Cara Hidup Hemat Anak Kost

Tags:

Kost, merupakan suatu tindakan yang diambil bagi seseorang yang tinggal dirumah orang lain dimana keberadaannya jauh dari rumah orang tersebut untuk memudahkannya menghemat waktu maupun uang dalam jangka waktu lama. Biasanya seseorang yang berhungan dengan ‘kost’adalah mahasiswa ataupun seorang pendatang dari daerah lain, seseorang yang nge-kost akan memilih tempat yang dekat dengan tempat tujuannya.

Jika anda adalah seorang yang baru pertama kali tinggal dirumah orang lain dengan kata lain ‘kost, dan belum tahu/paham bagaimana cara berhemat dengan benar agar uang anda tidak habis sebelum waktunya maka beberapa langkah dibawah mungkin akan membantu.

Tips-Hemat-Ala-Anak-Kost

Baca Juga:

Hemat

1. Menghemat bahan kamar mandi anda

Yang paling utama dalam berhemat ala anak kost ialah, menghemat peralatan mandi seperti pasta gigi, shampoo, sabun batangan dan parfum pakaian. Cara pertama menghemat pasta gigi, apabila pasta gigi yang anda gunakan terlihat sudah sekarat (sedikit) jangan buang dulu pasta gigi anda itu. Kemungkinan karena didalamnya masih ada isinya, cara yang paling manjur untuk mengeluarkan sisanya ialah dengan cara menggulung bagian ujung pasta gigi anda hingga isinya keluar dan anda bisa memakainya lagi hingga benar-benar habis nanti.

Shampoo, khusus untuk shampoo botol anda hanya perlu membalik saja botolnya hingga terbalik maka shampoo tersebut akan dapat anda pakai hingga habis kelak. Dan untuk sabun batangan, tak perlu dijelaskan lagi karena sabun batangan memang sudah terbukti awet dan juga sangat bersih dipakai dibadan dibanding sabun cair. Ada pula penggunaan sabun cuci cair ataupun pewangi pakaian yang bisa anda gunakan sebagai pengganti parfum dengan cara memasukkannya pada wadah botol semprot dan anda dapat menyemprotkannya pada pakaian anda ketika hendak pergi kuliah/bekerja.

2. Menghemat dalam hal makanan

Makanan adalah hal paling penting untuk semua orang termasuk anak kost, namun disini agak berbeda karena pelakunya adalah anak kost. Anak kost sangat dianjurkan berhemat ketika membeli makanan dan berkreasi dengan bahan makanannya sehingga, anak kost lebih banyak mengkonsumsi mie instan dari pada jenis makanan lainnya. Apabila anda tidak suka dengan mie,anda daat juga mengknsumsi tempe sebagai pengganti daging, mengkreasikan nasi yang ada agar anda tidak bosan. Belilah bahan makanan baku atau membawa beberapa bahan baku dari rumah dengan jumlah banyak (seperti beras, makanan instan, beberapa shaset teh/kopi) dan usahakan jangan membelanjakan hal yang tidak perlu, terlebih lagi membeli makanan dengan harga diluar batas anda. Memberi sesuatu yang tidak perlu akan menyebabkan pengeluaran anda membludak nantinya, dan usahakan agar anda tetap mengkonsumsi makanan yang sehat tapi murah.

3. Menghemat uang

Jika tanggal muda tiba janganlah anda menjadi kesurupan untuk menghabiskan uang tersebut, bisa jadi uang itu akan menjadi penentu 30 hari anda dikos-kosan. Manfaatkanlah uang yang anda dapat dengan bijak, usahakan makanlah makanan yang menyehatkan seperti jus dari buah-buahan diawal bulan dan sebagainya kemudian dipertengahan mengkonsumsi makanan yang lebih murah seperti nasi telur dan sebangsanya dan diakhir bulan barulah anda mengkonsumsi mie instan. Apabila uang anda sisa diakhir bulannya barulah anda dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli hal lain atau menabungnya jika terjadi kejadian tak terduka nantinya.

4. Bertemanlah dengan banyak orang dan berlibur

Ya! Bertemanlah dengan banyak orang terlebih dengan anak-anak lain yang tinggal se-kost dengan anda. Mengapa? Karena jika anda berteman dengan banyak orang (terutama dengan anak kosan anda) maka nantinya saat anda kesusahan anda akan mendapatkan pertolongan dengan cepat juga menjalin ikatan yang baik diantara kalian. Contohnya ketika anda kehabisan makanan, teman-teman anda akan sukarela membagikan makanannya kepada anda (seperti beras, sayur dan lainnya). Dalam hal tersebut, teman anda juga anda akan mempererat jalinan persahabatan. Tapi, akan lebih baiknya lagi jika anda berteman dengan tulus bukan karena ingin ditolong nantinya. Selain itu, ambilah sehari dalam sebulan untuk berlibur. Jika libur panjang anda dapat pulang kerumah maka dilibur singkat seperti hari minggu anda harus melakukan libur untuk mengeluarkan stres anda dalam satu bulan itu. apa lagi jika anda cermat memilih tempat liburan yang murah meriah dengan kualitas view yang bagus, pasti anda akan lebih cepat rileks.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *