Cara mencari uang tambahan

Dalam keadaan ekonomi yang sulit kita harus pandai mencari uang tambahan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memperoleh uang tambahan. Berikut adalah10 cara yang dapat anda coba:

  1. Jika mempunyai pengalaman unik atau memiliki cerita yang layak di bagi, anda dapat memcoba membuat blog. Ketika blog tersebut menjadi ramai dapat di pasangkan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Yang harus di pikirkan adalah bagaimana caranya menulis yang menarik dan disukai banyak orang. Setelah itu bagaimana memasarkan blog tersebut sehingga ada banyak orang yang membacanya. Ketika blog sudah ramai misalnya memiliki pengunjung diatas 1000 orang per bulan maka anda dapat mencoba menjual space iklan melalui Google Adsense.
  2. Jika mempunyai uang yang berlebih, dapat di investasikan pada reksadana atau saham. Sebagai pemula kita dapat mulai dengan memilih reksadana dengan tingkat resiko yang rendah seperti reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Tentunya hasil yang diperoleh umumnya lebih rendah jika dimasukkan ke saham. Hasil reksadana pendapatan tetap biasanya berbanding terbalik dengan bunga deposito. Ketika suku bunga turun, maka return reksadana pendapatan tetap biasanya akan naik.
  3. Jika ada lahan kosong di rumah terutama di depan rumah, cobalah membuka warung kecil-kecilan yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti teh, kopi, gula, terigu, dan minyak. Dapat juga menjual makanan ringan, gorengan, bubur kacang hijau atau Indomie.
  4. Jual keahlian yang anda dimiliki, misalnya jika jago membuat website dapat menawarkan jasa pembuatan website. Jika jago berbahasa Inggris dapat memulai bisnis kursus bahasa inggris atau jasa menterjemahkan dokumen. Atau jika mempunyai keahlian dalam design, anda bisa mencoba menjual jasa design brosur atau logo.
  5. Menjual barang-barang yang bekas yang sudah tidak digunakan lagi untuk memperoleh uang tambahan. Anda dapat menjualnya di situs-situs online seperti OLX dan tokobagus.com. Misalnya menjual pakaian atau sepatu yang kesempitan.
  6. Menjadi makelar atau mempertemukan penjual dan pembeli merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya ada teman yang ingin menjual mobil atau rumah dan kita mengenal orang yang ingin membelinya, anda dapat mempertemukan mereka. Umumnya anda dapat menerima komisi dari sang penjual
  7. Memperoleh penghasilan dari hobi, misalnya dari hobi menulis bisa mengirimkan artikel ke koran atau majalah, atau membuat website sendiri. Jika memiliki hobi memasak, maka dapat memulai bisnis berkaitan dengan makanan, misalnya membuka warung kecil atau bisnis katering. Hasil masakan dapat dijual secara online dengan bantuan social media.
  8. Membuka toko online dapat juga menjadi sumber uang tambahan. Dengan hanya Rp 500.000,- anda sudah dapat memiliki toko online simple. Bagi anda yang memiliki modal kecil dapat menggunakan sistem dropship, dimana pesanan dari customer akan dikirimkan langsung oleh supplier. Jadi anda hanya menerima pembayaran dari pembeli dan kemudian membayar supplier agar barangnya dapat dikirim ke customer anda.
  9. Satu cara lagi yang kadang tidak terpikirkan untuk memperoleh uang tambahan adalah dengan cara berhemat. Misalnya dengan mengurangi makan diluar. Agar lebih efektif, tulislah daftar pengeluaran bulanan anda dan berdasarkan daftar pengeluaran tersebut, kita dapat mempertimbangkan untuk mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak terlalu perlu.

Demikian beberapa cara mencari uang tambahan. Setelah mendapatkan uang tembahan, lebih jika di tabung atau di investasikan agar uangnya semakin banyak.

Baca Juga:

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *