Cara Membuat Blog Dengan WordPress.Com

Kehidupan manusia saat ini memang tidak dapat dijauhkan dengan media digital. Media digital dengan berbagai fiturnya dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Orang-orang yang cerdas bahkan menggunakan media digital sebagai suatu peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang fantastis, salah satunya adalah dengan membuat blog. Blog sendiri merupakan singkatan dari web blog yang berarti bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

WordPress.Com

Selain berisi tulisan atau informasi, web juga bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk (jual beli). Jika web anda telah dikenal banyak orang, bukan tidak mungkin jika ada perusahaan yang mengiklankan produknya di web anda, dan kesempatan ini dapat memberikan penghasilan yang lumayan besar. Lalu bagaimana cara membuat web? Membuat web sebenarnya sangat mudah, namun terkadang anda harus memiliki ketrampilan tertentu.

Sumber: https://s.w.org/

Sumber: https://s.w.org/

Akan tetapi, bagi pemula yang ingin membuat web, ada cara mudah yang dapat dilakukan, yakni dengan dapat menggunakan domain WordPress.com. Berikut beberapa langkah yang harus anda mulai untuk membuat web dengan wordpress,

1. Langkah awal yang tentunya harus anda lakukan adalah membuka situs WordPress terlebih dahulu di browser anda.

2. Lalu, klik tombol get start (Buat situs web).

3. Pada halaman selanjutnya anda akan diminta untuk mengisis beberapa kolom, antara lain e-mail address yang masih aktif, username, password, dan blog address yang nantinya akan anda gunakan untuk blog anda. Pastikan anda mengingat betul username dan password anda.

4. Jika telah tercentang seluruhnya, dibagian bawah anda akan diarahkan pada pilihan layanan berbayar, anda dapat mengklik tulisan “Tidak, terima kasih! Saya akan menggunakan alamat yang gratis”

5. Lalu arahkan kursor ke halaman paling bawah dan klik buat blog dikolom gratis.

6. Setelah selesai mendaftar, anda harus mengikuti beberapa langkah lain untuk pengaturan lainnya.

Langkah 1, anda dapat membuat judul blog, slogan, dan bahasa sesuai keinginan anda.

Langkah 2, anda dapat memilih template yang menarik sesuai dengan keinginan anda. Pilih salah satu yang gratis.

Langkah 3, anda dapat memilih pengaturan tampilan, anda bisa mulai dari gambar header kemudian jenis tulisan, jika selesai anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Langkah 4, anda juga bisa mengkaitkan blog dengan media social yang anda miliki, seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya

Langkah 5, melakukan verifikasi.

WordPress akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang telah anda daftarkan sebelumnya. Buka email anda, kemudian klik link yang diberikan oleh pihak wordpress untuk aktivasi akun blog, namun jika anda belum mendapat email konfirmasi, anda bisa mencoba untuk mendaftar ulang. Setelah semua tahap selesai, anda sudah bisa memulai menggunakan blog tersebut dengan memposting tulisan atau yang lainnya. arahkan kursor menuju dasbord blog, lalu klik tombol untuk melakukan entri data. Masukkan tulisan yang telah anda siapkan sebelumnya beserta gambar yang relevan.

Atur tulisan anda dengan rapih dan beri tambahan bullet atau format huruf yang anda inginkan sebelum di publih. Tulisan yang telah anda publish nantinya akan dapat dibaca oleh banyak orang, maka dari itu masukkan tulisan yang unik dan bermanfaat bagi semua orang. Perbaharui terus tulisan dalam blog anda, dengan begitu pembaca juga tidak akan bosan mengunjungi blog anda. Selain mendapatkan keuntungan secara ekonomi, anda juga akan mendapat banyak pahala karena dapat berbagi informasi kepada orang lain.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *