Cara Memulai Bisnis Mesin Fotocopy

Ada lagi satu peluang usaha untuk anda, usaha jual beli mesin fotocopy. Mengapa mesinnya bukan usaha fotocopynya, usaha fotokopi sangatlah menjamur. Para pengusaha fotokopi membutuhkan mesin yang baru atau service mesinnya agar usaha mereka terus berjalan. Disnilah anda memperjual belikan mesin fotocopy baru dan bekas atau anda juga bisa menyewakannya untuk pengusaha fotokopi yang baru ingin membangun usaha dan modal tak cukup untuk membeli mesin yang baru.

Bisnis Mesin Fotocopy

Bagaimana cara memulainya, mulailah dulu dari mencari distributor mesin fotokopi baru atau anda ingin langsung menghubungi pabriknya untuk memesan cukup banyak mesin fotokopi. Jangan hanya mesin yang baru, mesin bekas pun bisa anda gunakan untuk memulai bisnis ini. Harga mesin fotokopi bekas juga masih cukup tinggi untuk kembali diperjual belikan. Apalagi anda bisa memperbaikinya sendiri.

Sumber: http://iosolutions.com.my/

Sumber: http://iosolutions.com.my/

Bukan rahasia mesin bekas biasanya memiliki beberapa masalah dari pemiliknya yang terdahulu. Dari distributor dan mesin bekas anda dapat menaksirkan harga yang pasti untuk setiap mesin yang hendak dibeli. Sekarang saatnya anda menyiapkan modal anda. Berapakah modal yang harus anda keluarkan dari kantong anda adalah tergantung seberapa besarnya anda ingin membuka bisnis ini. Ingat modal ini bukan hanya untuk membeli mesin namun untuk menyewa toko atau membeli toko jika anda tidak ingin menyewa. Anda juga bisa menjualnya lewat internet yang memangkas biaya toko dan lainnya. Saat anda membuka usaha resmi dan pertokoan jangan lupa untuk mengurus ijin badan usahanya terlebih dahulu.

Hal ini yang sangat penting jika tidak usaha anda akan ditutup paksa dari pemerintah setempat dimana anda tinggal. Tengoklah beberapa minimarket yang ditutup paksa oleh pemerintah ketika tidak mempunyai ijin resmi. Meskipun minimarket tersebut cukup terkenal tetap tiada ampunan, jika tidak memiliki surat mendirikan ijin usaha maka pemerintah tidak segan – segan menutupnya. Tenang, saat ini pelayanan pemerintah lebih ramah dan terkendali. Lebih baik anda mengurusnya sendiri surat perijinan jika anda tidak sibuk. Bila anda mengurus sendiri maka akan jauh lebih murah dan menutup kesempatan oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat curang.

Lokasi, jika dalam teori marketing Places / Tempat merupakan urutan pertama dalam merencanakan usaha maka begitupun juga saat anda membuka usaha mesin fotokopi. Jelas usaha ini harus berada dipinggir jalan. Tidak perlu jalan besar karena ini mesin fotokopi yang tak memerlukan truk untuk membawanya hanya membutuhkan mobil bak terbuka. Jika anda ingin menjualnya dengan online maka anda juga harus memastikan rumah anda atau tempat penyimpanan anda harus bisa dilewati oleh minimal mobil. Mesin fotokopi tidak bisa dibawa dengan motor kecuali motor roda 3.

Koneksi, ini adalah hal penting lainnya anda harus membangun koneksi anda. Dimana koneksi ini akan turut membantu kesuksesan anda berikutnya. Jika satu konsumen yang membeli mesin dari anda dan puas dengan cara kerja dari anda dan team maka konsumen anda tak akan segan segan untuk memberikan tawaran kepada koleganya yang lain.

Kualitas, dalam berbisnis apapun kualitas adalah yang utama. Meski anda menjual mesin fotokopi bekas tetap jaga kualitas dari mesin – mesin yang anda jual. Lebih baik anda cek kembali mesin anda sebelum anda mengirimnya kepada pembeli agar pembeli anda tidak kecewa. Pembeli adalah raja.

Pelayanan, bagaimana anda dan team anda melayani konsumen anda adalah hal yang juga dinilai oleh konsumen. Responsiflah atas apa yang pelanggan anda tanyakan atau mungkin keluhkan. Datanglah tepat waktu jika terjadi sesuatu dengan mesin anda dan perlu diperbaiki dalam masa garansi ataupun tidak. Segeralah mebuka usaha. Membuka usaha selain membuat pundi – pundi kekayaan anda bertambah, anda juga akan membantu Indonesia dalam masalah ekonomi dan juga pengangguran. Selamat berbisnis dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *