikan dengan Pendapatan Anda

Cara pertama untuk bijak menggunakan kartu kredit adalah dengan menyesuaikan dengan pendapatan Anda. Sebelum memutuskan untuk mengambil kartu kredit, cobalah untuk menghitung atau melakukan perhitungan. Mulailah dengan membuat list kebutuhan dan menghitung pengeluaran Anda selama sebulan. Hitung berapa pengeluaran Anda dari kebutuhan pokok bulanan, tagihan listrik dan air, hingga biaya uang sekolah anak dan sebagainya. Setelah Anda membuat list dan menghitungnya, cobalah untuk membandingkannya dengan pendapatan Anda. Jika memang Anda mendapati ada selisih yang cukup untuk membayar kartu kredit, maka Anda bisa membuat kartu kredit. Namun jika tidak ada selisih atau ada selisih yang sedikit maka sebaiknya Anda melupakan untuk membuat dan menggunakan kartu kredit.

  1. Belilah Barang yang Anda Butuhkan, Bukan yang Anda Inginkan

Kebanyakan orang yang kehilangan kendali dalam penggunaan kartu kreditnya memang memiliki kepribadian yang selalu ingin memenuhi keinginannya. Padahal keinginan manusia ini tidak pernah ada batasnya. Maka dari itu jika Anda ingin lebih bijak dalam penggunaan kartu kredit, maka Anda harus bisa mengendalikan keinginan Anda. Lebih dari itu daripada berfokus pada keinginan, Anda harus mengalihkan pemikiran Anda pada hal-hal atau keperluan yang dibutuhkan. Dengan memfokuskan diri pada hal-hal yang dibutuhkan maka Anda akan mampu menghemat pengeluaran dari kartu kredit Anda. Dan pada akhirnya penggunaan kartu kredit yang melebihi limit hingga membuat tagihan membengkak akan bisa Anda hindari.

  1. Jangan Berbelanja Tanpa Rencana

Ketika Anda diajak main oleh teman Anda ke mall, mungkin saja Anda tidak ada keinginan apapun kecuali hanya untuk menemani teman Anda. Tapi dalam kenyataannya ternyata banyak orang yang awalnya tidak ada niatan untuk membeli sesuatu namun saat berada di dalam mall mereka justru melakukan pembelian. Ada juga kasus yang sering terjadi dimana seseorang yang hanya ingin membeli satu barang, namun saat berada di toko, ternyata mereka melakukan banyak pembelian. Dari sini maka bisa terjadi penggunaan dan tagihan kartu kredit yang membengkak. Untuk mengantisipasi hal ini maka Anda harus membiasakan diri Anda untuk membuat rencana atau daftar belanjaan atau kebutuhan yang akan Anda beli. Selain itu Anda harus berjanji pada diri sendiri untuk tidak melebihi daftar belanjaan yang Anda telah daftar.

  1. Jangan Bawa Kartu Kredit dan Sediakan Uang Tunai Secukupnya Saat Anda Keluar Rumah

Terakhir, cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan menyediakan uang tunai yang cukup saat keluar rumah. Namanya manusia memang kita tidak akan bisa melepaskan dari dari hasrat atau keinginan untuk membeli. Meski kita sudah berniat dengan sungguh-sungguh, namun disuatu waktu bisa jadi kita akhirnya melanggar janji untuk hanya belanja kebutuhan kita. Maka untuk mengantisipasi keinginan belanja yang menggubu-gebu dan berlebihan ini Anda bisa menerapkan strategi berikut ini. Jangan bawa kartu kredit Anda dan sediakan saja uang tunai secukupnya saat Anda akan keluar rumah. Dengan cara ini maka dijamin Anda akan kesulitan untuk bisa berbelanja dengan berlebihan, karena hasrat berbelanja Anda akan dihalangi dengan uang yang secukupnya itu saja.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *