Cara Gadai Emas Tanpa Perlu Cemas

Menggadaikan emas sudah menjadi hal yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi ketika hari raya tiba, baik masyarakat di kota besar maupun kota kecil akan menggadaikan emasnya demi modal usaha musiman di hari raya atau juga untuk memenuhi kebutuhan merayakan hari raya bersama keluarga.

Ada banyak alasan mengapa menggadaikan emas semakin diminati. Bagi Anda yang berminat memulai usaha dan mendapatkan modal utama atau modal tambahan dengan cara menggadaikan emas. Alasan lainnya yaitu harga emas yang semakin meningkat setiap tahun. Dengan menggadaikan emas, Anda juga bisa menghindari hal-hal yang merugikan seperti perampokan dan pencurian barang-barang berharga yang disimpan di rumah seperti emas, perhiasan dan lainnya.

Namun hal utama yang perlu diketahui, menggadaikan emas berarti kegiatan menggadaikan emas ke tempat resmi pegadaian atau perbankan untuk ditaksir jumlah dana tunai yang akan Anda dapatkan dan Anda harus melunasinya dalam jangka waktu tertentu.

Dimana saja Anda bisa menggadaikan emas? Di pegadaian syariah dan bank-bank syariah. Bagi Anda yang belum pernah menggadaikan emas, berikut ini sedikit gambarannya.

cara gadai emas

Gadai Emas

·    Ketika Anda menyerahkan emas untuk digadaikan, maka pihak pegadaian akan menaksir berapa nilai emas tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa pihak pegadaian memiliki cara tersendiri dalam menentukan nilai emas. Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahuinya. Namun hal itu menjadi tidak masalah terlebih lagi bagi masyarakat yang sedang dalam keadaan kepepet dan membutuhkan uang, maka mereka biasanya langsung setuju dengan perkiraan nilai emas dari pihak pegadaian. Kemudian setelah nilai emas ditentukan, Anda akan diberikan pinjaman sebesar 90% dari nilai taksiran. Anda diharuskan membayar biaya administrasi.  Membayar biaya gadai yang menjadi hak pegadaian.

Proses administrasi bisa dilakukan dengan cepat sekitar 15 menit apabila tidak mengantri. Anda diharuskan mengisi formulir. Setelah Anda memberikan emas kepada petugas pegadaian, maka emas akan ditaksir nilainya untuk menetapkan pinjaman untuk Anda. Hal lain yang juga perlu Anda pahami adalah besarnya bunga yang diberikan pihak pegadaian sangat beragam.

  •  Golongan A 50 ribu – 500 ribu (bunga 0,75% selama 15 hari)
  •  Golongan B 550 ribu – 5 juta (bunga 1,15% selama 15 hari)
  •  Golongan C 5,1 juta – 20 juta (bunga 1,15% selama 15 hari)
  • Golongan D di atas 20 juta (bunga 1% selama 15 hari)

Jika Anda telat membayar, maka bunga pinjaman bertambah sesuai dengan golongan.

Pilihan menggadaikan emas di tempat lain adalah di bank syariah. Seperti di Bank Mandiri Syariah. Prosesnya  mudah. Anda hanya perlu membawa fotokopi KTP dan emas yang akan digadaikan. Kemudian pihak bank akan menaksir nilai emas tersebut dan setelah itu uang tunai bisa langsung dicairkan dalam hitungan menit. Sama seperti di pegadaian, di bank syariah pun juga akan dikenakan biaya administrasi. Ketika jatuh tempo, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk pemeliharaan emas. Jangka waktu yang diberikan untuk gadai emas adalah 4 bulan dan Anda dapat memperpanjang setelah melunasi biaya gadai yang sudah jatuh tempo.

Pilihan bank syariah lainnya yaitu Bank Danamon Syariah. Caranya mirip dengan bank Mandiri syariah, Anda membawa fotokopi KTP dan emas yang akan digadaikan. Jika Anda memiliki rekening bank Danamon Syariah, maka dana tunai bisa langsung di transfer dan Anda bisa sewaktu-waktu mengambilnya di ATM. Bunganya pun harian untuk meringankan nasabah. Gadai emas di Danamon Syariah bentuknya berupa emas putih, emas batangan, koin dinar emas dan emas perhiasan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *