Cara Membeli Saham

Tertarik akan dunia saham, ingin tau bagaimana cara membeli saham? Saat ini jual beli saham di BEI menggunakan sistem otomatis yang menggunakan sistem jaringan komputer yang saling terhubung atau biasa disebut dengan trading saham online. Jika ingin mencoba bisnis ini anda bisa terlebih dahulu membuka rekening saham yang beratas namakan nama anda. Namun jangan mendatangi bank melainkan kunjungilah perusahaan sekuritas atau biasa disebut sebagai pialang/broker saham, untuk membuka rekening saham.

Saham

Tata cara pembukaan rekening saham ini sangat mirip dengan membuka rekening tabungan di bank pada umumnya. Perusahaan sekuritas di indonesia sangatlah banyak ada juga yang dimililki oleh BUMN, dimiliki pihak asing dan dimiliki pihak swasta nasional.

Sumber: http://www.sahamok.com

Sumber: http://www.sahamok.com

1. Membuka Rekening Saham

Dengan mendatangi perusahaan sekuritas untuk membuka rekening saham. Terlebih dahulu tentukan ingin bergabung dengan perusahaan sekuritas mana. Saat ini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening awal saham sebesar 5 juta rupiah. Namun juga sangat beragam pilihan tergantung dari ketentuan perusahaan sekuritas tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai saldo minimum anda bisa menghubungi perusahaan sekuritas secara langsung.

Lalu data apa saja yang diperlukan dalam pembuatan rekening saham ? anda perlu menyiapkan foto copy ktp/sim atau data identitas diri yang lainnya, alamat tempat tinggal anda, data mengenai jenis pekerjaan anda atau memiliki usaha apa, data ahli waris serta foto copy buku rekening tabungan.

2. Menentukan Saham

Setelah anda memiliki rekening saham langkah selanjutnya adalah dengan memilih saham. Setelah anda sudah melakukan penyetoran awal dalam pembukaan rekening maka secara otomatis anda bisa melakukan pembelian saham sewaktu-waktu. Sebelum anda benar-benar melakukan pembelian saham terlebih dahulu memilih saham mana yang ingin di beli. Hal ini berguna untuk membeli saham pemenang atau saham yang kemungkinan besar akan memberikan keuntungan yang besar dalam investasi anda kedepan.

Saat melakukan pemilihan saham perlu diperhatikan perlu untuk anda untuk menganalisa mengenai kondisi perusahaan. Dalam keadaan sehat, berkembang, dengan keuntungan yang selalu meningkat. Lihat pula grafik harga saham dengan menentukan timing yang tepat akan di beli sekarang, besuk atau lusa ini merupakan analisa teknikal.

3. Membeli Saham

Setelah melakukan penelitian mengenai jenis saham yang ingin dibeli langkah selanjutnya dengan membeli saham tersebut. Sesuai dengan hasil analisi anda yang menurut anda layak untuk dibeli. Dalam pembelian Saham terdapat dua cara pembelian saham. Pertama – Melalui broker / Pialang Saham bisa menggunakan jasa order pembelian melalui broker anda tempat dimana anda membuka rekening saham yang dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor atau bisa melalui telefon. Kedua – Memasukkan langsung order pembelian saham secara online yang menggunakan trading saham online system atau dengan aplikasi jual beli saham online.

Biasanya setiap broker atau pialang sudah menyediaakan fasilitas online, guna nasabahnya dapat bertransaksi order pembelian maupun penjualan saham. Fasilitas ini menggunakan system software yang bisa di install di perangkat elektronik anda bisa notebook, tablet, pc, laptop ataupun smartphone.

4. Menjual Saham

Setelah melakukan pembelian saham tentunya akan ada transaksi penjualan saham bukan. Nah setelah melakukan pembelian saham maka perlu melakukan penjualan saham untuk mendapatkan keuntungan. Perlu bagi anda untuk memantau pergerakan harga saham dari saham-saham yang sudah dibeli. Bila harga saham lebih tinggi dari harga sebelum anda beli maka itu waktu yang tepat bagi anda untuk menjual saham anda. Hal ini biasa disebut dengan take profit atau profit taking.

Anda juga bisa melakukan penjualan saham dari saham yang baru saja anda beli jika saham tersebut mengalami pergerakan harga yang baik. Hal ini biasa disebut dengan day trade atau day trading saham. Uang hasil dari penjualan akan secara otomatis ditransfer ke rekening saham anda. Selamat mencoba ….

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *