Cara Kerja Sales Canvasser

Sales adalah orang yang menawarkan suatu produk dalam suatu proses penjualan. Canvasing merupakan aktifitas sales untuk melakukan kontak dengan pelangan. Kontak dapat dilakukan melalui telepon dan email. Ataupun melakukan kunjungan ketempat pelanggan. Inilah aktivitas sales sehari-hari. Jika makin banyak melakukan kontak dengan pelangan atau melakukan kontak dengan calon pelangan. Maka akan ada hukum probabilitas. Yaitu makin bertambah banyak kontak atau terjadinya komunikasi.

Cara Kerja Sales Canvasser

Penjualanpun kemungkinan akan meningkat. Jadi sales canvasser adalah orang yang melakukan proses penjualan dengan melakukan kontak langsung dengan pelanggannya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja sales canvasser.
Sebelum membahas cara kerja sales canvasser. Ada baiknya anda mengetahui Fungsi dari seorang sales canvasser :

Fungsi Sales Canvasser

1. Untuk memotivasi calon pelangan agar dia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli
2. Dapat mengarahkan sasaran mana dak kepada siapa produk adan ditawarkan dan dijual
3. Dapat meyakinkan atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan
4. Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan

Baca Juga:

Sumber :http://www.cuttercroix.com

Beberapa hal yang perlu dikuasai oleh tenaga penjual/ sales adalah
1. Product Knowledge (pengetahuan tentang produk)
Adalah meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis,ukuran,design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama

2. Price Policy (kebijaksanaan harga jual)
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu desain harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada intensif tertentu (discount/commission) bagi pembeli

3. Human relation
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat. Pasar tertentu untuk mempengaruhi dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan komunikasi

Tugas Sales Canvasser

Sedangkan tugas seorang sales Canvasser adalah :
1. Melaksanankan kegiatan penjualan melalui telepon. Terhadap target konsumen (perusahaan-perusahaan) perdagangan dan industri. Kantor-kantor pemerintah, asosiasi perkumpulan keagamaan. Secara sistematik serta melengkapi laporan kegiatan untuk setiap hubungan yang dilakukan.
2. Memelihara semua hasil analisis penjualan yang telah dibuat. Dengan persetujuan pimpinan dalam melaksanakan kerjasama dengan perwakilan perusahaan lain dalam memperoleh peluang usaha. Melakukan penjualan bersama dan mendiskusikan strategi dan sebagainya
3. Melakukan tindak lanjut pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
4. Melakukan tindak lanjut pada setiap kegiatan yang dilakukan. Untuk memperoleh peluang usaha pada saat mendatang.
5. Menghubungi humas setiap saat. Dan memberikan bantuan apabila diperlukan. Misalnya dalam memberikan hadiah-hadiah promosi kepada para pelanggan.
6. Melaksanakan kegiatan pemasaran lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh manager penjualan

Cara Kerja Sales Canvasser

langkah-langkah cara kerja sales canvasser dalam melakukan penjualan adalan sebagai berikut :

1. Approach (pendekatan kepada prospek)
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik. Antara lain pengetahuan tentang . Siapa calon konsumen/pembeli?, apakah kebuthan/ keinginannya?, adakah kemungkinan perubahan situasi atas kebutuhan maupun produk yang ditawarkan?

2. Presentation (penyajian)
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual dirinya. Dalam artian mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen. Misal membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual. Komunikasi adalah merupakan sarana untuk mengetahui kebutuhan pembeli. Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah first impression. Atau kesan pertama kepada pelaku penjualan positif akan membantu kelancaran proses penjualan.

3. Selling ( menjual)
Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal pengetahuan tentang produk dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.

4. Closing the sale
Suatu transaksi penjualan terjadi karena penjualan memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan. Tahapan ini merupakan keberhasilan seorang penjual mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dalam bentuk statement, order dan tanda terima pembayaran. Dalam jasa pelayanan maka pembeli akan menikmati produk wisata setelah terjadinya closing the sale

5. After sales service
Kesempurnaan dari suatu penjualan yang berhasil. Adalah ditutup dengan pelayanan purna jual. Seperti pemberian ucapan terima kasih atas pembelian suatu produk. Atau jasa atau memberikan suatu kenang-kenangan (souvenir)

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *