Cara Mendapatkan Investasi Dari Modal Ventura

Dalam berbisnis komponen modal usaha merupakan faktor yang amat penting. Adanya modal ini mampu menjamin pengadaan bahan baku dan proses produksi serta pemasarannya. Apabila anda memiliki tabungan yang cukup untuk modal usaha tentunya memudahkan anda dalam membangun bisnis yang anda impikan.

Modal Ventura

Sayangnya tidak semua pebisnis mengalami kemudahan seperti itu ada pula yang mendapatkan modal usaha dengan meminjam uang dari bank. Itu pun tak semua pengajuan kredit disetujui hal ini membuat beberapa orang memilih untuk mendapatkan investasi dari modal ventura. Modal ventura ialah modal yang didapat dari perusahaan pembiayaan selain bank yang umumnya dalam penanaman modal mengandung resiko tinggi.

Sumber :https://res.cloudinary.com/

Kelebihan Dan Kelemahan Modal Ventura

Perusahaan ventura memang sering menargetkan perusahaan baru untuk dibiayai. Perbedaan perusahaan modal ventura ini dengan bank ialah pihak bank hanya sampai dalam pembiayaan atau pinjaman perusahaan sedangkan perusahaan modal ventura juga masuk dalam manajemen perusahaan. Kelebihan dari modal ventura ini diantaranya ialah :
1. Mampu memperluas jaringan usaha
2. Sistem repayment yang murah
3. Sumber pembiayaan yang juga akan memonitor maju mundurnya usaha anda
4. Naiknya pamor perusahaan anda didompleng reputasi perusahaan modal ventura yang lebih dulu dikenal baik

Baca Juga:

Tidak hanya memiliki kelebihan saja ternate modal ventura juga mempunyai beberapa kelemahan diantaranya sebagai berikut :
a. Apabila perusahaan yang dibiayai sukses maka pengembalian dananya juga ikut besar
b. Bisa saja pendiri perusahaan kehilangan control dan kepemilikannya sebab sebagian besar saham serta manajemen dimiliki pihak perusahaan modal ventura
c. Bantuan pembiayaan ini biasanya diterima oleh perusahaan yang benar- benar bagus sehingga tidak sedikit pula yang ditolak.

Jenis – Jenis Modal Ventura

Modal venturea ternyata juga bermacam – macam jenisnya seperti equity financial dan semi equity financial. Sistem bagi hasil hingga pendirian perusahaan baru juga ada dalam modal ventura. Ada juga tipe – tipe ventura seperti seed capital, start up capital, expandion capital dan masih banyak lagi lainnya.

Proses Mendapatkan Investasi Modal Ventura

Rencana bisnis

Sama halnya denan pinjaman pada umumnya modal ventura juga memerlukan rencana bisnis dari perusahaan yang hendak dibiayai. Rencana bisnis tersebut terdiri dari latar belakang dan pengalaman owner, ulasan persaingan bisnis dan solusinya, proyeksi keuangan dan deskripsi atas potensi bisnis anda.

Pertemuan

Apabila rencana bisnis anda dinilai menarik maka pihak dari perusahaan modal ventura alan menghubungi anda. Kemudian akan dilakukan wawancara singkat unuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis yang hendak dibangun.

Due diligence

Durasi dalam tahap ini bervariasi namun anda akan menerima banyak email dan telepon serta evaluasi bisnis dan produk selama proses ini berlangsung. Hal ini lumrah terjadi sebab dalam proses pertukaran informasi.

Dokumen perjanjian

Tahap selanjutnya ialah term sheet yang perlu anda cermati hati – hati. Jangan sampai anda tidak paham akan kontrak dan merasa dirugikan akan ketidak tahuan ini dimasa depan. Dokumen perjanjian ini bisa saja anda negoisasikan jika ada poin yang memberatkan. Proses ini umumnya memakan waktu hingga tiga minggu untuk memenuhi legalitas dokumen.

Setelah semua proses dilalui barulah anda dapat memperoleh pencairan modal. Untuk mendapatkan modal ventura ini anda harus ingat bahwa rencana bisnis haruslah tampil sempurna yakni menarik dan diakui kualitasnya.

Bisnis anda memiliki prospek profitabilitas yang tinggi ketimbang resiko kerugian. Hal ini bisa diukur dengan tingkat kebutuhan konsumen akan produk anda, lokasi usaha hingga competitor yang dimiliki.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *