Cara Lulus Seleksi CPNS

Siapa yang tidak ingin lulus seleksi CPNS? Bagi orang yang mendaftarkan diri menjadi PNS bisa lulus seleksi CPNS merupakan hal yang sangat diinginkan. Bagaiman tidak, tak sedikit lulusan SMA yang meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi berharap ketika lulus menjadi seorang PNS. Banyaknya pesaing yang mengikuti seleksi CPNS tentu akan membuat kemungkinan lolos seleksi mengecil.

CPNS

Untuk itu harus mengetahui strategi yang ampuh agar dapat lulus seleksi CPNS. Berikut ini beberapa tips agar anda sukses mengikuti seleksi CPNS:

Sumber: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/

Sumber: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/

1. Mengumpukan Materi

Sangat penting bagi calon peserta mengumpulkan materi mengenai soal yang mungkin akan muncul dalam tes CPNS. Dalam pencarian materi tersebut bisa didapat melalui buku, namun sekarang ini bisa lebih praktis untuk mencari segala macam materi melalui internet. Ujian CPNS kini berbasis komputer dengan sistem online. Bila kamu cermat mencari di internet maka soal CAT CPNC bisa ditemukan dengan mudah. Adanya CAT simulasi ini akan membuat kamu merasa benar-benar mengikuti ujian CPNS yang sesungguhnya.

2. Belajar

Setelah materi terkumpul, hal yang selanjutnya dilakukan tentu saja mempelajari semua materi tersebut. Namun dalam belajar sebaiknya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai belajar hanya sehari pada malam sebelum tes dimulai, karena hal itu akan percuma, karena belajar secara instan tidak akan bisa masuk dalam otak. Dalam mempelajari materi, bisa dilakukan secara mandiri atau didiskusikan secara kelompok agar lebih mudah.

3. Mempersiapkan Mental

Mental juga merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menjalani seleksi. Meskipun anda merupakan orang yang pintar, namun saat mengerjakan soal gugup maka itu akan menjadi suatu kendala untuk diri sendiri. Bisa jadi semua yang telah dipelajari akan hilang dengan tiba-tiba.

4. Survey Lokasi

Survey lokasi juga sangat perlu dilakukan, agar tidak tersesat pada saat ujian tiba. Jika tidak mengetahui lokasi ujian dan kemungkinan tersesat, maka bisa berdampak telat pada saat ujian seleksi. Tentu saja telat merupakan hal yang harus dihindari agar semua berjalan secara lancar.

5. Datang Tepat Waktu

Meskipun sudah mengetahui tempat diadakanya seleksi CPNS anda harus memperhitungkan waktu. Jangan sampai datang terlambat, karena itu dapat menghambat ujian yang akan dijalani. Akan lebih baik jika sebelum test dilakukan anda sudah ada ditempat.

6. Kerjakan Test Sebaik Mungkin

Pada saat mengerjakan test jangan biarkan ada nomor yang tidak dijawab. Meskipun tidak mengetahui jawabanya sebaiknya tetap dijawab, karena bisa jadi jawaban itu benar. Jangan terlalu memikirkan soal yang tidak bisa dijawab, akan lebih baik jika mengerjakan soal mudah terlebih dahulu. Jika soal yang susah didahulukan itu akan membuang waktu dengan percuma.

Dalam mengerjakan test akan lebih baik jika tidak bekerja sama. Kerjakan sendiri soal yang telah diberikan. Meskipun ruang ujian tidak ada pengawas yang berjaga, bisa juga mereka mengawasi dari balik kaca satu arah yang dapat melihat seluruh ruangan. Melakukan kerja sama memungkinkan anda terkena diskualifikasi. Jangan sampai karena kesalahan kecil itu anda didiskualifikasi. Akan lebih baik mengerjakan soal sendiri, karena belum tentu juga soal peserta lain sama.

7. Berdoa

Sebagai manusia yang beriman, hal yang paling utama sebelum melakukan segala macam ujian seleksi tentu saja berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berusaha sebaik-baiknya dan percaya akan kemampuan diri sendiri. Untuk itu apapun hasilnya nanti kita serahkan kepada Tuhan dan tentu kita akan menerimanya dengan ikhlas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *