Cara Memilih Perusahaan Sekuritas yang Baik

Apa itu sekuritas? Sekuritas dikenal pula dengan kata efek. Benda ini adalah sebuah dokumen berupa surat berharga (sertifikat) berupa fisik ataupun elektronik yang menandakan bahwa seseorang memiliki sebagian kepemilikan atas atau piutang kepada sebuah perusahaan. Oleh karenanya sekuritas ini dapat diperjualbelikan. Wujud dari sekuritas ini biasanya saham ataupun obligasi (surat utang).

Sebagai investor yang sudah atau akan memulai investasi di dunia pasar modal, anda tentu menyadari pentingnya keberadaan perusahaan sekuritas atau yang sering disebut pialang (broker). Mereka adalah tempat bagi anda untuk melakukan transaksi di pasar modal. Nah, di antara begitu banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan jasanya untuk membantu anda, mana yang sebaiknya anda pilih untuk bisa memaksimalkan finansial anda? Mari kita selidiki uraian berikut:

:: Pahami Terlebih Dahulu Kebutuhan Anda

Pertama-tama, anda perlu menakar terlebih dahulu kebutuhan anda terhadap perusahaan sekuritas. Pasalnya, mereka sendiri memiliki dua jenis yang berbeda. Jenis pertama menawarkan jasa tak penuh atau discount broker. Perusahaan jenis ini benar-benar murni hanya memfasilitasi anda untuk bertransaksi saham, baik menjual atau membeli. Kewajibannya adalah memenuhi permintaan investor untuk membuat laporan pembelian dan penjualan, itu saja. Jenis kedua menawarkan jasa penuh atau full service broker. Berbeda karakter dengan yang pertama, perusahaan tersebut selain memfasilitasi kegiatan transaksi saham juga memberikan nasihat investasi kepada investor. Nasihat ini tentu sangat membantu investor untuk mengambil keputusan. Untuk perusahaan yang kedua ini mereka biasanya melengkapi diri dengan perangkat penting seperti divisi riset untuk mengamati dan menganalisis pasar satu per satu demi mendapatkan rekomendasi terbaik. Biasanya mereka juga mengamati pemberitaan surat kabar soal investasi tertentu untuk dianalisis dan menghasilkan portofolio dan manajemen risikonya kepada investor. Dengan pelayanan yang demikian, jadi wajar kalau biaya untuk perusahaan kedua lebih besar. Maka tentukan dulu kebutuhan anda, sehingga anda bisa menyiapkan dana tertentu untuk itu.

Baca Juga:

:: Perusahaan Tersebut Legal di Mata Hukum

Tentu saja anda harus memilih perusahaan sekuritas yang memiliki ijin secara legal untuk beroperasi menjalankan bisnisnya. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa bisnis pialang seperti ini memiliki logika yang sama dengan bank, yakni kepercayaan. Kendati begitu kita tidak sepantasnya percaya begitu saja, karena ini bukanlah agama. Kita harus punya dasar yang kuat untuk mempercayakan transaksi saham kita. Setidaknya karena perusahaan tersebut legal, anda mendapatkan perlindungan dana nasabah. Kalaupun terjadi kasus yang merugikan, pengaduan bisa anda sampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) ataupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya segera bisa ditangani. Cara termudah untuk mengetahui legalitas perusahaan tersebut adalah melihat ijin wakil perantara pedagang efek (WPPE), wakil manajer investasi (WMI), dan wakil penjamin emisi (WPE) yang dikeluarkan oleh otoritas terkait.

:: Kekuatan dalam Riset adalah Keunggulan Utama

Barangkali tidak banyak yang menyadari hal ini karena hasil riset seringkali dianggap sebagai manipulasi karena kepentingan pihak tertentu. Namun bagaimanapun juga kekuatan sebuah perusahaan dalam melakukan riset adalah keunggulan utama yang perlu anda pandang dengan mantap. Pasalnya, dinamika pergerakan saham ini sangat cepat berubah tergantung pada kondisi perekonomian yang ada. Perusahaan sekuritas hendaknya bisa melakukan riset dengan objektif dan komprehensif untuk mendapatkan hasil yang akurat. Hasil yang akurat tentu akan membuahkan analisis yang baik, serta rekomendasi yang tepat untuk anda perhatikan. Cara untuk mengidentifikasi keunggulan riset pada sebuah perusahaan sekuritas ini misalnya dilihat dari frekuensi dan cakupan riset. Melakukan riset secara berkala dan lebih sering tentu akan memunculkan hasil yang lebih akurat dan dapat digunakan untuk memprediksi keputusan anda. Cakupan riset yang luas menandakan mereka berkomitmen penuh dengan memiliki analis yang lebih banyak guna menganalisis perusahaan emiten di bursa.

:: Memiliki Reputasi yang Baik

Orang ketika mau masuk kerja saja seringkali harus menyertakan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) yang sekarang diganti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk melihat catatan orang tersebut di kepolisian. Ini berguna untuk melihat bagaimana reputasi anda di mata hukum, apakah pernah melakukan pelanggaran atau tidak. Orang saja begitu, apalagi sebuah perusahaan sekuritas yang sangat diandalkan karena kepercayaannya. Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi yang baik. Kalau anda mendapatkan penawaran yang menarik dari sebuah perusahaan sekuritas, jangan langsung diambil karena tergiur, tetapi perhatikan dulu track record mereka, apakah sudah pernah terkena sanksi dari otoritas atau belum karena telah melanggar aturan tertentu. Sebenarnya setiap perusahaan sekuritas bisa saja melakukan pelanggaran karena kerusakan sistem atau kelalaian orang, tetapi perusahaan yang tidak pernah melanggar setidaknya menunjukkan bahwa mereka punya komitmen untuk berjalan pada rel yang sudah ditentukan.

:: Perhatikan Besaran Modal dan Likuiditas

Ketika melihat perusahaan sekuritas yang anda minati, cobalah ketahui berapa modal kerja bersih disesuaikan (MKDB) dari perusahaan tersebut. MKBD adalah modal minimum yang harus dimiliki perusahaan untuk menghitung besaran modal sekuritas anggota bursa (AB) berdasarkan aset dan modal perusahaan dikurangi dengan komponen kewajibannya. Logikanya begini, semakin besar MKDB yang dimiliki, maka sekuritas tersebut semakin kuat juga. Selain itu, modal yang besar akan memungkinkan semakin banyak transaksi dan aktivitas bisnis yang dijalani oleh perusahaan tesrebut. Selain modal, kita juga perlu melihat aspek likuiditas yang dilakukan perusahaan. Ketika aset lancarnya memiliki nilai lebih besar dari kewajiban lancar, artinya memiliki likuiditas yang baik. Kedua hal ini hendaknya anda perhatikan untuk memperoleh perusahaan sekuritas yang sesuai harapan.

:: Karena Ini Soal Jasa, Perhitungkan Fasilitas yang Mereka Tawarkan

Betul bahwa ini soal jasa, maka kita memang harus melihat apa saja fasilitas yang mereka tawarkan. Beberapa fasilitas penting yang perlu anda perhatikan adalah adanya margin trading, pelaporan penempatan dana yang anda punya (termasuk aliran dananya), laporan tahunan, dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini memungkinkan anda untuk mengetahui lebih banyak bagaimana uang anda bekerja dalam saham tersebut. Terlebih jika perusahaan sekuritas tersebut memiliki kekuatan riset yang unggul, mereka juga pasti akan menawarkan fasilitas yang baik pula dengan memperikan rekomendasi portofolio saham beserta manajemen risiko yang baik untuk anda ketahui. Selain itu perhatikan juga perusahaan yang memungkinkan anda untuk memonitor data realtime atau data terbaru soal perdagangan saham dan pergerakan hal-hal yang di sekitarnya. Tentu saja hal itu perlu diperhatikan karena bisa saja mengubah harga saham yang kemudian membutuhkan tindakan anda dengan cepat untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul. Selain itu, menyediakan pialang online (melalui internet) tentu saja fasilitas terbaik yang perlu anda beri nilai plus.

:: Perhatikan Biaya Transaksi yang Diajukan

Ini adalah poin terakhir yang bisa kami sampaikan kepada anda. Bagaimanapun, ukuran jasa tidak dapat dimengerti dengan baik. Nilai ekonomi sebuah jasa sangat tergantung dari reputasi, kualitas, pelayanan, dan hal-hal lain yang barangkali sulit diukur dengan presisi. Maka perhatikan pula biaya yang mereka ajukan ketika anda sebagai investor akan melakukan transaksi. Anda boleh saja memilih biaya yang paling rendah dari antara para perusahaan sekuritas, tetapi jangan pernah mengorbankan kualitas pelayanan. Salah satu cara melihat pelayanannya adalah banyaknya rekomendasi yang datang kepada anda soal perusahaan tersebut dari kenalan, relasi, atau keluarga yang telah menggunakan jasanya. Namun berhati-hatilah, memilih perusahaan sekuritas dengan pekerja terbatas tetapi investor yang terlalu banyak tentu saja akan menurunkan kecepatan atau kualitas pelayanan mereka. Barangkali memang sulit untuk menentukan, tapi di situlah letak seninya mencari perusahaan sekuritas.

Melihat pentingnya perusahaan sekuritas, maka sebaiknya anda bisa menjadikan beberapa poin di atas sebagai referensi anda. Apakah anda memiliki saran lain yang penting untuk dibagikan? Mari menulislah di kolom komentar di bawah.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *