Cara Mencari Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah

Apakah anda sedang mulai membuka usaha? Pernahkah anda bermasalah dengan mencari modal usaha? Modal merupakan hal paling krusial dalam memulai sebuah usaha. Tanpa adanya modal, bisni yang ingin kita jalankan akan sulit dimulai. Sebelum memulai bisnis maka yang perlu anda pikirkan adalah darimana modal anda berasal. Modal akan dipengaruhi oleh bisnis yang anda jalankan. Semakin besar bisnis yang akan dijalankan maka modal yang dibutuhkan akan semakin besar.

modal-usaha

Modal Usaha

Banyak cara dapat anda lakukan untuk memperoleh modal usaha yang anda butuhkan. Beberapa hal dibawah ini dapat anda lakukan untuk mencari modal usaha dengan cepat dan mudah

Baca Juga:

1. Manfaatkan pinjaman yang dikelola pemerintah atau swasta

Saat ini sudah banyak program baik dari pemerintah atau swasta yang menawarkan peminjaman modal bagi pelaku usaha. Anda dapat memanfaatkan program ini mendapatkan modal usaha. Sebelum mendapatkan modal tersebut tentu anda perlu memenuhi beberapa persyaratan, misalkan membuat business plan dan sebagainya. Hal tersebut tentu bukan kendala berarti jika bisnis anda telah jelas arahnya.

2. Menggunakan uang tabungan

Uang tabungan adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan modal. Anda cukup menyisihkan sebagian gaji tiap bulan untuk dijadikan modal usaha. Tentunya anda perlu sedikit bersabar untuk mendapatkan jumlah uang cukup besar, namun hal itu tak kan menjadi masalah mengingat menggunakan uang dari kantong sendiri akan mengurangi berbagai resiko terkait daripada mencari pinjaman.

3. Menjual aset yang anda miliki

Jika anda memiliki aset atau benda berharga yang sudah tak dipakai, anda dapat menjualnya dan dijadikan modal usaha. Perhatikan seisi rumah anda, adakah barang yang sudah tak digunakan lagi. Jual barang yang telah tak digunakan atau barang yang menurut anda kurang perlu anda gunakan. Anda mungkin harus merelakan beberapa barang anda, namun hasil penjualan dapat anda gunakan untuk dijadikan modal usaha.

4. Mengadaikan aset yang anda miliki

Jika anda masih belum rela kehilangan berbagai barang anda, anda tidak perlu menjualnya. Anda dapat mengadaikan barang berharga anda. Pilihlah pegadaian yang terpercaya keamanannya. Biasanya bunga di pengadaian lebih rendah daripada di bank, sehingga akan cukup mudah bagi anda untuk menebus barang yang telah anda gadaikan.

5. Melakukan pinjaman dari orang disekitar

Anda juga bisa pinjam modal dari rekan, teman atau sanak famili anda. Jika mereka merasa jumlah yang anda pinjam terlalu besar, anda bisa melakukan pinjaman kecil ke beberapa orang sehingga orang yang meminjamkan uang ke anda tidak merasa keberatan.

6. Melakukan kerjasama

Anda juga bisa mengajak teman atau rekan anda untuk mendirikan bisnis bersama. Anda hanya perlu mengutarakan ide anda, jika rekan atau teman anda setuju maka modal usaha bisa anda peroleh dengan mudah. Kalaupun anda perlu patungan, maka modal yang anda keluarkan juga tidak terlalu besar. Keuntungan lainnya anda mungkin akan mendapatkan ide segar dari rekan usaha anda.

7. Mendapatkan modal dari konsumen

Tidak sedikit usaha yang dimulai dengan modal nekat. Mereka mengumpulkan uang yang didapat dari konsumen untuk memulai usaha. Bagaimana caranya? Misalkan anda ingin memulai bisnis bimbingan belajar. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan promosi, tawarkan pada sebanyak mungkin orang sehingga mereka tergiur untuk menggunakan jasa bimbingan belajar mereka. Anda kemudian meminta peserta bimbingan belajar untuk melakukan pembayaran seperti pendaftaran dan sebagainya, uang hasil pendaftaran dapat anda gunakan untuk membayar sewa tempat usaha, membeli meja dan kursi, membeli alat tulis dan sebagainya.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *