Cara Kredit Mobil Bekas

Mobil merupakan salah satu transportasi yang kita butuhkan. Kita akan lebih mudah menggunakan mobil untuk menempuh jarak jauh. Dibandingkan dengan motor, resiko akibat kecelekaan dengan mobil akan lebih kecil. Jika anda jatuh dari motor anda akan langsung mengalami cidera, berbeda jika anda mengalami tabrakan ketika naik mobil, pertama bodi mobil anda yang akan mengalami lecet atau penyok. Hal ini mengurangi resiko cidera pada pengendara mobil. Dihari yang terik, Anda tidak perlu khawatir karena AC dalam mobil bisa menyejukkan anda ketika sedang mengalami macet panjang. Anda tidak perlu kepanasan atau kehujanan dalam perjalanan.

Kredit Mobil Bekas

Banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan jika memiliki mobil, maka dari itu banyak sekali orang yang berminat untuk membeli kendaraan satu ini baik digunakan pribadi atau untuk bisnis. Sayangnya, harga mobil yang cukup mahal membuat sebagian orang tidak bisa membeli dengan cara tunai. Cara kredit pun banyak dipilih untuk mendapatkan kendaraan beroda empat ini. Anda perlu berhati-hati dalam kredit mobil, sebab jika tidak anda malah bisa dirugikan. Harga kredit pasti akan lebih tinggi dibandingkan dengan membeli tunai, maka dari itu anda harus memperhatikan berbagai hal. Mulai dari cicilan yang akan anda dapatkan, down payment dan berbagai hal lain. Lantas, bagaimana cara kredit mobil.

Sumber: s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Sumber: s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

1. Pilih mobil yang sesuai kebutuhan

Pilihlah mobil yang akan anda ambil sebelum menentukan akan mengambil kredit. Jangan asal memilih, pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pilih mobil berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan. Tentukan tujuan anda membeli mobil tersebut apakah sebagai mobil keluarga atau untuk mengembangkan bisnis anda. Kebutuhan yang berbeda tentu akan membutuhkan mobil yang berbeda. Jangan sampai anda menyesal karena salah memilih mobil padahal anda sudah mulai melakukan cicilan kredit.

2. Ketahui harga pasaran mobil

Ketahuilah harga pasaran dari mobil yang akan anda beli. Anda harus melakukan riset singkat agar anda mendapatkan harga terbaik. Lakukan survey harga mobil yang ingin anda beli ke beberapa dealer. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui harga pasaran mobil. Jangan sampai anda terburu-buru membeli, kemudian suatu hari menemukan penjual yang menawarkan harga jauh lebih rendah untuk jenis mobil yang telah anda beli dan anda mendapatkan harga yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran yang seharusnya.

3. Pilih penyedia kredit

Ada dua lembaga yang menyediakan layanan kredit, yaitu bank dan lembaga Anda bisa mengambil kredit melalui leasing atau bank. Bank dan leasing memiliki fungsi yang sama dalam menyediakan dana talangan bagi anda yang ingin memiliki mobil, namun anda harus jeli dalam melihat suku bunga yang ditawarkan. Kredit lewat bank dikenal memiliki suku bunga yang lebih rendah daripada leasing, namun prosedur yang akan anda jalani akan lebih panjang daripada leasing. Leasing menawarkan kredit dengan prosedur yang mudah dan instan. Anda tidak perlu bingung mengurus berbagai hal untuk mengajukan kredit, namun anda harus siap karena suku bunga lebih tinggi daripada bank.

4. Ketahui uang muka dan cicilan

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mencari tau besar uang muka dan cicilan. Beberapa leasing dan bank menyediakan uang muka yang sangat rendah, beberapa malah menawarkan kredit tanpa uang muka. Anda tidak boleh langsung senang, hitunglah cicilan perbulannya. Analisalah apakah jumlah tersebut sesuai dengan anggaran anda setiap bulan, sebab akan ada banyak kebutuhan disetiap bulan selain membayar cicilan mobil.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *