Cara Memilih Domain

Tags:

Dunia internet telah lama berkembang dan bergaul dengan dunia bisnis dalam berbagai hal mulai dari komunikasi hingga marketing online. Bila dahulu anda melihat iklan ramai berlalu lalang di media cetak dan televisi kini iklan juga bisa ditemui di internet seperti laman website ataupun blog. Tak heran jika kini banyak sekali website atau blog bisnis berhamburan di dunia maya.

Domain

Salah satu hal yang berperan penting dalam sebuah website atau blog ialah nama domain itu sendiri. Nama domain memiliki kekuatan besar dalam hal internet marketing dan branding sebuah website. Selain desain, memilih nama domain yang membangun citra website anda bisa dikatakan gampang – gampang susah. Fungsi domain sendiri ialah mempermudah netizen dalam melakukan akses ke server yang juga sering disebut dengan URL atau alamat website.

Sumber: http://www.director66.com/

Sumber: http://www.director66.com/

Berikut tips bagi anda dalam memilih domain yang baik untuk situs yang akan anda buat:

a. Gunakan Nama Yang Singkat

Langkah pertama dalam menentukan nama domain ialah jangan menggunakan nama yang sulit dan terlalu panjang. Cukup gunakan maksimal 20 karakter saja untuk nama domain situs anda. Nama yang terlalu panjang dan sulit dieja akan membuat bingung pengunjung blog anda. Nama domain yang mudah diucapkan dan gampang dimengerti memudahkan orang mengaksesnya dan menyebarkan secara verbal.

b. Berbeda Bukan Mirip

Ingat menentukan nama domain juga tidak boleh meniru atau membeli domain yang mirip dengan website atau situs yang sudah ada. Jangan membeli domain yang telah memiliki merek dagang contohnya saja amazon.com sebab anda bisa saja dituntut oleh pemiliki merek dagang tersebut. Hindari pula karakter atau tambahan kata yang tidak diperlukan seperti angka atau minus sebab mempengaruhi SEO sebuah situs.

c. Gunakan Top Level Domain

Ada baiknya anda menggunakan top level domain berekstensi seperti com. Penggunaan top level domain ini juga mampu membangun kepercayaan pengunjung situs anda sebab kebanyakan orang akan membuka situs yang memiliki top level domain terlebih dahulu ketimbang lainnya. Anda bisa menggunakan situs www.domainsbot.com untuk melihat ketersediaan nama domain.

d. Gunakan Kata Kunci Tertarget

Anda juga bisa menggunakan nama pribadi atau nama panggilan yang biasa dikenal oleh teman – teman dunia maya anda. Penggunaan kata kunci tertarget ini bisa juga sesuai dengan isi website anda seperti carajadikaya.com. Terlebih nama domain juga mewakili gambaran diri anda sehingga bijaklah dalam menentukan namanya.

e. Hindari Nama berbau SARA dan Porn

Jangan gunakan nama domain berbau SARA ataupun porn sebab bisa – bisa situs anda akan diblacklist oleh mesin pencari. Nama yang berkesan ke arah negative juga akan membuat orang enggan untuk berkunjung. Buatlah nama domain yang memiliki kesan dan makna yang luas serta baik. Anda juga bisa menggunakan nama toko online atau usaha anda sebagai nama domain.

f. Beli Dari Registrant Terpercaya

Bila anda membeli domain dari registrant maka jangan mudah terpengaruh dengan harga murah namun kualitas bawah. Pilihlah registrant terpercaya atau yang memiliki review baik dari klien – kliennya. Beberapa orang memilih menggunakan namecheap.com sebagai registrant mereka dengan harga domain standar sekitar $.9.98 per domain. Anda bisa pula dikenai harga dibawah itu jika memiliki kupon diskon. Namecheap.com juga menyediakan whois guard secara gratis pada tahun pertama anda menggunakan jasa mereka.

Itulah tadi beberapa tips dan trik yang bisa anda gunakan dalam memilih nama domain yang baik. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk anda yang hendak membangun blog ataupun website.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *