Cara Hidup Sehat Karena Sehat Itu Kaya

Kaya tidak hanya diukur oleh seberapa besar atau banyak harta berupa materi yang kita miliki. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu harta yang berharga. Sehat merupakan bentuk kekayaan yang tak ternilai dengan uang. Sehat sendiri merupakan hidup yang jauh dari problem masalah mental ataupun fisik, masalah mental yang bisa berupa kondisi pikiran yang biasa menganggu pada hati dan jiwa. Untuk masalah fisik dapat berupa gangguan penyakit-penyakit yang menyerang fungsi dari anggota badan.

Cara Hidup Sehat

Ada beberapa orang yang terlihat sehat bugar namun mentalnya sangat memprihatinkan, jiwanya tak terurus dengan baik sehingga hidupnya pun compang – camping tak karuan. Banyak pengusaha yang sukses dan sehat bugar namun kondisi rohaninya mengalami gangguan. Bagaimana cara untuk menjaga hidup yang sehat? Tentunya perlu ada pola hidup sehat yang terkontrol dan proposional. Hidup yang tak memiliki aturan yang terkontrol dapat dipastikan kesehatanya pasti terganggu. Apalah gunanya jika memiliki harta yang bergelimpangan tapi pola hidup tak terkontrol dan proposional, pastinya akan timbul beberapa masalah dengan kesehatan. Harta yang bergelimpangan itu pun akan habis untuk biaya pengobatan penyakit yang timbul.

Sumber: http://www.tropicanaslim.com/

Sumber: http://www.tropicanaslim.com/

Hidup sehat itu tidak mahal melainkan hidup sehat itu murah yang menyebabkan definisi sehat itu mahal adalah penyakitnya. Timbulnya sumber penyakit sendiri sebagian besar bersumber dengan gaya hidup yang kurang baik dari diri sendiri. Kebiasan hidup ini dilakukan secara berulang sehingga menjadi kebiasaan. Berikut ini ada beberapa pola untuk hidup sehat karena sehat itu kaya ;

1. Kenali Kondisi Badan Anda Sendiri

Banyak orang yang merubah gaya atau pola hidup mereka setelah mereka jatuh sakit. Hal ini sangatlah keliru namun bisa dibenarkan, alangkah baiknya jika perubahan gaya atau pola hidup yang buruk tersebut segera dirubah saat kondisi badan mengalami penurunan kondisi badan dan yang bisa menilai kondisi dari keehatan badan adalah diri sendiri. Dengan langkah awal mengenali kondisi badan anda sendiri dapat meminimalisir timbulnya penyakit. Memeriksakan diri ke dokter ketika badan mengalami penurunan daya tahan tubuh berguna untuk memantau kesehatan anda. Dengan melakukan kontrol kesehatan secara rutin ke dokter dapat mengetahui penyakit sejak dini dan segera murubah pola atau gaya hidup yang buruk.

2. Imbangi Dengan Olahraga Teratur

Agar otot-otot tidak tegang perlu adanya aktivitas fisik yang ringan agar kondisi badan selalu fit. Luangkan waktu sekitar 75 menit setiap minggunya atau mengencangkan otot paling tidak selama dua hari selama sepekan. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, sepeda santai, senam dll. Lakukan kegiatan fisik yang anda gemari dan tidak memberatkan anda.

3. Makan- Makanan yang Tepat

Terapakanlah makanan 4 sehat 5 sempurna, menu ini telah diuji oleh para pakar kesehatan yang menyatakan bahwa makanan sehat yang mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Dimulai dari kandungan protein, serat, vitamin, hingga mineral. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat baik untuk menjalani pola hidup yang sehat.

4. Jauhkan Dari Kebiasaan Buruk

Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup perlu menghindari kebiasaan buruk, kebiasaan buruk yang berupa merokok, minum alcohol, mengkomsumsi makanan berlemak, manis dan banyak bergadang yang tak perlu dilakukan.

5. Mengelola Stress

Kepadatan aktivitas sehari-hari bisa membuat seseorang mengalami stres. Oleh sebab itu pengelolaan stres yang baik perlu untuk diterpakan guna menghilangkan depresi. Luangkan waktu untuk berileksasi seperti melakukan meditasi, yoga atau melakukan hoby yang anda sukai luangkan waktu pula untuk bersantai di akhir pekan.

6. Miliki Waktu Istirahat Yang Cukup Serta Teratur

Istirahat yang cukup merupakan kunci agar agar mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Terapkan waktu tidur minimal 8 jam sehari, serta tidur secara teratur. Dengan menerapkan tidur serta bangun dengan waktu yang sama agar tubuh siap kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat.

7. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menumbuhakan system kekebalan tubuh yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi air putih. Air putih ini terbukti dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya dehidrasi yang berujung pada penyakit. Maka cukupilah asupan air putih yang cukup.

8. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri serta lingkungan sangatlah penting. Virus serta kuman bisa bersumber dari tempat yang kotor. Dengan rajin membersihkan diri serta lingkungan secara teratur dapat menghindarkan dari virus serta kuman jahat yang dapat menyebabkan penyakit.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *